Cara Menghapus Kontak di Telegram Secara Bersamaan (Massal)

Cara Menghapus Kontak di Telegram

Ingin membuat beberapa kontak yang tidak penting dengan cara massal? Begini cara menghapus kontak di Telegram secara bersamaan dalam jumlah yang banyak, jadi kalian tidak perlu repot-repot lagi hapus satu persatu.

Dalam setiap aplikasi chatting pasti terdapat kontak. Namun terkadang jumlah kontak mencapai jumlah yang terlalu banyak sehingga perlu dihapus. Apalagi Telegram terhubung dengan semua kontak di ponsel. Berikut ini cara menghapus kontak di Telegram secara bersamaan.

Menghapus kontak secara bersamaan memang lebih efisien dibandingkan menghapus satu per satu. Namun di aplikasi Telegram, Anda tak bisa melakukan ini. Bahkan kontak di Telegram tak akan hilang meskipun Anda sudah menghapus kontak tersebut dari ponsel.

Cara Menghapus Kontak di Telegram Secara Bersamaan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa kontak di Telegram tidak bisa dihapus bersamaan apabila Anda menggunakan aplikasi. Satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan adalah menghapus kontak melalui Telegram.

Telegram Web bisa diakses menggunakan browser. Supaya lebih mudah, Anda disarankan untuk menggunakan laptop atau PC. Berikut ini tutorial untuk menghapus kontak di Telegram secara kolektif atau bersamaan.

Buka Telegram Web

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengakses Telegram Web itu sendiri. Situs ini bisa diakses melalui link yang tertera di bawah ini:

Browser yang sebaiknya digunakan adalah Google Chrome. Anda juga bisa menggunakan aplikasi lain seperti Mozilla Firefox, Safari, atau Microsoft Edge. Namun pastikan bahwa aplikasi browser tersebut sudah diupdate ke versi terbaru.

Apabila Anda tak memiliki laptop atau komputer, gunakanlah browser yang ada di smartphone. Namun tampilannya mungkin tidak semaksimal ketika Anda memakai browser di desktop.

Login ke Telegram Web

Setelah berhasil mengakses Telegram versi web, sekarang Anda diarahkan untuk login. Sebelum login, Anda harus memastikan bahwa Anda mengetahui nomor yang didaftarkan pada akun Telegram yang sudah dimiliki.

Pastikan juga bahwa akun Anda sudah login di aplikasi Telegram. Hal ini harus dipastikan karena kode OTP akan dikirimkan oleh Telegram melalui aplikasi. Jika semua sudah siap, Anda bisa mulai mengikuti tutorial berikut ini.

  1. Pilih negara Anda terlebih dahulu yaitu Indonesia. Pastikan bahwa kode negaranya adalah +62.
  2. Masukkan nomor telepon yang Anda pakai di Telegram ke kolom yang tersedia di Telegram Web. Anda tidak perlu mengetikkan angka 0 untuk bagian ini.
  3. Klik tombol Next yang ada di sisi kanan atas tampilan Telegram Web.
  4. Telegram akan mengirimkan kode OTP ke aplikasi, pastikan Anda menerimanya. Kemudian masukkan kode tersebut di Telegram Web.
  5. Jika kode yang dimasukkan benar, Anda akan bisa masuk ke Telegram Web dan bisa mengirim pesan atau mengubah pengaturan.

Baca juga: Cara Mencari Stiker di Telegram

Mulai Menghapus Kontak

Sekarang Anda memasuki langkah yang paling penting dalam tutorial ini yaitu menghapus kontak secara bersamaan. Caranya tak terlalu sulit, Anda bisa mengikuti tutorial yang dijelaskan berikut ini.

  1. Klik ikon hamburger atau garis 3 yang ada di bagian kanan atas tampilan Telegram Web. Ikon atau tombol tersebut digunakan untuk menampilkan menu.
  2. Pilih menu “Contacts”.
  3. Anda akan melihat daftar kontak. Sekarang klik ikon titik tiga yang lokasinya juga ada di kanan atas.
  4. Pilih opsi Edit.
  5. Seleksi kontak yang ingin Anda hapus dengan cara mengekliknya. Setelah diklik, kontak akan terpilih yang ditandai dengan tanda centang.
  6. Setelah memilih semua kontak yang akan dihapus, sekarang klik Delete. Kontak Anda akan terhapus dalam satu kali klik karena Telegram Web tidak memberikan dialog box untuk mengkonfirmasi langkah tersebut. Jadi Anda perlu berhati-hati.

Baca juga: Cara Mendapatkan Nomor Kosong untuk Telegram

Cara menghapus kontak di Telegram secara bersamaan di atas bisa Anda manfaatkan untuk menghapus kontak-kontak yang sudah tidak digunakan lagi. Namun dengan menghapus kontak seperti ini, riwayat chat masih tetap ada sampai Anda menghapusnya secara manual.

You May Also Like

error: Content is protected !!