Meesho: Cara Jadi Penjual Sukses, Kelebihan dan Kekurangan

Dimasa pandemi seperti ini menuntut banyak orang untuk tetap beraktivitas didalam rumah, salah satunya adalah belajar berbisnis dari rumah menggunakan sarana teknologi internet.

Ada banyak jenis bisnis yang bisa kita pelajari dari rumah seperti yang paling mudah adalah berjualan online. Untungnya saat ini sudah banyak pendukung untuk hal tersebut seperti misalnya aplikasi reseller yang bisa digunakan untuk berjualan.

Salah satunya adalah aplikasi Meesho, aplikasi ini memberikan kemudahan bagi setiap penjual online untuk memasarkan berbagai barang seperti baju pria dan wanita, sepatu pria, jaket pria, tas wanita, dress, baju muslim, sprei, gamis, aksesoris dan masih banyak lagi.

Menariknya di Meesho ini kita tidak perlu melakukan stok barang sendiri atau yang biasa disebut dengan dropship, cukup kita cari pembeli dan jika mereka setuju untuk membelinya kita bisa orderkan melalui aplikasi Meesho ini.

Tentu hal ini memiliki sedikit resiko kerugian, karena barang kita tidak perlu mengurus dan stok sendiri. Langsung dikirim dari seller utama dan kita hanya tinggal menerima komisi saja.

Cara Daftar Jadi Penjual di Meesho

Cara Daftar Jadi Penjual di Meesho

Untuk menjadi penjual di Meesho itu sangatlah mudah dan tidak dipungut biaya, pendaftaran gratis tanpa syarat yang ribet. Anda hanya perlu mempersiapkan satu smartphone Android dan satu kartu yang aktif untuk keperluan aktivasi.

  1. Pertama silahkan download aplikasi Meesho =>>DISINI<<=
  2. Setelah berhasil di instal, sekarang buka aplikasinya
  3. Klik tombol Lanjutkan, masukkan nomor ponsel aktif lalu klik selanjutnya
  4. Masukkan kode OTP yang sudah dikirim ke nomor tadi
  5. Selamat, kini akun Meesho Anda sudah bisa digunakan untuk berjualan online

Catatan: Jika dibutuhkan kode referral, silahkan masukkan URTZIWJ655ID untuk mendapatkan diskon sebesar 30% pada pembelian pertama. Gunakan kesempatan ini sebaik mungkin!

Setelah berhasil mendaftar, Anda bisa melihat apa saja barang yang dapat dijual dengan aplikasi Meesho. Sekarang kita masuk ke tahap pemasaran, lanjut yuk!

Cara Memasarkan Barang Meesho Agar Cepat Laku

Penghasilan Meesho

Ini adalah bagian paling susah dimana kita harus berusaha mencari pelanggan dan membuat mereka untuk membeli barang yang kita tawarkan.

Untuk pemula paling mudah adalah melakukan pemasaran produk di Facebook Marketplace. Ingat, bukan di beranda akun FB Anda, tapi di FB Marketplace.

Karena banyak yang salah dalam melakukan promosi, kebanyakan pengguna hanya prmosi di beranda fb milik mereka sendiri yang artinya konten tersebut hanya dapat dilihat oleh temannya saja.

Berbeda jika kita posting jualan di FB Marketplace, jangkauan audience lebih besar dan dapat dilihat oleh semua orang. Pada saat posting biasanya akan diberikan pilihan lokasi dimana kita bisa memilih ingin menjualnya dimana.

Lakukan posting barang setiap haris dengan 3 produk, lakukan secara konsisten selama seminggu agar bisa mendapatkan calon pelanggan sebanyak-banyaknya dan juga agar barang kita terlihat oleh orang banyak.

Jangan lupa juga untuk melakukan interaksi dengan penjual lain yang aktif dalam grup. Kalian bisa gabung ke grup jual beli untuk melakukan interaksi agar akun kalian bisa lebih cepat dikenal.

Tentu setiap aplikasi memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, dan berikut akan kami jabarkan sedikit tentang aplikasi meesho ini.

Kelebihan Aplikasi Meesho

Kita tidak perlu melakukan stok barang dan juga tidak perlu repot untuk mengurus pengiriman dan packing. Karena hal tersebut sudah diurus oleh suplier.

Selain itu metode pembayaran yang dimiliki juga bisa melalui bank ataupuan COD. Jika menggunakan metode bank kita bisa menaikkan harga sesuka hati, lalu kita bisa mengambil keuntungan dari hal tersebut.

Aplikasi ini hanya memiliki ukuran sekitar 6 MB saja, selain ringan juga memiliki tampilan yang dapat dipahami dengan mudah bahkan oleh pemula sekalipun.

Kekurangan Aplikasi Meesho

Karena kita tidak mengurus sendiri untuk stok barang dan pengiriman, kadang pada beberapa suplier mengalami keterlambatan dalam hal pengiriman dan juga sering juga mengalami stok barang habis.

Tentu hal tersebut sangat berbahaya bagi kita yang memasarkan produk Meesho di marketplace seperti Shopee, Tokopedia dan Bukalapak yang mengharuskan seller untuk melakukan konfirmasi pengiriman secepat mungkin.

Dengan sistem pembayaran COD, bukan tidak mungkin ada pembeli yang menolak untuk melakukan pembayaran dengan beberapa alasan. Biasanya yang paling sering adalah mereka melakukannya karena iseng, akibatnya barang harus di return dan hal ini membebankan biaya kirim terhadap suplier.

Kesimpulan

Setiap bisnis tentu memiliki resiko, hanya saja pada aplikasi Meesho kita memiliki resiko yang tidak terlalu besar karena sistemnya adalah dropship. Kita hanya perlu fokus untuk mencari pembeli saja, dan untuk urusan pengiriman akan otomatis dari sistem.

Nah, setelah membaca beberapa penjelasan mengenai aplikasi Meesho diatas apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Teman saya sendiri ada yang sampai menghasilkan 3 sampai 4 juta dalam sebulan loh!

Tinggalkan komentar