Cara Mengetahui Pesan Telegram Sudah Dibaca atau Belum

Cara Mengetahui Pesan Telegram Sudah Dibaca atau Belum

Ternyata cukup mudah untuk cara mengetahui pesan Telegram yang sudah dibaca atau belum. Hal ini tentu sangat penting untuk mengetahuinya dan memastikan apakah pesan tersebut sudah terkirim atau belum?

Aplikasi yang berbasis pada komunikasi sangatlah beragam. Mulai dari whatsapp, Telegram, Line dan sebagainya. Ketika mengirim pesan melalui telegram, bagaimana cara mengetahui pesan telegram sudah dibaca atau belum?

Cara Mengetahui Pesan Telegram Sudah Dibaca atau Belum

Belum terbaca

Belum terbaca

Setelah Anda mengirim pesan kepada teman di telegram, pasti ingin mengetahui apakah pesan sudah dibaca atau belum. Untuk dapat mengetahui status pesan ini sangatlah mudah. Jika di bagian bawah pesan sudah centang 1 berwarna hijau, tandanya pesan sudah terkirim.

Namun, ketika centang 1 berwarna hijau tersebut belum berubah, maka si penerima pesan belum membacanya. Jika Anda membutuhkan jawaban segera dan sifatnya mendesak, Anda bisa mengirim pesan kembali.

Sudah terbaca

Sudah terbaca

Cara untuk mengetahui pesan telegram Anda sudah terbaca adalah dengan melihat tanda centang di pesan chat yang Anda kirim, baik untuk personal tertentu atau grup. Jika tanda menunjukkan centang 2 berwarna hijau, berarti pesan Anda sudah dibaca penerima.

Tanda di atas berlaku untuk pengiriman pesan ke personal tertentu. Tetapi, jika Anda mengirim pesan di grup dan hanya beberapa saja yang membaca, maka centang pesan Anda masih berjumlah 1 berwarna hijau. Ketika sudah dibaca semua anggota, berganti menjadi 2 centang berwarna hijau.

Status tanda centang yang ada di chat room sebenarnya bisa saja tidak berfungsi jika pengguna telegram menonaktifkan tanda pesan terbaca. Jika fitur ini digunakan, maka pesan yang dikirim hanya bertanda centang 2 berwarna abu-abu/ putih, baik pesan terkirim sudah terbaca maupun belum.

Kelebihan Telegram Dibandingkan Aplikasi Sejenisnya

Telegram saat ini memang menjadi pilihan kaum milenial karena memiliki beberapa keunggulan seperti:

  1. Memiliki layanan penyimpanan Cloud

Penyimpanan cloud memungkinkan pengguna telegram melindungi datanya tanpa tanpa khawatir. Meskipun Anda log-in dan log-out aplikasi berkali-kali, data akan tersimpan rapi baik berupa foto, gambar, video hingga dokumen.

  • Dapat memilih file asli maupun dikompres

Beberapa aplikasi perpesanan akan mengompres (resize) file lebih kecil ketika hendak dikirim ke orang lain. Namun, berbeda halnya dengan telegram yang memberikan pilihan kepada penggunanya untuk mengirim file dengan ukuran asli atau dikompres terlebih dahulu.

  • Kapasitas anggota grup maksimal 5000 orang

Kemudahan lain yang diberikan telegram adalah bisa membuat grup dengan anggota berjumlah 5000 orang. Jumlah ini jauh lebih banyak dibandingkan aplikasi sejenisnya yang hanya menampung ratusan orang saja tiap grup.

  • Fitur secret chat

Telegram juga menyediakan fitur secret chat yang memungkinkan Anda untuk berkirim pesan secara rahasia. Fitur ini hanya menggabungkan 2 perangkat saja dan semua pesan tidak tersimpan di cloud, sehingga lebih aman.

  • Mudah memasukkan beberapa nomor sekaligus dalam 1 waktu

Jika ingin memasukkan atau mengganti nomor beberapa orang, Anda bisa melakukannya dalam 1 waktu tanpa perlu khawatir resiko kehilangan. Semua chat yang sudah ada dari nomor lama akan tetap tersimpan.

  • Mengunggah beberapa foto profil

Biasanya, aplikasi perpesanan hanya mengizinkan 1 foto profil saja. Tetapi, untuk aplikasi telegram ini bisa memunculkan beberapa foto profil Anda. Klik ‘unggah foto’ – masuk ke galeri – pilih beberapa foto – klik oke – beberapa foto profil langsung muncul.

  • Chat bot

Mungkin sebagian orang meremehkan fitur chat bot. Namun, fitur ini memberikan banyak manfaat khususnya untuk mendapatkan ragam informasi seperti kondisi cuaca, berita terbaru hingga terjemahan bahasa.

Baca artikel tentang Telegram lainnya di:

Cara mengetahui pesan telegram sudah dibaca atau belum sangatlah mudah. Anda cukup melihat status centang di bagian chat room. Jika bertanda 1 centang warna hijau, artinya pesan terkirim tetapi belum terbaca. Jika bertanda 2 centang warna hijau berarti pesan sudah terbaca oleh penerima.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!