Inilah 3 Cara Mengatasi Chip Kartu ATM BRI Tidak Terdeteksi

Chip Kartu ATM BRI

Ingin mengambil saldo atau mengecek sisa tabungan di ATM namun chip kartu tidak terdeteksi? Bahaya, untuk itu mari kita bahas cara mengatasi chip kartu ATM BRI tidak terdeteksi berikut ini!

Karena kecanggihan teknologi kartu ATM sekarang sudah menggunakan chip. Masalahnya, chip ini digunakan agar keamanan pemilik kartu ATM lebih terjaga.

Dan hampir semua bank lokal sudah menerapkan penggunaan chip. Termasuk di antara sekian banyak bank yang menggunakan juga ada bank BRI.

Penggunaan chip ini dikarenakan banyak aksi skimming atau penipuan dengan korban pengguna kartu ATM. Bahkan di bank BRI sendiri juga dulunya banyak nasabah mengeluhkan hal tersebut.

Dimana saldo mereka akan menghilang secara tiba-tiba. Padahal, mereka tidak sedang melakukan transaksi apapun yang mengurangi nilai saldo.

Sebab, semakin canggih teknologi pasti penjahat juga akan menggunakan dan mencari cara yang jauh lebih cerdas. Karena kejahatan akan saldo bank ini kian berkembang, maka pihak bank juga ingin melindungi nasabah mereka.

Untuk itulah teknologi terkini menggunakan chip diterapkan. Dengan harapan, teknologi ini bisa menjadi jawaban atas masalah yang sering terjadi.

Sayangnya, ada banyak juga error atau kesalahan yang meliputi fitur canggih ini. Misalnya saja ketika chip atau pita elektronik yang diselipkan pada kartu ATM tidak terbaca sama sekali.

Jadi, jika masalah ini menimpa kamu, apa yang akan kamu perbuat? Agar tidak salah dalam melakukan penanganan, mari kita simak caranya di bawah ini.

Tips Mengatasi Masalah Chip Kartu ATM BRI Tidak Terdeteksi

Sebagai tindakan untuk mengatasi tindakan kejahatan atas pengguna kartu ATM. Maka pihak bank BRI juga berusaha memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penggunanya.

Teknologi chip yang marak digunakan ini juga diperkenalkan oleh salah satu bank lokal terbaik. Namun, beberapa pengguna banyak yang mengeluhkan masalah ini.

Untuk itu, kita harus menganalisa penyebabnya terlebih dahulu. Penyebab tersering mengapa chip di kartu ATM tidak terdeteksi adalah:

  • Kotor
  • Tergores
  • Terkelupas

Jika kamu sudah mengetahui apa kemungkinan penyebabnya, maka bagaimana cara mengatasinya? Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa pilihan yang harus kamu lakukan, yakni:

1. Cek Fisik Kartu ATM

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengecek bagaimana fisik kartu ATM tersebut. Lihat pada bagian chipnya.

Karena kebanyakan penyebab terjadi kesalahan adalah karena chip yang kotor atau rusak. Maka jika kamu menemukan bagian chip yang kotor bersihkan dengan kain atau lap yang lunak.

Namun, jika tergores atau terkelupas maka harus ditukar. Penukaran kartu ATM ini bisa dilakukan di cabang bank BRI terdekat.

Namun, jika tidak ada kotor atau rusak maka hubungi kontak BRI atau datang langsung ke kantor bank BRI terdekat. Atau, kamu juga bisa langsung mengirimkan pesan elektronik ke pihak BRI.

2. Membersihkan Kartu

Nah, jika bagian ini yang menjadi masalahnya. Maka kamu bisa membersihkan bagian yang kotor dengan kapas. Gunakan juga bantuan air alkohol atau minta bantuan teknisi HP untuk membersihkannya. 

3. Mengganti Kartu

Nah, jika masalah chip tidak terbaca karena ada gores atau terkelupas maka harus mengganti kartunya. Untuk mengganti kartu hanya diperlukan biaya sebanyak 15.000 hingga 25.000.

Dan kamu bisa menggantinya ke mana saja selain teras BRI. Kamu hanya perlu membawa buku tabungan dan e-KTP saja untuk memproses pergantian kartu. 

Itu tadi 3 cara untuk mengatasi masalah chip kartu ATM BRI tidak terdeteksi. Semoga informasi ini bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.