Cara Setting Router Tenda Lewat HP Ternyata Gampang Banget

Cara Setting Router Tenda Lewat HP

Cara Setting Router Tenda Lewat HP – Sudah punya router tenda agar kualitas jaringan Wifi tetap terkendali namun anda tidak bisa menggunakannya? Untuk itu, mari simak cara setting router tenda lewat HP berikut ini. 

Menggunakan Wifi di rumah memang hal yang sudah lumrah dilakukan. Pasalnya, menggunakan wifi tentu lebih hemat ketimbang harus membeli paket data setiap anggota keluarga.

Untuk itulah mengapa banyak rumah dengan banyak anggota menggunakan wifi. Sayangnya, jika terlalu banyak perangkat yang terhubung, maka jaringan wifi akan menjadi sedikit lelet alias lemot.

Nah, demi menjaga kualitas agar pengguna nyaman, maka ada banyak perangkat yang bermunculan saat ini. Salah satunya adalah router tenda.

Router tenda ini hadir agar bisa menstabilkan koneksi wifi yang anda gunakan walaupun banyak perangkat yang terhubung. Menarik sekali, bukan?

Sayangnya, anda perlu tahu terlebih dahulu cara setting atau pengaturan agar bisa memaksimalkan fungsinya. Untuk itulah kali ini kita akan membahas tentang cara setting router tenda lewat HP.

Kelebihan Router Tenda

Sebelum masuk tentang pembahasan cara setting router tenda lewat HP. Ada baiknya, anda mengetahui keunggulannya terlebih dahulu.

Setidaknya, daftar keunggulan ini bisa menjadi alasan mengapa anda perlu menggunakannya, bukan? Berikut kelebihannya:

  • Router ini mudah digunakan atau settingnya tidaklah rumit. Jadi, jangan heran jika banyak yang mencoba membelinya.
  • Perangkat ini tergolong multifungsi. Anda bisa menggunakan perangkat ini sebagai router atau bisa juga sebagai repeater. Ya, anda tinggal pilih saja mau menggunakannya sebagai apa.
  • Tenda juga merupakan salah satu router yang langsung bisa dipakai hanya dengan tombol WPS. Jadi, penggunaanya tergolong lebih praktis dan aman.
  • Uniknya lagi, tenda juga dilengkapi dengan mode aman yakni parental control. Fitur ini memudahkan orang tua membantu anak-anak untuk menentukan tontonan apa yang boleh mereka lihat. Anda bisa memblokir situs hingga menentukan berapa lama bisa terhubung ke wifi.

Tata Cara Setting Router Tenda Lewat HP

Nah, selanjutnya kita akan langsung membahas bagaimana anda bisa setting router ini melalui HP. Pertama-tama anda harus menyiapkan 2 hal di bawah ini:

  • Router Tenda
  • HP anda dengan operating system iOS atau Android.

Kemudian anda tinggal pilih bagaimana menggunakan router ini. Anda bisa menggunakan metode tembak dan sebar atau sistem akses point.

Jika memilih tembak dan sebar maka anda harus memiliki target Wifi yang akan digunakan terlebih dahulu. Tidak hanya itu, anda juga harus mengetahui kata sandi atau password nya. Jika ingin menggunakan tembak dan sebar, berikut langkah-langkah nya:

  1. Aktifkan router Tenda
  2. Sambungkan SSID tenda dengan wifi di HP anda.
  3. Buka aplikasi Google Chrome buka dan masuk ke 192.168.0.1
  4. Klik wireless repeating.
  5. Klik WISP dan cari SSID yang akan anda tembak.
  6. Masukkan kata sandi dan klik OK.
  7. Tunggu hingga router restart dan aktif lagi.

Dan jika ingin menggunakan Access Point, berikut tutorial nya:

  1. Aktifkan router tenda ini 
  2. Sambungkan SSID router tersebut ke wifi hp anda.
  3. Kemudian buka aplikasi Google Chrome, ketik dan masuk ke 192.168.0.1
  4. Pilih menu wireless repeating.
  5. Kemudian cari menu AP Mode dan klik OK.
  6. Tunggu hingga router restart dan aktif kembali.
  7. Selanjutnya pilih Port WAN dan selesai.

Bagaimana? Tidak terlalu sulit mempelajari cara setting router tenda lewat HP ini bukan? Seperti salah satu keunggulan yang kita bahas di atas. Router tenda ini menjadi salah satu perangkat yang mudah di-setting. Selamat mencoba!

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *