Cara Menyematkan Pesan di Telegram Chat dan Grup (Pinned Message)

Cara Menyematkan Pesan di Telegram

Untuk membuat pinned message atau chat di Telegram itu sangat mudah, cara menyematkan pesan di Telegram untuk membuat pengumuman bagi semua anggota grup dan juga bisa diberitahukan pada semua anggota.

Telegram merupakan salah satu aplikasi chatting yang memiliki fitur cukup lengkap. Selain mampu menampung anggota grup sampai 200000 orang, Telegram juga menyediakan fitur sematkan atau pin chat. Cara menyematkan pesan di Telegram sangat sederhana.

Suatu chat disematkan dengan tujuan untuk mengingatkan tentang satu pesan yang sangat penting. Fitur ini juga mencegah suatu chat tenggelam oleh chat berikutnya. Biasanya, fitur ini digunakan di grup untuk memberikan pengumuman dan lain sebagainya.

Baca juga: Kenapa Bot Telegram Tidak Membalas Chat

Cara Menyematkan Chat di Telegram

Cara Menyematkan Chat di Telegram

Telegram memiliki dua jenis pin atau penyematan di dalam aplikasi. Jenis yang pertama digunakan untuk menyematkan room chat dari seseorang atau grup yang dirasa penting.

Menyematkan suatu chat dari grup atau seseorang akan mencegahnya tenggelam meskipun ada pesan masuk dari berbagai orang dan grup. Pinned chat atau chat yang sudah disematkan akan berada di posisi paling atas.

Berikut ini cara untuk menyematkan chat di Telegram.

  1. Buka aplikasi Telegram terlebih dahulu.
  2. Cari salah satu chat yang akan disematkan di Telegram.
  3. Tekan dan tahan beberapa detik pada chat tersebut hingga muncul beberapa button di bagian atas halaman.
  4. Klik pada ikon berbentuk paku (ikon pin).

Dengan mempraktikkan cara di atas, chat yang Anda pilih akan otomatis berada di urutan teratas aplikasi Telegram.

Sebagai informasi, jika ada 2 chat sama-sama disematkan, chat terakhir yang disematkan akan berada di posisi teratas menggantikan posisi pinned chat sebelumnya.

Baca juga: Cara Mengembalikan Chat Telegram yang Terhapus

Cara Menyematkan Pesan di Telegram

Cara Menyematkan Pesan di Telegram

Selain bisa menyematkan chat supaya tidak tenggelam, Telegram juga menyediakan opsi menyematkan pesan di dalam room chat. Cara ini bisa dipraktikkan untuk personal chat, group chat, dan channel.

Pesan yang biasanya disematkan dalam room chat adalah pengumuman, informasi penting, pengingat, dan lain sebagainya. Cara untuk menyematkan pesan sangat mudah, Anda bisa mengikuti tutorial di bawah ini untuk melakukannya.

  1. Buka aplikasi Telegram yang sudah ada di smartphone.
  2. Setelah itu, buka salah satu chat yang ingin Anda sematkan pesannya.
  3. Cari salah satu pesan yang ingin disematkan. Jika Anda kesulitan menemukan pesan yang dimaksud, gunakan menu Search.
  4. Jika pesan yang dimaksud sudah ditemukan, klik sekali pada pesan tersebut.
  5. Telegram akan menampilkan pop up menu, kemudian pilih opsi Pin.

Telegram tak memberikan batasan untuk jumlah pesan yang bisa disematkan. Dalam satu room chat bisa ada lebih dari satu pesan yang disematkan. Untuk mengganti pesan yang disematkan, Anda cukup mengeklik pada pinned message di bagian atas room chat.

Baca juga: Cara Melihat Jarak di Telegram

Cara Agar Pinned Message Tidak Dihapus Orang Lain

Cara Agar Pinned Message Tidak Dihapus Orang Lain

Pesan yang sudah disematkan di grup bisa saja diubah atau dihapus oleh orang lain. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, sebaiknya Anda mengatur supaya anggota grup tak bisa menyematkan pesan maupun mengubah pesan yang sudah disematkan. Berikut ini tutorialnya.

  1. Jalankan aplikasi Telegram.
  2. Buka salah satu grup yang ingin diubah pengaturannya.
  3. Klik pada nama grup untuk menampilkan menu Pengaturan.
  4. Klik sub menu Izin.
  5. Non aktifkan opsi Semat Pesan dengan cara mengeklik pada toggle yang ada di bagian samping.

Setelah opsi di atas dimatikan, anggota tak bisa lagi menyematkan pesan di grup. Hanya admin yang bisa melakukan aksi tersebut. Jadi, pinned message sekarang aman.

Cara menyematkan pesan di Telegram pada dasarnya sangat mudah. Fitur ini juga sangat membantu, terutama untuk grup-grup besar yang memiliki ribuan pesan di dalamnya. Sehingga pesan-pesan yang penting tidak tenggelam begitu saja.

You May Also Like

error: Content is protected !!