Kenapa Bot Telegram Tidak Merespon? Ini Cara Mengatasinya

Kenapa Bot Telegram Tidak Merespon

Masalah yang sering dikeluh kesahkan oleh banyak orang adalah kenapa bot telegram tidak merespon? Kita akan temukan cara mengatasinya disini, dan pemabahasan seputar masalah tersebut mulai dari penyebab sampai solusinya.

Satu hal yang paling menyebalkan ketika menggunakan Telegram adalah adanya chat bot yang tidak merespon. Pasti beberapa orang pernah mengalami hal ini, dimana chat bot tidak membalas atau merespon perintah yang dituliskan, misal: join chat room, private talk, dan lain-lain.

Untuk menjawab pertanyaan kenapa bot telegram tidak merespon, tentu sebabnya tidak hanya satu saja. Ada berbagai macam faktor yang bisa saja menyebabkan hal tersebut.

Nah, dari pada penasaran, langsung saja simak pembahasannya di sini.

Kenapa Bot Telegram Tidak Merespon?

Sebelumnya, Anda harus paham dulu bahwa bot dalam Telegram akan berfungsi dengan sistematis dan baik karena Application Programming Interface (API) atau yang disebut juga dengan antarmuka pemrograman aplikasi.

Penyebab bot telegram tidak merespon bisa disebabkan karena aplikasi bot tidak ter update dengan baik. Misalnya Anda melakukan update pada telegram, namun aplikasi bot belum di update. Nah, inilah yang menyebabkan bot Telegram tidak merespon chat Anda.

Ada kemungkinan jika ini terjadi, itu artinya mungkin sedang ada penyesuaian dan perbaikan API oleh developernya sendiri.

Adapun beberapa penyebab lainnya adalah:

  • Ada kendala di SSL.
  • Gangguan server pada Telegram.
  • Web sedang maintenance.
  • Salah memasukkan API Token untuk bot telegram

Cara Mengatasi Bot Telegram Tidak Merespon

1. Cara Pertama

  1. Download dan install Software Arduino IDE.
  2. Jika sudah diinstal, kemudian buka di laptop/PC.
  3. Setelah itu, pilih Tools di bagian atas, pilih Board: Arduino Nano, kemudian pilih Boards Manager.
  4. Pop up Boards Manager akan muncul, ketikkan tulisan ESP8266 sampai muncul board yang terinstal sebelumnya.
  5. Perhatikan pada kolom versi di bagian bawah, update ke versi yang paling baru, yaitu 2.5.1.

2. Cara Kedua

  1. Mengikuti langkah pertama sampai ketiga seperti di cara pertama. Yaitu dengan menginstall Board ESP8266 versi 2.5.0, setelah itu tambahkan Library ArduinoJson versi 5.13.5, kemudian menambahkan Library Universal Telegram Bot.
  2. Cara yang kedua ini bisa dilakukan apabila cara pertama telah berhasil dilakukan. Misalnya bisa menjalankan proyek atau berhasil mengirim serta menerima pesan dengan menggunakan telegram bot atau kontroler.
  3. Jika langkah-langkah di atas sudah dilakukan maka Anda bisa mengupload lagi kode program yang Anda gunakan sebelumnya.

Kendala Pada Chat Bot Anonymous yang Juga Tidak Merespon

Jika Anda terbiasa menggunakan chat bot telegram tentu Anda sudah terbiasa menghadapi kendala pada chat yang tidak direspon dengan baik. Misalnya bot yang tidak merespon apa yang Anda perintahkan contohnya bot yang tidak join ke roomchat, prosesnya yang lambat, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Ganti Nama di Telegram

Bot telegram merupakan salah satu aplikasi yang memiliki banyak fungsi di dalamnya. Telegram bot ini disebut juga dengan akun khusus yang tak membutuhkan nomor telepon tambahan pada saat pengaturan dilakukan.

Penggunanya juga bisa melakukan interaksi dengan dua cara, yaitu dengan cara mengirim pesan dan juga mengirim perintah pada bot. Caranya yaitu dengan membuka percakapan dengan perantara, sehingga dengan kata lain bot pada telegram ini tidak lebih dari sebuah robot.

Bot yang ada pada telegram ini bisa berfungsi dengan baik karena terdapat Application Programming Interface. Ketika terdapat update pada telegram maka aplikasi bot juga harus ikut melakukan update. Supaya aplikasi bot ini bisa menyesuaikan dengan perbaikan yang dilakukan oleh aplikasi telegram itu sendiri.

Baca juga: Cara Mencari Teman Baru di Telegram

Seperti yang telah dijelaskan di atas, apabila bot yang Anda gunakan tidak merespon ada kemungkinan aplikasi botnya juga sedang diupdate atau dilakukan perbaikan. Bisa juga karena adanya penyesuaian dari Application Programming Interface tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *