Penyebab HP Xiaomi Mati Sendiri Padahal Baterai Penuh

Penyebab HP Xiaomi Mati Sendiri Padahal Baterai Penuh

Ada banyak keluhan error yang mungkin pernah atau sedang anda rasakan sebagai user HP Xiaomi. Salah satunya adalah masalah penyebab hp xiaomi mati sendiri padahal baterai penuh? Hayo, bingung sendiri ya kan?

Padahal, salah satu penyebab HP sering mati sendiri karena kekurangan baterai. Apalagi jika ada pengaturan aktif yang memastikan ponsel akan segera mati dalam keadaan baterai mencapai persenan tertentu. Tapi, bagaimana jika baterai masih 80% atau bahkan 100% HP juga sering mati?

Anda pastinya juga akan bingung dan panik. Belum lagi ada yang langsung melarikan HP mereka pada kang service. Sebelum minta bantuan, yuk cek kemungkinan penyebab dan solusinya berikut.

Penyebab HP Xiaomi Mati Sendiri Padahal Baterai Penuh

Ada banyak kemungkinan penyebab masalah ini. Salah satunya adalah:

  1. Overheat

Ada banyak masalah yang memungkinkan HP Xiaomi mati sendiri walaupun baterai masih banyak. Salah satu penyebab paling umum adalah terlalu panas atau overheat ini. Sedangkan masalah kenapa HP menjadi sangat panas karena prosesor dipaksa bekerja berlebihan.

Misalnya anda sedang melakukan multitasking, dengan membuka banyak aplikasi sekaligus pada background. Atau, anda sedang memainkan game berat yang seharusnya tidak dianjurkan untuk perangkat anda. Karena setiap perangkat memiliki batas kemampuan sendiri tergantung processor yang HP tersebut miliki.

  1. RAM Terpakai Semua

Inilah mengapa sangat disarankan membeli HP dengan kapasitas RAM besar. Kenapa? Karena semakin banyak aplikasi yang berjalan di background baik itu aplikasi bawaan maka RAM akan terpakai banyak.

Dan, jika kapasitas RAM ini terpakai banyak. Maka, HP akan lemot. Tidak menutup kemungkinan akan mati sendiri.

  1. Memori Internal Penuh

Jangan menghabiskan semua penyimpanan internal HP anda. Sebab, semua penyimpanan akan masuk ke sana baik itu aplikasi yang anda gunakan. Jika terpakai habis maka HP tidak akan berfungsi dengan baik.

  1. Virus!

Jika ponsel Xiaomi anda terinfeksi malware atau virus maka bukan tidak mungkin akan ada anomali atau error. Salah satunya adalah HP sering lemot dan bahkan mati hidup sendiri tanpa alasan yang jelas. Untuk itu jangan sembarangan install aplikasi dari sumber tidak dikenal atau buka website mencurigakan.

  1. Root Bermasalah

Flashing atau rooting ponsel memang banyak digemari oleh semua orang. Tapi jangan sampai salah ya gais! Jika anda salah maka bisa jadi HP menjadi error dan tidak bisa digunakan dengan semestinya.

  1. Software Kadaluarsa

Tahukah anda jika akan ada pemberitahuan tentang update software HP Xiaomi secara berkala? Karena file update yang akan anda unduh lumayan besar. Maka, kebanyakan orang mengabaikan update ini.

Padahal, jika update sudah muncul maka ada pembaharuan pada sistem ponsel anda tersebut. Masalah akan mulai muncul jika anda mengabaikannya.

Baca juga:

Bagaimana Solusinya?

Tentu saja anda beberapa solusi yang bisa anda lakukan seperti:

  • Update Software : Pertama-tama coba cek apakah software yang anda gunakan sudah versi terbaru? Jika belum maka lakukan update segera. Agar nantinya ponsel anda bisa digunakan dengan maksimal.
  • Cari dan Hapus Aplikasi Tidak Resmi : Jika anda pernah menginstal aplikasi Mod atau dari sumber tidak dikenal. Maka, cari dan hapuslah segera.
  • Gunakan Antivirus : Coba cari aplikasi antivirus terbaik. Scan dan hapus virus yang mungkin ada pada Ponsel anda.
  • Factory Reset : Anda bisa gunakan factory reset untuk mengembalikan pengaturan awal ponsel. Biasanya akan menjadi solusi terbaik untuk masalah ini.
  • Durasi Penggunaan Ponsel : Batasi durasi anda menggunakan ponsel. Bahkan jika bisa jangan memaksakan ponsel anda seperti harus memainkan game berat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.