Kenapa Kamera IG Tidak Bisa Dipencet? Ini Cara Mengatasinya

Kenapa Kamera IG Tidak Bisa Dipencet

Banyak pengguna IG mengeluhkan berbagai error dengan aplikasi ini belakangan mulai dari sticker tidak muncul. Bahkan, sekarang ada masalah lagi yakni keluhan kenapa kamera IG tidak bisa dipencet? Hayo, makin bingung ya kan?

Padahal, IG sendiri juga menjadi salah satu aplikasi medsos favorit bagi kita yang ingin berbagi story. Sekedar berbagi foto-foto atau video harian tidak ada salahnya ya kan? Namun jika kamera IG bahkan tidak bisa anda gunakan bagaimana anda bisa buat story?

Sebelum kesal berlebihan, ada baiknya anda cari tahu terlebih dahulu apa sih penyebabnya? Atau, anda juga berhak tahu apa saja solusinya dengan baca postingan kali ini. Dari pada penasaran, yuk buruan simak!

Penyebab Kenapa Kamera IG Tidak Bisa Dipencet

Pertama-tama, mari kita bahas masalah yang menyebabkan error ini terlebih dahulu. Sebelum masuk ke pembahasan intinya, anda juga harus tahu apa sih penyebabnya?

Sebab, terkadang tanpa kita sadari kita sendirilah yang menyebabkan masalah tersebut. Untuk itu, yuk mari simak permasalahan nya berikut ini.

Ada banyak sebenarnya kemungkinan terjadi error ini. Pertama, bisa saja error terjadi dari masalah perangkat yang anda gunakan. Seperti:

  • Perangkat anda memorinya tinggal sedikit, bagaimanapun akan berpengaruh terhadap aplikasi yang anda gunakan. Apalagi buka aplikasi kamera IG yang notabene akan menambah beban memori HP anda. Untuk itu, sistem ponsel anda langsung cut off kamera dan otomatis anda tidak bisa menggunakannya.
  • Koneksi internet anda tidak stabil makanya anda tidak bisa pakai kamera apk medsos tersebut.
  • RAM anda terpakai sangat banyak sekali karena anda multitasking dan lupa hapus beberapa apk yang masih berjalan di background.
  • Versi IG yang anda gunakan sudah kadaluarsa atau sudah lawas. Hayo ingat, kapan anda terakhir kali update versi Instagram anda?

Atau, bisa jadi yang bermasalah adalah pihak IG sendiri. Misalnya nih, server dari pihak IG sedang down atau sedang ada pembaharuan. Jadi ya anda hanya perlu menunggu sampai selesai.

Baca juga: Apa Arti Send Me Anonymous Messages di Instagram?

Apa Saja Solusinya?

Setelah tahu apa kemungkinan penyebab kenapa karena IG tidak bisa dipencet ini. Maka, anda juga berhak tahu beberapa solusi berikut, yaitu:

  1. Anda harus coba cek konektivitas anda. Jika anda buka aplikasi lain yang juga menggunakan layanan data koneksi dan error juga. Maka kemungkinan yang bermasalah adalah jaringan internet anda. Coba gunakan wifi atau penyedia koneksi yang lebih stabil.
  2. Kemudian, anda harus hapus cache dan data aplikasi IG. Caranya mudah, klik ikon apk IG dan klik informasi aplikasi. Kemudian hapus cache dan hapus data.
  3. Cek apakah ada update? Jika ada maka silahkan update Aplikasi anda terlebih dahulu.
  4. Jika masalah ini masih berlanjut, maka coba lihat apakah memori anda masih tersedia mencukupi? Jika hampir penuh maka pindahkan sebagian file atau hapus agar aplikasi berjalan dengan baik.
  5. Namun, ketika masalah ini masih berlanjut juga, silahkan hapus dan Instal kembali apk IG anda.
  6. Nah, jika masalah masih saja tidak teratasi maka silahkan restart ulang HP anda dan tunggu sejenak. Mungkin, server IG sedang bermasalah.
  7. Jika sampai 2×24 jam tidak ada perbaikan. Ada baiknya anda laporkan masalah ini pada pihak Instagram. Gunakan layanan fitur laporan. Isi keluhan anda pada kolom laporan.

Baca juga: 2 Cara Buat NGL Link Dengan dan Tanpa Aplikasi Super Gampang

Demikianlah pembahasan mengenal penyebab dan solusi dari masalah kenapa kamera IG tidak bisa dipencet ini. Jika ada yang masih anda ragukan, silahkan komen ya!

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.