Kenapa Data Seluler Tidak Bisa Digunakan Padahal Sudah Diaktifkan?

Kenapa Data Seluler Tidak Bisa digunakan Padahal Sudah Diaktifkan

Ada 2 kondisi yang saya pahami dari topik ini. Yaitu data seluler sudah hidup tapi tidak bisa digunakan untuk internetan dan data seluler tidak bisa dihidupkan.

Setiap kali dipencet, datanya tidak bisa hidup, tombolnya jadi mati, seperti saat mengaktifkan data seluler saat mode penerbangan aktif. 

Jika Anda mengalami masalah ini, berikut saya tunjukkan cara mengatasi dan alasan kenapa data seluler tidak bisa digunakan padahal sudah diaktifkan.

Penyebab Data Seluler Pada Android atau iPhone Tidak Bisa digunakan

Masalah ini bisa disebabkan karena HP yang sedang error dan provider atau kartu SIM yang Anda gunakan sedang dalam gangguan. Penyebabnya juga berbeda-beda tergantung apa masalahnya. 

Masalah 1: Data seluler aktif tapi tidak bisa digunakan untuk internetan

  1. Adanya error atau bug pada sistem dalan ponsel
  2. Pengaturan jaringan otomatis Anda aktif
  3. Ponsel terserang virus atau malware. Jika Anda tidak pernah mengunduh aplikasi dari situs ilegal, bisa abaikan penyebab ini karena HP Anda tidak mungkin terserang malware
  4. Ada gangguan dari operator SIM
  5. Slot SIM Card Anda bermasalah. Coba cek apakah kartu SIM terbaca atau tidak
  6. Ponsel Anda pernah di-root

Masalah 2: Data seluler tidak bisa dihidupkan

Jika masalahnya data seluler tidak bisa diaktifkan, maka penyebabnya bisa dikarenakan SIM Card sudah mati atau masa aktifnya sudah habis. Sehingga slot SIM tidak mampu membaca kartu SIM Anda.

Penyebab lainnya juga bisa karena Anda tidak sengaja mengaktifkan mode pesawat. Tapi kebanyakan karena masalah SIM Card. Coba Anda ganti SIM Card.

Jika tidak berhasil, coba ganti tanggal dan waktu sesuai dengan waktu yang berjalan saat ini. Kalau masih tidak berhasil, coba matikan HP Anda, cabut SIM card dari slot, lalu pindahkan ke slot yang lain. Hidupkan ponsel Anda, dan cek apakah masih tidak bisa diaktifkan?

Baca juga: 5 Cara Mengatasi WiFi Tidak Bisa Connect di HP dan Laptop

Cara Mengatasi Data Seluler Pada Android Tidak Bisa digunakan 

Teman saya pernah mengalami masalah ini, dia datang pada saya dengan wajah panik. Setelah saya cek, ternyata kuotanya habis.

Jadi langkah pertama mengatasi masalah data seluler sudah aktif tapi tidak bisa digunakan adalah mengecek sisa kuota dan membeli paket kuota jika memang sudah habis.

Bila Anda sudah memastikan bahwa kuotanya tidak habis, di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Hidupkan dan Matikan Airplane Mode

Airplane mode atau mode pesawat bisa memperbaiki error pada jaringan. Biasanya, jaringan yang semula menunjuk 4G tapi lemotnya keterlaluan, setelah dibuat mode pesawat, menunjukkan informasi ‘Hanya Panggilan Darurat’. 

Seperti baru saja ditipu, jaringan kelihatan bagus padahal aslinya provider Anda sedang trouble atau mengalami masalah pada jaringan.

Jelas saja data seluler tidak bisa digunakan walaupun sudah aktif karena SIM Card Anda tidak memperoleh koneksi internet. Jika masalahnya begini, Anda tunggu saja sampai provider balik normal.

2. Men-setting Ulang APN

Cara ini tidak selalu berhasil, tapi tidak ada salahnya mencoba. APN adalah kepanjangan Access Point Name, adalah gateway yang dipakai operator untuk menghubungkan jaringannya ke ponsel atau komputer.

Cara men-setting ulang APN, bisa dimulai dengan membuka menu ‘Setting’ pada HP:

  • Lalu cari menu ‘Kartu SIM & Jaringan Seluler’
  • Pilih APN 
  • Lalu klik ‘Buat APN Baru’. Jangan mengganti APN yang sudah ada
  • Lalu masukkan APN yang sesuai dengan kartu SIM Anda

Untuk contoh APN yang bagus buat kartu SIM, bisa Anda coba cari di Google. Sesuaikan dengan operator yang Anda gunakan.

Baca juga: Kenapa Nomor Tidak Dapat Menerima Panggilan Padahal Aktif?

3. Lepas dan Pasang Kartu SIM di Slot yang Lain

Katanya kartu SIM yang tergores, bisa menimbulkan error pada jaringan. Bisa benar, bisa juga tidak. Karena kartu SIM tidak akan rusak hanya karena goresan kecil.

Lebih mengkhawatirkan itu slot SIM atau tempat menaruh SIM Card. Bagian itu cukup sensitif. Ponsel saya pernah jatuh dan membuat slotnya rusak padahal yang terbentur bukan bagian slot SIM. Ini membuat SIM tidak bisa terbaca dan tidak bisa dipakai untuk internetan.

Langkah terakhir apabila data seluler masih tidak bisa digunakan padahal sudah diaktifkan, coba hubungi call center operator yang digunakan. Berharaplah operatornya yang bermasalah, bukan ponsel Anda. Kalau ponsel Anda yang rusak, perbaikannya bakal lebih mahal.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.