Kenapa Download Video di Telegram Lama? Ini Solusinya

Kenapa Download Video di Telegram Lama

Ada banyak pertanyaan mengenai kenapa download video di Telegram sangat lama? Tidak perlu khawatir, karena kami akan berikan solusi cara mengatasinya dengan beberapa langkah mudah.

Telegram sudah menjadi salah satu aplikasi terbaik yang banyak digunakan oleh para pengguna smartphone. Telegram memiliki kemampuan dalam menyimpan file, dengan segala ukuran. Tapi, kenapa download video di Telegram lama? Hal itu sering dipertanyakan oleh para pengguna Telegram.

Walaupun mampu menyimpan file dalam segala ukuran, tetapi proses downloadnya terbilang lama sehingga banyak yang mengeluh akan hal itu. Jika hal itu terjadi, maka Anda harus mencari solusinya bagaimana cara mendownload file video di Telegram supaya tidak lama.

Kenapa Download Video di Telegram Lama? Inilah Alasannya!

Ada beberapa alasan yang menjadi penyebab mengapa proses download video di Telegram ini lama. Salah satu alasannya adalah jumlah kuota Anda yang sudah hampir habis, sinyal dari Wifi yang sedang lemot, atau bahkan server dari Telegram yang sedang dalam kondisi jelek.

Namun, faktor pemicu yang sering terjadi pada proses download yang lama ini adalah masalah server dari Telegram yang membuatnya lama. Namun jika masalahnya berasal dari server Telegram tersebut maka kita juga tidak bisa protes mengenai hal itu.

Namun ada beberapa hal yang masih bisa Anda lakukan supaya proses download menjadi lebih cepat dan tidak lama. Yaitu dengan menggunakan bantuan dari Bot Telegram yang disebut dengan Get Public Link Bot. Cara tersebut bisa membuat proses download video menjadi lebih cepat.

Caranya yaitu dengan melakukan copy paste file yang akan Anda download kemudian klik Teruskan supaya pesan dari file bisa langsung diforward ke Get Public Link Bot.

Untuk melakukan hal itu sebaiknya Anda menggunakan Google Chrome, IDM/ADM Download, atau bisa juga memakai Firefox.

Cara tersebut bisa mempercepat proses download, dibandingkan harus mendownload langsung di aplikasi Telegram tersebut.

Baca juga: Cara Menghapus Kontak di Telegram

Cara Mengatasi Aplikasi Telegram yang Lemot

Bukan hanya proses download videonya yang lama, tetapi aplikasi Telegram ini juga sering mengalami keterlambatan pada kinerjanya atau lemot saat sedang dipakai.

Anda bisa melakukan beberapa cara mengatasi aplikasi Telegram yang lemot, dengan beberapa cara berikut ini:

  1. Kurangi Chanel/Grup Telegram

Salah satu hal yang menyebabkan aplikasi Telegram menjadi lemot saat digunakan adalah terlalu banyaknya jumlah chanel/grup di aplikasi Telegram Anda.

Aplikasi yang satu ini sebenarnya cukup ringan tetapi jika jumlah chanel dan grup yang Anda gunakan terlalu banyak, maka otomatis kinerjanya akan melambat atau lemot. Apalagi jika chanel dan grup tersebut sering mengirim video yang bisa membuat aplikasi menjadi berat.

Berbeda dengan file foto/gambar yang biasa dikirim melalui chanel/grup tersebut. Biasanya hal itu tidak membuat aplikasi menjadi berat. Maka kurangi chanel/grup yang Anda ikuti di Telegram, agar Telegram tidak menjadi lemot saat digunakan.

  1. Menghapus Data Aplikasi Telegram

Cara berikutnya untuk mengatasi lemotnya Telegram adalah dengan menghapus data dari aplikasi tersebut. Aplikasi ini tidak seperti aplikasi Whatsapp yang apabila kita hapus datanya maka history chatting di dalamnya akan langsung hilang.

Menghapus Data Aplikasi Telegram

Namun tidak begitu dengan aplikasi Telegram tersebut, Anda bisa menghapusnya terlebih dulu dengan masuk ke Pengaturan > Aplikasi > Telegram > Hapus Data. Jika seluruh data sudah terhapus maka Anda bisa Log in kembali ke akun yang Anda miliki di Telegram itu.

  1. Mengupdate Aplikasi

Sering kali orang-orang lupa tidak mengupdate aplikasi di smarphonenya sehingga aplikasinya menjadi lemot. Sama dengan aplikasi Telegram ini, jika mulai terasa lemot maka Anda harus mengupdatenya supaya aplikasi berjalan lancar seperti sedia kala.

Baca juga: Cara Mencari Stiker di Telegram

Pertanyaan kenapa download video di telegram lama sudah terjawab kini. Maka sekarang tinggal melakukan cara mengatasinya yang telah diuraikan di atas.

You May Also Like

error: Content is protected !!