Cara Sinkronisasi Kontak Telegram Banyak Sekaligus

Cara Sinkronisasi Kontak Telegram

Buat yang belum mengerti, cara sinkronisasi kontak Telegram bertujuan agar mudah terhubung dengan kontak-kontak Anda. Hal ini sering dilakukan saat aplikasi atau handphone dilakukan reset.

Aplikasi Telegram menawarkan banyak sekali fitur di dalamnya. Salah satunya berupa sinkronisasi kontak yang membuat Anda bisa terhubung dengan teman-teman dengan mudah. Tapi ada beberapa cara sinkronisasi kontak Telegram yang harus Anda ketahui.

Karena ada metode yang berbeda agar kontak bisa tersinkronisasi dengan baik ke aplikasi.

Cara Sinkronisasi Kontak Telegram

Sinkronisasi Saat Pemasangan Aplikasi

Cara sinkronisasi kontak Telegram bisa Anda lakukan saat pemasangan aplikasi sedang berlangsung. Cara ini dilakukan ketika aplikasi meminta beberapa perizinan yang dibutuhkan untuk menjalankan semua fungsinya.

Untuk sinkronisasi ketika pemasangan aplikasi, berikut ini caranya:

  • Pertama download dulu aplikasi Telegram dari pusat Aplikasi Play Store atau App Store.
  • Tunggu sampai download dan pemasangan aplikasi terselesaikan.
  • Saat pemasangan selesai, jalankan aplikasi Telegram.
  • Nah setelah Anda membuka Telegram, maka aplikasi tersebut akan meminta perizinan. Anda harus memberikan izin agar sinkronisasi bisa dilakukan. Tekan tombol “Izinkan” saat ada permintaan mengakses “Kontak”.

Sebab itulah cara utama aplikasi mensinkronkan diri dengan data kontak.

  • Sampai di cara ini, Anda harus Log In atau masuk dengan akun Telegram. Isi beberapa data yang dibutuhkan agar bisa masuk ke akun Anda.
  • Ketika proses masuk sudah berhasil, cek apakah daftar kontak Anda lengkap atau tidak.

Untuk cara pertama ini memang sinkronisasi bisa dilakukan secara otomatis. Proses ini dilakukan saat Anda memberikan izin aplikasi mengakses kontak.

Baca juga: Cara Membuat Tema di Telegram

Sinkronisasi Setelah Aplikasi Terpasang

Masalah terjadi ketika sudah memberikan perizinan kepada aplikasi untuk mengakses kontak, ternyata belum bisa tersinkronkan. Oleh karena itu Anda harus melakukan sinkronisasi secara manual. Berikut ini tahapan cara sinkronisasi kontak Telegram:

Cara Sinkronisasi Kontak Telegram
  1. Tahap awal Anda harus membuka dan menjalankan aplikasi Telegram.
  2. Saat aplikasi sudah terbuka tekan tombol garis tiga yang ada di pojok kiri atas.
  3. Setelah itu pilih menu yang tulisannya “Pengaturan”.
  4. Tahap selanjutnya tekan pada pilihan menu yang bertuliskan “Privasi dan Keamanan”.
  5. Setelah Anda pilih, geser menu ke arah bawah. Pada tab “Kontak”, perhatikan pilihan “Sinkronkan Kontak”. Geserlah tombol yang ada di samping sampai menyala. Setelah itu maka sinkronisasi kontak sudah selesai.
  6. Salah satu ciri proses sinkronisasi kontak berhasil dilakukan adalah adanya pop-up dengan kalimat “Kontak dari perangkat ini sudah ditambahkan ke akun Anda”.

Menonaktifkan Sinkronisasi

Sayangnya banyak sekali diantara para pengguna Telegram yang mengeluhkan ketika melakukan sinkronisasi kontak maka muncul banyak pemberitahuan. Bentuknya pemberitahuan ada kontak yang baru saja menggunakan Telegram.

Bagi sebagian pengguna, pemberitahuan tersebut dinilai sangat mengganggu. Nah untuk menonaktifkannya bisa dengan cara berikut ini:

  1. Cara pertama buka dan jalankan aplikasi Telegram di HP Anda.
  2. Setelah itu pastikan sudah Log In ke akun Telegram Anda sendiri.
  3. Cara selanjutnya, tekan tombol tiga garis di pojok kiri atas dari aplikasi.
  4. Lalu tekan pada tulisan “Settings”.
  5. Setelah di dalam menu Settings, carilah tulisan “Private and Security” dan tap pada pilihan tersebut.
  6. Kemudian cara setelah itu geser layar ke bagian bawah dan carilah menu dengan tulisan “Sinkronisasi Kontak” dan geser ke kiri untuk menonaktifkan.
  7. Selain menekan tombol Sinkronisasi Kontak, Anda bisa juga menekan tombol “Hapus Kontak Tersinkronkan”.

Setelah itu kontak yang sempat tersinkronkan akan dihapus dari server Telegram. Dengan cara ini, Anda sudah bisa menghilangkan pemberitahuan kontak yang menggunakan Telegram.

Namun ketika Anda menghidupkan kembali Sinkronisasi Kontak, maka daftar kontak Anda akan disimpan kembali ke server Telegram.

Baca juga: Cara Membuat Setlang Telegram

Sinkronisasi kontak Telegram sangat penting sekali agar Anda tetap terhubung dengan teman-teman. Namun saat Anda merasa tidak nyaman dengan pemberitahuan, bisa menggunakan cara menonaktifkan sinkronisasi di atas.

You May Also Like

error: Content is protected !!