Perbedaan Hardsub dan Softsub, Mana yang Lebih Bagus?

Perbedaan Hardsub dan Softsub

Subtitle di dalam sebuah video tentunya menjadi hal yang cukup penting, terutama bagi video yang menggunakan bahasa asing. Dengan adanya subtitle, tentunya Anda akan lebih mudah dalam memahami percakapan dari video tersebut.

Subtitle sendiri memiliki 2 tipe, yaitu Hardsub dan Softsub. Perbedaan hardsub dan softsub sendiri terdiri dari beberapa macam yang penggunaanya pun berbeda.

Walaupun memiliki fungsi yang sama, hardsub dan softsub adalah 2 hal yang berbeda dalam penggunaanya.

Hardsub sendiri lebih banyak digunakan pada video musik untuk keperluan karaoke, sedangkan untuk softsub banyak digunakan untuk video yang memiliki genre film. Agar lebih jelas lagi, berikut ini adalah beberapa perbedaan dari hardsub dan softsub.

Perbedaan Hardsub dan Softsub

Hardsub

Hardsub sendiri adalah tipe subtitle yang tergabung menjadi satu dengan frame video yang tidak dapat diedit kembali. Subtitle tipe hardsub sendiri memiliki beberapa efek warna, huruf, dan transisi yang biasanya banyak terdapat di lirik video karaoke.

Karena sudah tergabung menjadi satu dengan frame video dan tidak bisa di edit, jika Anda ingin menghilangkan subtitle ini harus melakukan proses cropping pada bagian video yang terdapat subtitle.

Jika ingin melakukan cropping, Anda dapat menggunakan software Avidemux yang langkah-langkahnya dapat diikuti dibawah ini.

  1. Langkah pertama yaitu mendownload dan menginstall software Avidemux.
  2. Jika sudah berhasil terinstal, langkah selanjutnya yaitu membuka software Avidemux
  3. Setelah software terbuka, klik opsi Open untuk memasukan video yang ingin di cropping.
  4. Anda dapat mengatur Video Output menjadi format MPEG4 AVC.
  5. Setelah itu di bagian bawah opsi Video Output Anda dapat memilih menu Filters.
  6. Kemudian klik opsi Crop.
  7. Langkah selanjutnya Anda dapat mengatur area cropping yang bisa ditandai dengan warna hijau hingga subtitle sudah tidak terlihat kembali.
  8. Jika semua selesai, klik tombol OK.
  9. Untuk menyimpan video tersebut, klik opsi File lalu klik opsi Save.
  10. Setelah itu Anda hanya tinggal menyimpan video tersebut di lokasi penyimpanan yang diinginkan.

Baca juga: Cara Download Subtitle di Subscene yang Diblokir

Softsub

Berbeda dengan hardsub, softsub sendiri adalah tipe subtitle yang terpisah dari frame video yang diputar. Saat ini softsub sendiri lebih banyak digunakan karena lebih mudah untuk dibuat dan diedit jika ingin diganti. Format dari subtitle tipe softsub sendiri dapat beruba .srt atau .ass.

Softsub sendiri dapat dibagi menjadi 2 tipe, yaitu internal sub dan external sub. Berikut ini adalah penjelasan mengenai internal sub dan external sub pada subtitle tipe Softsub.

  • Internal Sub

Internal Sub adalah tipe softhub yang menyatu dengan file videonya. Namun sebenarnya bukan menyatu seperti halnya hardsub, namun file dari subtitle tersebut digabungkan dengan file video menggunakan sebuah software, contohnya seperti MKVMerge.

  • External Sub

External Sub sendiri saat ini banyak digunakan karena Anda dapat bebas memilih tipe atau bahasa dalam subtitle yang akan tampil di dalam sebuah video. Biasanya external sub ini dapat ditemukan di sebuah situs yang khusus menyediakan berbagai macam subtitle.

Baca juga: 20 Situs Download Subtitle Indonesia Selain Subscene

Karena softsub terpisah dengan frame dari video, maka untuk menghilangkannya pun cukup mudah. Jika Anda menggunakan pemutar video VLC, maka cukup dengan klik kanan pada frame video lalu pilih opsi Subtitle lalu pilih opsi Disable pada opsi Sub Track.

Jika ingin menghilangkannya secara permanen, Anda dapat menggunakan software Video Converter, contohnya seperti Freemake Video Converter.

Dengan mengetahui perbedaan hardsub dan softsub, tentunya Anda pun juga dapat memilih tipe subtitle sesuai kebutuhan.

Jika ingin membuat sebuah video musik untuk keperluan karaoke, lebih baik menggunakan hardsub, sedangkan untuk menonton sebuah film, lebih baik menggunakan softsub.

You May Also Like

error: Content is protected !!