2 Cara Menyembunyikan Nomor di Telegram untuk Privasi

Cara Menyembunyikan Nomor di Telegram

Ingin nomor Telegram agar tidak diketahui orang lain? Begini cara menyembunyikan nomor di Telegram untuk menjaga privasi kita sendiri. Membatasi akses orang lain akan hal tersebut sangatlah penting.

Batasan privasi setiap orang tentunya berbeda-beda. Jika Anda sangat menjaga privasi dengan begitu ketat, Anda bisa menyembunyikan nomor di aplikasi Telegram agar privasi lebih terjaga dan teman-teman Telegram tidak bisa seenaknya menghubungi Anda langsung melalui nomor HP.

Cara menyembunyikan nomor di Telegram tidaklah sulit dan tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan juga, karena bisa langsung disetting melalui aplikasinya sendiri. Untuk menyembunyikan no. HP, Anda bisa menyembunyikannya dari semua kontak ataupun beberapa kontak saja.

Berikut informasi lengkapnya:

2 Cara Menyembunyikan Nomor di Telegram

1. Menyembunyikan dari Semua Kontak dan Siapapun

Cara ini memungkinkan nomor HP Anda tidak akan dilihat oleh siapapun, bahkan teman dekat Anda yang sebelumnya sudah mempunyai nomor HP.

  • Buka aplikasi Telegram.
  • Masuk ke Settings di pojok bawah (untuk iOS), atau tekan tombol titik tiga di pojok atas (untuk Android) dan pilih Pengaturan/Settings.
  • Anda akan dibawa ke halaman pengaturan, pilih Privacy and Security.
  • Akan ada banyak pilihan pengaturan privasi, pilihlah Phone Number.
  • Disini Anda bisa melakukan pengaturan siapa saja yang dapat melihat nomor HP Anda. Jika tidak ingin siapapun melihat nomor HP, pilihlah Nobody.
  • Selesai, semua kontak dalam Telegram tidak bisa melihat nomor HP Anda.

2. Menyembunyikan dari Beberapa Kontak Anda

Fitur ini memungkinkan Anda memperlihatkan nomor HP melalui telegram untuk beberapa kontak yang Anda pilih.

  • Buka aplikasi Telegram.
  • Masuk ke Settings di pojok bawah (untuk iOS), atau tekan tombol titik tiga di pojok atas (untuk Android) dan pilih Pengaturan/Settings.
  • Anda akan dibawa ke halaman pengaturan, pilih Privacy and Security.
  • Akan ada banyak pilihan pengaturan privasi, pilihlah Phone Number.
  • Disini Anda bisa melakukan pengaturan siapa saja yang dapat melihat nomor HP Anda. Jika ada beberapa orang yang Anda tidak mau mereka mengetahui no HP, pilihlah My Contacts, kemudian isi kolom Exception yang ada di bagian bawah, dan pilihlah username/kontak yang nantinya tidak bisa melihat no HP Anda.
  • Selesai, beberapa kontak yang Anda pilih tidak bisa melihat nomor HP melalui profil Telegram Anda.

Fitur Privasi Lainnya yang ada di Aplikasi Telegram

1. Menyembunyikan Last Seen & Online

Jika Anda masuk ke pengaturan Last Seen & Online, itu berarti Anda bisa mematikan status dan informasi last seen ketika seseorang menghubungi Anda melalui Telegram. Sama seperti fitur privasi nomor HP, Anda bisa menyembunyikan untuk beberapa orang saja atau keseluruhan kontak.

2. Menyembunyikan Foto Profil

Tak masalah jika Anda ingin mempunyai akun Telegram namun tidak mau menampilkan foto profil, karena Anda bisa menyetingnya melalui pengaturan privasi.

3. Menonaktifkan Panggilan Telepon

Selalu merasa terganggu jika ada seseorang yang menelpon melalui Telegram? Anda bisa mematikan fitur panggilan untuk semua kontak atau untuk beberapa kontak tertentu. Melalui pengaturan ini, Anda juga bisa memberi izin pada Telegram untuk tidak menampilkan history/riwayat panggilan Telegram.

4. Tidak Mengizinkan Seseorang Mengundang Anda dalam Grup atau Channels

Tidak mau diundang ke dalam grup tanpa izin Anda? Matikan saja opsi ini dengan cara masuk ke Settings kemudian pilih pengaturan Privasi Groups dan Channels.

5. Menambahkan Passcode, Block Username, dan Verifikasi 2 Langkah

Dengan mengaktifkan fitur privasi yang satu ini, setiap Anda login dari perangkat lain, akan ada pengamanan yang ekstra dari mulai passcode dan verifikasi dua langkah. Dengan begitu, kesempatan akun Anda dihack orang pun semakin kecil. Anda juga bisa memblock beberapa username yang diinginkan.

Baca juga: Cara Mengetahui Pesan Telegram Sudah Dibaca atau Belum

Cara menyembunyikan nomor Telegram dan fitur-fitur privasi yang telah dijelaskan di atas membuktikan bahwa aplikasi perpesanan Telegram memang sangat menjaga privasi penggunanya. Lakukanlah pengaturan privasi sesuai dengan kebutuhan Anda agar akun aman dari hacker dan privasi terjaga.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!