Kenapa Filter IG Gagal Menggunakan Efek? Penyebab dan Cara Mengatasi

Kenapa Filter IG Gagal Menggunakan Efek

Anda yang gemar menggunakan kamera Instagram pernah memikirkan adanya error yang umum terjadi tidak? Misalnya saja tentang kenapa filter ig gagal menggunakan efek? Jika masalah ini pernah atau bahkan sering anda temui, ada baiknya anda mencari tahu terlebih dahulu.

Karena sangat disayangkan sekali dan pastinya membuat anda kesal jika masalah ini muncul, bukan? Danya filter atau efek di Instagram tujuannya sama dengan apk media sosial lainnya. Dimana anda bisa menggunakannya untuk bersenang-senang dan menikmati hasil memuaskan.

Sayangnya, terkadang ada beberapa penyebab yang bisa membuat masalah ini muncul. Dan, anda juga harus tahu apa saja penyebabnya agar bisa menghindari masalah tersebut dikemudian hari. Jadi, simak terus sampai tuntas ya!

Baca juga: Cara Membuat dan Menggunakan Avatar 3D di Instagram

Kemungkinan Penyebab Kenapa Filter IG Gagal Menggunakan Efek 

Ada banyak kemungkinan yang menyebabkan masalah ini. Namun, beberapa kemungkinan tersebut bisa anda ketahui secara manual. Agar lebih mudah, anda bisa melihat beberapa tanda efek atau filter IG ini gagal anda gunakan seperti:

  • Efek tersebut loadingnya sangat lama.
  • Layar kamera IG anda mendadak berubah menjadi putih.
  • Glitch atau tiba-tiba gambar di kamera IG anda terhenti dalam waktu lama.

Nah, jika hal ini terjadi, maka anda harus mengetahui apa saja yang mungkin menyebabkan masalah ini, seperti:

  • Masalah Koneksi Internet : Terkadang bukan dari pihak Instagram atau ponsel anda. Yang bermasalah sebenarnya hanya jaringan internet yang anda gunakan.
  • Versi Aplikasi : Masalah berikutnya yang tidak boleh anda abaikan adalah tentang update Aplikasi. Jika anda rasa anda belum melakukan update dalam waktu yang sangat lama, maka anda harus mengecek lagi apakah versi tersebut sudah kadaluarsa?
  • Memori Penuh : Ternyata, jika memori penyimpanan di HP anda sudah penuh. Atau menggunakan multitasking terlalu banyak hingga RAM habis. Maka, beberapa layanan akan crush atau terhenti tanpa sebab.
  • Filter Rusak : Tidak selamanya kesalahan ada di pihak anda sebagai pengguna filter. Terkadang, ada banyak juga filter rusak sehingga mudah terjadi error atau bug saat dipakai.

Baca juga: Kenapa Feedback Required Instagram? Ini 5 Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Filter IG Bermasalah

Jika anda mengalami masalah ini. Maka anda bisa melihat daftar penyebab yang kemungkinan menghasilkan masalah tersebut di atas. Anda tinggal lirik lagi mana kemungkinan yang menyebabkan error tersebut.

Agar lebih mudah, anda bisa menggunakan layanan penyelesaian berikut, yaitu:

  1. Update Aplikasi

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah update Aplikasi. Dimana anda harus tahu apakah aplikasi tersebut sudah menggunakan versi terbaru atau tidak? Caranya sangat mudah.

Anda hanya perlu masuk ke store resmi dan mencari apk Instagram. Jika terlihat ada tombol update, maka anda menggunakan versi lawas. Anda hanya perlu melakukan update versi saja.

  1. Gunakan Koneksi Stabil

Kemudian, anda juga harus mengecek apakah layanan yang anda gunakan sudah stabil atau tidak? Jika anda menggunakan layanan jaringan koneksi serupa dan tidak ada masalah saat akses aplikasi online lainnya. Maka, bukan kesalahan dari koneksi internet.

  1. Logout Dari Akun Anda

Cara berikutnya yang bisa anda gunakan mengatasi masalah kenapa filter ig gagal menggunakan efek ini adalah logout. Anda bisa logout dari akun anda dan cobalah login ulang. Jika ada error maka seharusnya cara ini bisa membantu memperbaikinya.

  1. Hapus Cache

Anda juga bisa hapus dan bersihkan file sampah agar memori anda sedikit berkurang beban penyimpanannya. Semakin penuh memori anda semakin mudah apk mengalami bug, crash atau error.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.