Cara Mengubah Partisi Harddisk RAW Menjadi NTFS

Cara Mengubah Partisi Harddisk RAW Menjadi NTFS

Terkadang sebuah partisi dalam harddisk akan berubah formatnya menjadi RAW dan tidak dapat dibuka seperti biasanya. Nah, solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengubah formatnya menjadi NTFS. Dengan ini, maka Anda tidak akan kehilangan semua data yang ada di dalamnya. Untuk itu, simak cara mengubah partisi harddisk RAW menjadi NTFS tanpa format ulang di bawah ini.

Cara Mengubah Partisi Harddisk RAW Menjadi NTFS Tanpa Format Ulang

Ketika partisi harddisk yang Anda miliki formatnya berganti menjadi RAW, maka Anda tidak dapat membuka semua file dan data yang ada di dalamnya. Yang ada hanya perintah untuk format ulang harddisk tersebut.

Tentunya sangat disayangkan bukan jika semua data penting dalam harddisk hilang? Oleh sebab itu, Anda perlu mengubah formatnya menjadi NTFC dengan beberapa metode sebagai berikut ini.

Menggunakan Bantuan Command Prompt “CMD”

Seperti yang telah diketahui, bahwa Command Prompt atau CMD mampu mengatasi berbagai masalah yang ada pada laptop atau komputer. Meskipun metode ini cukup sederhana, namun tentunya sangat efektif untuk mengubah format harddisk RAW menjadi NTFS. Nah, berikut beberapa tahapan untuk mengubah partisi RAW menjadi NTFS dengan menggunakan bantuan Command Prompt.

  1. Pertama klik pada logo Windows, dan tulis Command Prompt atau CMD pada kolom pencarian.
  2. Jika aplikasi CMD sudah muncul, maka klik kanan dan pilih opsi “Run As Administrator”.
  3. Apabila jendela Command Prompt sudah terbuka, maka Anda perlu menuliskan perintah berupa “covert f /fs:ntfs”. Perlu diketahui, jika huruf “f” setelah kata “convert” merupakan tujuan partisi. Jadi jika masalah tersebut ada pada partisi disk e, maka Anda dapat menggantinya dengan huruf “e”.
  4. Jika sudah, maka klik Enter dan CMD akan memulai proses pengubahan format harddisk ke NTFS.
  5. Ketika proses konversi sudah selesai, maka Anda dapat merestart PC atau laptop yang digunakan terlebih dahulu.

Menggunakan MiniTool Partition Wizard

Jika metode pengubahan partisi harddisk dari RAW ke NTFS menggunakan bantuan Command Prompt di atas tidak berhasil, maka Anda dapat menggunakan sebuah aplikasi khusus yang bernama MiniTool Partition Wizard. Untuk itu, Anda perlu mendownload aplikasi MiniTool Partition Wizard tersebut, dan ikuti beberapa langkah sebagai berikut ini.

  1. Pertama buka terlebih dahulu aplikasi MiniTool Partition Wizard yang sebelumnya sudah didownload.
  2. Pada halama uama MiniTool Partition Wizard, Anda dapat mengklik kanan pada opsi hard drive eksternal dan pilihlah fitur yang bernama “Partition Recovery”. Selain itu, Anda juga dapat memilih opsi disk target lalu klik pada “Partition Recovery” pada menu “Check Disk.
  3. Setelah itu, aplikasi ini akan menyediakan metode scanning range yang bisa Anda pilih salah satunya.
  4. Jika pilihan scanning range sudah ditentukan, maka klik pada perintah “Next”.
  5. Lalu Anda juga dapat memilih metode sanning yang akan dilakukan, yakni “Quick Scan” ataupun “Full Scan”.
  6. Jika proses scanning sudah selesai dilakukan, maka semua partisi pada harddisk yang dimiliki akan muncul dan Anda bisa memilih partisi yang diperlukan.
  7. Kemudian pilih opsi “Finish” dan Anda kana dibawa kembali ke tampilan antarmuka dari aplikasi MiniTool Partition Wizard.
  8. Dalam tahapan ini, Anda sudah dapat melihat semua partisi yang akan diubah menjadi NTFS.
  9. Terakhit, klik Apply untuk memulai proses pengubahan partisi dari RAW ke NTFS.

Baca juga: Cara Mengatasi Windows 10 Lemot Setelah Update

Dengan menggunakan cara mengubah partisi harddisk RAW menjadi NTFS tanpa format ulang di atas, maka Anda tidak perlu takut kehilangan berbagai file yang ada di dalam harddisk yang formatnya menjadi RAW. Anda hanya perlu memilih salah satu cara di atas yang sesuai dengan keinginan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *