Kenapa Feedback Required Instagram? Ini 5 Cara Mengatasinya

Feedback Required Instagram

Saat akan login Instagram, terpampang kalimat ‘server error feedback required’. Pengguna pun jadi bertanya-tanya, apa yang menyebabkan notif ini muncul, dan kenapa tidak bisa login ke Instagram?

Jawabannya bisa Anda dapatkan di artikel ini. Mengenai kenapa feedback required Instagram bisa muncul, dan bagaimana cara mengatasinya?

Maksud Feedback Required Instagram

Adalah sebuah jenis error yang dimiliki Instagram yang membuat pengguna 1) tidak bisa login ke akun Instagram, 2) tidak bisa memposting konten, dan 3) bahkan tidak bisa memberikan komentar di postingan orang lain. Jadi bukan karena satu masalah saja pemberitahuan/peringatan ini muncul. 

Banyak yang khawatir notif ini muncul karena pengguna bersangkutan melakukan beberapa pelanggaran tertentu. Ini bisa juga jadi salah satu penyebabnya, tapi bila Anda tidak melakukan pelanggaran apapun, maka alasan paling masuk akal adalah karena server Instagram sedang error. 

Alasan dan Kenapa Bisa Muncul Feedback Required di Instagram?

Ada beberapa penyebab yang membuat kalian mengalami masalah ini. 

  1. Server yang digunakan kelebihan beban, atau anggap saja server Instagram sedang error
  2. Anda terlalu cepat melakukan aktivitas di aplikasi Instagram. Maksudnya saat aplikasi masih loading, Anda membuka fitur-fitur tertentu. Contohnya saat aplikasi masih loading, Anda buka tutup komentar, melakukan komentar, atau karena tidak sabar Anda tutup-buka Instagram, tutup lagi, buka lagi
  3. Aplikasi sudah jadul, maka dari itu cepat perbarui
  4. Ada kesalahan pada akun yang ditargetkan. Misalnya akun bersangkutan yang Anda berikan komentar atau akun Anda sendiri mengalami masalah tertentu
  5. Hashtag yang kena banned
  6. Anda memposting komentar spam, komentar yang berlebihan dan diulang-ulang
  7. Perangkat Anda kurang mendukung, alias HP Anda kentang

Dengan mengetahui penyebabnya, siapa tahu bisa meminimalisir Instagram memunculkan error feedback required. Atau setidaknya Anda tidak perlu panik dulu kalau error ini terjadi lagi.

Baca juga: Cara Membuat dan Menggunakan Avatar 3D di Instagram

Cara Mengatasi Feedback Required Instagram

Kalau ada masalah error, saya pikir kita bisa menunggu sampai error itu hilang sendiri. Atau langkah andalan adalah dengan menghapus cache aplikasi.

Itu cara ampuh mengatasi error. Mari saya jelaskan lebih detail soal cara mengatasi feedback required Instagram:

1. Hapus Cache Aplikasi

Risiko dari cara ini, membuat hal-hal yang Anda simpan jadi hilang. Termasuk kata sandi dan akun yang menempel di aplikasi. Tapi tenang saja, tidak akan menghapus postingan Anda.

Caranya dengan masuk ke menu pengaturan:

  1. Cari aplikasi
  2. Terus aplikasi ‘Instagram’
  3. Masuk ke bagian memori pada aplikasi tersebut
  4. Klik ‘Hapus Data’

Maka aplikasi akan terefresh dengan tampilan seperti aplikasi yang baru digunakan.

2. Memperbarui Aplikasi Instagram

Jika terlalu sayang menghapus cache, coba cek ke PlayStore, kemudian cari aplikasi Instagram. Kalau kondisinya aplikasi Instagram minta di-update, segera lakukan update. Jika kondisinya siap dibuka, berarti aplikasi yang Anda gunakan sudah masuk ke versi paling baru.

3. Restart Smartphone

Restart adalah aktivitas mematikan dan menghidupkan HP. Tekan tombol power lama, terus klik matikan HP. Setelah HP mati, hidupkan lagi dengan menekan tombol power beberapa detik.

4. Tidak Aktif Instagram Selama 24 Jam

Alias menunggu. Tutup aplikasi Instagram, dan jeda seluruh aktivitas akun. Misal Anda ingin mengupload sesuatu, jeda saja proses upload tersebut. Tutup aplikasinya, setelah itu tunggu 24 jam, baru menjalankannya lagi.

5. Menghindari Menjalankan Banyak Tugas dan Kurangi Kecepatan Beraktivitas

Disarankan untuk menjalankan aktivitas tunggal selama beberapa hari pertama. Di saat Anda ingin menggabungkan beberapa aktivitas, hindari auto follow dan unfollow secara bersamaan. Ini berisiko pada akun Instagram, sebaiknya jangan lakukan dulu.

Baca juga: Akun Instagram Diblokir Karena Umur? Ini Cara Mengatasinya

Itulah penjelasan mengenai arti dari error feedback required Instagram dan cara mengatasinya.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.