(SMSC) Nomor Pusat Pesan Indosat, IM3 dan Mentari

Nomor Pusat Pesan Indosat

Nomor pusat pesan Indosat terbagi menjadi 3, mengingat Indosat memiliki 3 kartu perdana, yaitu: Im3 Oredoo, Matrix Oredoo, dan Mentari Oredoo.

Tapi pada dasarnya meskipun terbagi menjadi 3, nomor pusat tersebut tetaplah sama. Yang di atas sekedar untuk informasi saja agar Anda tahu kalau IM3 memiliki 3 jenis kartu perdana.

Setiap provider memiliki nomor pusat pesannya masing-masing yang berbeda. Dan tanpa nomor pusat pesan tersebut, mustahil untuk dapat mengirim dan menerima SMS.

Berikut adalah nomor pusat pesan indosat:

Nomor Pusat Pesan Indosat Terbaru 2020

Nomor Pusat Pesan Indosat
  • IM3 : +62855000000
  • Matrix dan Mentari: +62816124

Nomor di atas dapat membantu Anda mengatasi masalah jika tidak bisa mengirim SMS pada jaringan Indosat. Jika kalian penasaran mengenai kenapa nomor Indosat tidak bisa menerima atau mengirim pesan, pengertian nomor pusat pesan, apa saja kegunaannya, cara menggunakannya, dan apa hubungamnya dengan masalah SMS, Anda dapat membaca artikel ini lebih lanjut.

Baca juga: Cara Unreg Kartu Indosat

Kenapa Nomor Indosat Tidak Bisa Mengirim dan Menerima SMS?

indosat tidak bisa menerima sms
sumber: unsplash.com

Ada banyak penyebab SMS tidak terkirim, mungkin saat itu jaringan Indosat sedang error, Anda tidak memiliki cukup banyak pulsa dan kartu sedang masa tenggang.

Namun jika kondisinya jaringan kalian bagus, memiliki pulsa yang mencukupi, tapi setiap kali mengirim atau menerima pesan tidak pernah sampai, maka satu-satunya penyebabnya tak lain dan tak bukan adalah karena Anda belum melakukan setting nomor pusat pesan (SMSCC) Indosat.

Apa Itu Nomor Pusat Pesan Indosat?

Nomor Pusat Pesan atau yang biasa disebut dengan SMSC ( Short Message Service Centre ) adalah sebuah layanan dalam bentuk nomor yang membantu agar nomor HP Anda bisa menerima dan mengirim SMS pada jaringan yang kalian gunakan, dalam kasus ini jaringan milik Indosat.

Biasanya nomor pusat pesan ini sudah terpasang otomatis di konfigurasi HP, tapi bila belum terpasang, maka HP tak akan bisa melakukan aktivitas seperti mengirim SMS dan menerima SMS, kendati Anda memiliki banyak pulsa dan jaringan bagus.

Penyebab utama kenapa nomor pusat pesan belum tersimpan ke HP bisa jadi karena bug kecil, maka dari itu, Anda harus cepat memperbaikinya agar bisa menerima dan mengirim pesan SMS seperti biasa.

Lalu bagaimana caranya?

Bagaimana Cara Setting Nomor Pusat Pesan (SMSC) Indosat?

Selain dapat mensettingnya seperti yang tertera di bawah, kalian juga bisa menggantinya bila dirasa ada error atau masalah lain. Caranya sama, berikut adalah langkah per langkah setting SMSC dengan provider kartu Indosat:

  • Buka menu dial up lalu ketik kode berikut: *#*#4636#*#*
  • Lalu panggil, tunggu beberapa saat sampai muncul beberapa pilihan, kalian pilih saja opsi ‘Informasi Telepon’
  • Scroll layar sampai menemukan SMSC, lalu masukkan nomor pusat pesan Indosat: +62216124
  • Klik perbarui
  • Tutup halaman tersebut, restart ponsel Anda, dan cara setting SMSC Indosat sudah selesai

Atau lebih simpel, dapat dengan cara seperti ini:

  • Masuk ke aplikasi pesan di HP Anda
  • Buka menu pengaturan pesan
  • Pilih opsi ‘Pesan Teks’
  • Setelah itu pilih ‘Pusat Pesan’ dan masukkan nomornya pada baris yang sudah disediakan. Perhatikan provider yang mau Anda isi, pastikan itu nomor Indosat, lalu masukkan SMSC ini: +62216124
  • Klik ‘Simpan’

Tak jarang, dalam melakukan setting nomor pusat pesan ini kita menemukan beberapa masalah seperti notif “Failed to Update SMSC Number”, bila kalian menemukan masalah ini, berikut adalah cara mengatasinya.

Bagaimana Cara Mengatasi Failed to Update SMSC Number?

sms tidak masuk indosat
sumber: unsplash.com

Saat akan menyimpan nomor SMSC, muncul pesan ‘Failed to Update SMSC nNumber’ sehingga nomor pusat pesan yang kita taruh di kolom pun tak bisa disimpan perangkat kita. Anda tenang saja, karena kami memiliki beberapa alternatif cara mengatasi permasalahan ini:

  1. Letakkan kartu Indosat yang bermasalah (tidak bisakirim pesan) di slot SIM 1
  2. Matikan ponsel, restart sebentar, lalu masuk ke menu dial up, masukkan kode berikut: *#*#4636#*#*
  3. Anda kemudian masuk ke menu pengaturan jaringan (sama seperti langkah di atas). Pilih opsi ‘Device Information’ lalu cari menu SMSC
  4. Pertama-tama, klik tombol ‘Refresh’, gunanya untuk mihat kode SMSC yang saat itu tersimpan
  5. Kalau sudah muncul, ganti nomor yang ada di dalam tanda kutip dengan nomor pusat pesan SMSC Indosat (+62216124). Ingat, jangan klik tombol ‘Update’, tapi klik ‘Refresh’!
  6. Setelah selesai Anda ganti, klil ikon titik 3 yang ada di pojok kanan atas
  7. Klik ‘Get PDIP List’ satu kali
  8. Lalu refresh ponsel Anda saat itu juga. Tidak usah ditutup, langsung saja refresh
  9. Kemudian coba cek, apakah sudah bisa mengirim dan menerima SMS atau belum?

Langkah-langkah ini dapat kalian lakukan untuk setting nomor pusat pesan Indosat, dan provider lain (Telkomsel, XL, AXIS, Three). Langkah-langkahnya sama, yang berbeda hanyalah nomor pusat pesannya.

Baca juga: Cara Memperpanjang Masa Aktif Indosat

Dan itulah daftar nomor pusat pesan Indosat, pengertian pusat pesan itu apa, cara mengatasi tidak bisa kirim dan terima pesan, dan masalah-masalah yang menyertainya.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!