Kenapa Bot Telegram Tidak Membalas Chat? Ini Dia Penyebabnya

Kenapa Bot Telegram Tidak Membalas Chat

Saat menggunakan bot di Telegram kadang dia tidak merespon perintah yang kita masukkan, nah lalu kenapa bot telegram tidak membalas chat? Ada beberapa penyebab mengenail hal tersebut.

Telegram adalah salah satu aplikasi sosial media yang cukup ramai digunakan saat ini, apalagi sejak berlakunya daring alias belajar dari rumah sejumlah guru mewajibkan muridnya untuk menggunakan aplikasi Telegram sebagai media pembelajaran.

Aplikasi ini lebih cocok sebagai media untuk membagikan file seperti tugas kepada siswa, penyetoran tugas siswa dan semacamnya.

Selain memiliki banyak fitur seperti berbagi file dalam jumlah besar, Telegram juga menyediakan fitur BOT yang bisa dibuat oleh siapa saja. Jadi didalam bot ini nantinya bisa digunakan untuk keperluan apa saja.

Beberapa bot yang sudah populer dikalangan pengguna Telegram adalah bot curhat, bot suara Google, bot fisika, bot download lagu dan masih banyak lagi yang lain dan tidak bisa disebutkan semuanya disini.

Sebenarnya Apa Itu Bot Telegram?

Jadi bot Telegram adalah sebuah robot yang bisa digunakan untuk keperluan apa saja saat kita memasukkan perintah ke bot ini. Jadi didalamnya sudah di program sedemikian rupa sehingga dapat memahami perintah yang sudah dimasukkan oleh pengguna dan dapat di eksekusi oleh bot itu sendiri.

Bot Telegram dapat dibuat oleh siap saja yang sudah paham dengan alur kerjanya terutama bagi mereka yang sudah memiliki kemampuan dalam bahasa pemrograman. Seperti bot anonymous yang sebelumnya tengah viral dimana dapat mempertemukan dengan orang baru secara random baik laki-laki dan perempuan.

Akan tetapi yang namanya sistem buatan manusia tentu saja tidaklah sempurna, terkadang saat chat ke bot kadang dia tidak merespon dan tidak membalas. Apa penyebab bot tidak merespon?

Kenapa Bot Telegram Tidak Membalas Chat?

Berikut ini beberapa penyebab kenapa bot telegram tidak membalas chat atau perintah yang sudah kita masukkan, cuma bengong dan tidak ada respon apa-apa.

Bot Sedang Offline

Penyebab utama yang biasanya terjadi adalah bot sedang offline atau juga bisa disebut sang pemilik bot sedang menonaktifkan bot yang dia punya. Dari itulah meskipun kita memasukkan perintah apa saja misalnya /start tidak akan merespon karena bot tersebut tidak online.

Jadi pemilik Bot Telegram bisa mengaktifkan dan mematikan bot yang dibuatnya kapan saja dia mau. Misalkan sedang sibuk dengan pekerjaan lain atau belum sempat saat mengaktifkan bot yang dibuatnya.

Script Bot Rusak

Pada beberapa kasus meskipun ini jarang ditemui juga terkadang script atau kode pemrograma dari bot itu sendiri rusak. Penyebabnya bisa bermacam-macam, bisa oleh virus atau karena pembuatnya yang salah dalam memasukkan kode.

Spesifikasi perangkat yang digunakan oleh si pembuat bot juga menjadi faktor lancarnya dalam pembuatan bot. Dengan spesifikasi PC yang rendah kadang juga bisa menyebabkan beberapa program error sehingga bisa berdampak pada script bot.

Bot Sudah Tidak di Update (Discontinue)

Agar terus dapat berfungsi dengan baik tentu saja Bot harus di update setiap saat, terutama pada saat Telegram melakukan update pada aplikasinya yang mengharuskan bot juga perlu untuk di update.

Salah satu penyebab kenapa bot Telegram tidak membalas chat karena bot sudah tidak di update dan diurus lagi. Sehingga beberapa perintah sudah tidak berfungsi dengan baik dan script bot tidak berjalan seperti awal.

Nah, itu dia beberapa penyebab yang mengakibatkan bot Telegram tidak merespon chat yang kita masukkan. Jadi sampai disini sudah paham kan kalau bot itu dibuat oleh orang seperti kita ini juga?

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!