Kenapa Video Yang Dikirim di WA Tidak Tersimpan? Ini Cara Mengatasinya

Kenapa Video Yang Dikirim Di WA Tidak Tersimpan

Sering mendapatkan kiriman video melalui aplikasi WA namun tidak tersimpan? Ternyata ini penyebab kenapa video di kirim di WA tidak tersimpan loh!

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan kirim file foto atau video melalui WA, bukan? Namun, terkadang ada beberapa kesalahan yang menyebabkan file video tersebut tidak bisa dikirim.

Bahkan, tidak bisa diputar ataupun disimpan di galeri. Lantas, apa sebenarnya masalah yang terjadi? Mengapa video yang dikirim di WA mengalami sederetan masalah tersebut? Mari kita bahas mulai dari permasalahan hingga solusinya di postingan kali ini.

Penyebab Video WA Tidak Tersimpan Di Galeri

Sebelum masuk ke pembahasan solusi, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu kemungkinan penyebab. Anda harus tahu apa saja yang bisa menyebabkan video di WA anda tidak bisa tersimpan di galeri.

Jika anda mengetahui penyebabnya, tentu anda bisa mengatasi dan menghindarinya, bukan? Berikut kemungkinan penyebab yang bisa melatar belakangi masalah ini, yaitu:

  1. Pertama-tama, mungkin karena koneksi internet anda tidak bagus atau tidak stabil. Nah, jika hal ini yang terjadi maka anda harus memperbaikinya terlebih dahulu. Jika perlu gunakan koneksi internet lain untuk memastikan.
  2. Memori penyimpanan di HP anda sudah penuh. Anda pasti tahu untuk menerima dan menyimpan video di galeri melalui WA butuh penyimpanan yang cukup. Bagaimana jika tidak mencukupi lagi? Maka anda tidak bisa menyimpan video tersebut tentunya.
  3. Anda lupa mengaktifkan fitur auto download di settingan WA anda. Anda harus tahu jika ada fitur auto download di WA. Jika anda mengaktifkan fitur tersebut maka file video, foto atau jenis file lainnya akan otomatis tersimpan.
  4. Anda tidak menggunakan versi WA terbaru. Anda bisa mengeceknya langsung di Play Store atau Apple Store. Jika muncul tombol update maka anda menggunakan versi lama. Dan anda bisa klik ikon WA dan pilih informasi Apk. Akan ada versi tertera di sana dan akan akan ada informasi jika ada update terbaru.
  5. Jika anda menggunakan versi MOD atau versi WA lainnya maka akan ada bug atau error yang anda alami. Bug atau error tersebut bisa termasuk tentang video yang tidak tersimpan.

Baca juga: Arti Left di WA

Cara Mengatasi Masalah Kenapa Video Dikirim Di WA Tidak Tersimpan

Kemudian, anda juga harus tahu bagaimana cara mengatasi masalah video tidak tersimpan di galeri ini. Solusi yang bisa anda lakukan adalah:

  1. Update dan Gunakan WA Original

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mengganti versi WA tersebut. Jika anda menggunakan versi MOD maka gunakan kembali versi WA original.

Dan pastikan juga versi yang anda gunakan sudah versi terbaru. Jika belum anda harus update aplikasi terlebih dahulu. Jika perlu restart HP setelah melakukan pergantian versi.

  1. Aktifkan Fitur Auto Download

Kemudian, anda bisa mengaktifkan fitur auto download agar nantinya video yang dikirimkan bisa otomatis tersimpan. Cara aktifkan fitur ini adalah:

  1. Buka aplikasi WA dan pilih Setelan.
  2. Pilih Penyimpanan Data atau Storage Data.
  3. Aktifkan fitur unduh otomatis media menggunakan wifi atau jaringan seluler.
  1. Aktifkan Media Visibility

Kemudian anda bisa lanjut mengaktifkan fitur lainnya terkait media visibility. Nah, cara mengaktifkan fitur ini adalah:

  1. Buka aplikasi WA dan pilih Setting atau Setelan.
  2. Pilih menu Obrolan atau Chat.
  3. Bagian Media Visibility maka klik centang atau aktifkan.
  1. Pastikan Memori Tidak Penuh

Kemudian, langkah selanjutnya adalah memastikan penyimpanan perangkat anda mencukupi. Jika sudah sangat penuh, maka anda bisa memindahkan atau menghapus sebagian file agar bisa menyimpan video dari WA.

Baca juga: Error Ffmpeg.dll Missing WhatsApp

Demikianlah penjelasan tentang kenapa video yang dikirim di WA tidak tersimpan. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.