Kenapa ATM BRI Tidak Bisa Tarik Tunai? Ini Cara Mengatasinya

Kenapa ATM BRI Tidak Bisa Tarik Tunai

Apakah anda salah satu nasabah BRI yang memiliki kendala dalam proses tarik tunai mesin ATM? Ternyata ini dia penyebab kenapa ATM BRI tidak bisa tarik tunai, mari kita simak!

Proses tarik tunai bank BRI biasanya akan dilakukan oleh nasabah melalui mesin ATM BRI. Tapi, tidak jarang juga ada nasabah yang langsung ke cabang bank BRI hanya untuk tarik tunai.

Hanya saja terkadang lebih lama, bukan? Belum lagi pelayanan langsung di cabang BRI terbatas. Sedangkan untuk mesin ATM bisa digunakan lebih lama hingga malam hari.

Jadi, ketika anda memerlukan uang tunai anda bisa mengambilnya kapan saja. Namun, terkadang ada masalah seperti mesin ATM BRI tidak mengeluarkan uang tunai.

Kenapa hal ini bisa terjadi, dan bagaimana solusinya? Untuk menjawab hal tersebut mari kita bahas di postingan kali ini.

Kenapa ATM BRI Tidak Dapat Tarik Tunai?

Bayangkan setelah seharian bekerja, lalu anda kehabisan uang. Anda juga telah mengantri di mesin ATM sangat lama namun tiba-tiba ATM BRI tersebut tidak bisa tarik tunai.

Apa masalahnya? Anda pastinya penasaran kenapa hal tersebut terjadi, bukan? Secara umum, ada 2 penyebab hal ini terjadi, yaitu:

Kerusakan Pada Mesin ATM

Hal pertama yang mungkin terjadi adalah kerusakan pada mesin ATM tersebut. Terkadang, ada banyak yang menyebabkan mesin ATM mengalami kerusakan.

Dan juga, mesin tersebut belum bisa digunakan sementara akibat maintenance, kehabisan uang atau jaringan BRI mengalami masalah. 

Gangguan Jaringan BRI

Seperti yang kita bahas sebelumnya di poin pertama. Hal berikutnya yang membuat kita tidak bisa melakukan transaksi seperti mengambil uang tunai atau mengecek saldo rekening.

Sebab, mesin ATM menggunakan jaringan yang dikendalikan langsung oleh bank BRI. Jika bermasalah tentu tidak bisa terhubung dan digunakan.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Jika hal ini terjadi pada anda saat membutuhkan uang tunai bagaimana cara mengatasinya? Kebanyakan nasabah ketakutan saat melakukan transaksi penarikan uang tunai namun tidak keluar.

Sebab, mereka takut saldo mereka tetap terpotong padahal uangnya tidak mereka terima. Namun, kekhawatiran tersebut sebenarnya bisa diatasi jika anda mengetahui cara mengatasinya, yaitu:

  • Tunggu beberapa saat setelah transaksi gagal tersebut. Biasanya, jika anda menarik tunai uang di mesin ATM namun tidak ada uang yang keluar, maka anda harus lebih bersabar. Misalnya dengan menunggu minimal 30-1 jam agar pihak BRI bisa mengecek letak kesalahan. Pihak bank BRI juga membutuhkan waktu untuk memperbaiki permasalahan tersebut. Dan jika memang terjadi kesalahan maka akan ditindak lanjuti.
  • Kemudian, anda harus mengumpulkan barang bukti dan keterangan. Hal ini diperlukan jika saldo anda terpotong dan anda harus memberitahukan pihak BRI. Beberapa hal yang harus anda ketahui adalah : kartu ATM yang anda gunakan, lokasi ATM, struk, ATM jenis apa (BRI atau bank lainnya). Anda juga harus menyiapkan informasi ibu kandung, sebab akan ditanyakan nantinya. Siapkan juga KTP dan buku tabungan.
  • Kemudian, anda bisa menghubungi atau mengunjungi pihak bank BRI. Jika anda memiliki pulsa yang cukup maka anda bisa menelepon ke nomor 14017. Itu adalah nomor call center bank BRI. Tunggu hingga petugas menangani kasus anda dan pastikan anda tetap terhubung hingga selesai. Jika tidak, anda bisa langsung ke cabang BRI dan katakan bahwasanya ada transaksi yang gagal. Tunggu hingga petugas membantu anda.

Demikianlah pembahasan tentang kenapa ATM BRI tidak bisa tarik tunai. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *