Hati-Hati, Ini 5 Tanda WhatsApp Sedang Disadap!

Tanda WhatsApp Sedang Disadap

Kenyataannya, seaman apapun enkripsi en to end chat yang ditawarkan WhatsApp, tetap ada kemungkinan chat dan aktivitas kita di WhatsApp bisa disadap.

Adapun beberapa metode penyadapan, misalnya dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, Pegasus, yang sempat viral pada masanya.

Atau menggunakan metode lain seperti menyebarkan malware yang dikirim lewat SMS. Bisa juga dengan memanfaatkan WhatsApp web.

Pengguna dapat masuk ke akun WA target lewat perangkat lain secara bersamaan. Trik sadapnya lebih simpel, tapi syaratnya penyadap harus berhubungan dekat dengan target karena harus melewati scan kode QR.

Berikut ini adalah cara mengetahui WA kita disadap serta tanda-tanda WhatsApp disadap.

Tanda-Tanda WhatsApp Disadap

1. Akun WhatsApp Keluar Secara Tiba-Tiba

Akun WA akan otomatis keluar kalau dipakai oleh 2 perangkat yang sama. Sistem ini telah berlaku secara merata.

Jadi jika tiba-tiba Anda kedapatan keluar dari akun WA secara tiba-tiba, bisa jadi di sudut dunia lain ada orang misterius yang membuka akun WA Anda.

Biasanya akan muncul notif seperti ini: “Nomor telepon Anda tidak lagi terdaftar di WhatsApp pada telepon.

Mungkin karena Anda telah mendaftarkannya pada telepon lain. Jika Anda tidak melakukan ini, verifikasi nomor telepon Anda untuk masuk kembali ke akun Anda”.

Apa yang harus dilakukan jika situasinya seperti ini? Yaitu dengan memverifikasi akun Anda supaya dia tidak pindah ke akun yang lain.

2. Pesan Telah dibaca Padahal Anda Belum Membacanya

Pentingnya mengaktifkan fitur centang biru untuk mengetahui tanda WA disadap ini bekerja. Jika Anda merasa belum membaca pesan bersangkutan tapi sudah ada tanda centang biru, bisa menjadi tanda bahwa ada orang telah menyadap WA Anda.

Hal ini terjadi karena akun WhatsApp penyadap sedang melakukan kloning WhatsApp menggunakan kode QR yang biasa digunakan pada WA web.

3. Tiba-Tiba Muncul Kiriman Kode OTP

Tanda ini bisa muncul saat penyadap berniat menyadap WA Anda. Kronologinya nanti mungkin begini: akun WA kita keluar tiba-tiba, lalu muncul kiriman kode OTP.

Kemudian seseorang meminta menyerahkan kode OTP tersebut. Si peminta kode OTP itu sudah dipastikan pelaku penyadapan ini. Jangan serahkan kode tersebut supaya akun WA tetap aman.

Jikalau Anda malah menyerahkan kode tersebut, pihak tidak bertanggung jawab itu otomatis berhasil mencuri data-data Anda di WA. Jadi jangan serahkan kode OTP itu, apapun yang terjadi.

4. WA Terlihat Online, Padahal Tidak Aktif

Tanda WA disadap berikutnya adalah munculnya status online di saat Anda yakin bahwa Anda sedang tidak aktif di WA pada saat itu.

Untuk mengetahui fakta yang lebih pasti, coba gunakan perangkat lain atau pantau akun WA Anda dengan akun WA lain untuk melihat aktivitas janggal tersebut.

Jika benar terlihat status online padahal jelas Anda offline, maka itu sudah pasti akun WA Anda disadap.

Ada pihak yang sedang asyik membuka chat demi chat Anda. Mereka tersenyum mengerikan di balik layar HP mereka. Sepertinya orang ini terobsesi dengan Anda.

Baca juga: Topik Pembicaraan WA Agar Tidak Bosan

5. Mengirim Pesan Sendiri

Ada dua kemungkinan, seseorang dengan iseng memainkan HP Anda lalu mengirimkan pesan tanpa Anda ketahui, dan kemungkinan kedua seseorang dari jarak jauh tengah mengendalikan akun WA Anda.

Penyadap yang melakukan hal seperti ini sangatlah bodoh, karena mereka membuat keberadaannya lebih mudah disadari.

Namun masalahnya, setelah tahu WA disadap, kita tidak tahu siapa pelakunya. Mungkin dia merasa aman dengan fakta tersebut. 

Selain 5 tanda WA disadap di atas, tanda lainnya bisa dirasakan lewat perangkat Anda sendiri. HP yang sering panas atau baterai cepat habis, dan aplikasi WhatsApp yang sering error juga menjadi pertanda ada seseorang yang menyadap akun WhatsApp Anda.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.