Sentuh dan Tahan Bilah Tab Maksudnya Apa?

Sentuh dan Tahan Bilah Tab

Berdasarkan keyword yang sedang banyak dipertanyakan di Google, mengenai apa maksud dari sentuh dan tahan bilah tab?

Pertanyaan ini kurang jelas, tab apa yang dimaksud? Apakah tab pada keyboard? Tab menu di komputer? Atau tab berbentuk halaman seperti yang ada di Google Chrome?

Sentuh dan tahan di sini jelas kaitannya dengan kegiatan menekan lalu menahan, bisa jadi ini menyeret ke lokasi tertentu. Apa yang diseret? Bisa jadi adalah tab tersebut.

Apa Maksud Sentuh dan Tahan Bilah Tab?

Mari kita anggap kalau tab yang dimaksud di sini adalah:

  • Halaman yang Anda buka di Chrome (tab Google Chrome)
  • Tab history aplikasi yang pernah Anda buka di Android
  • Tombol tab pada keyboard atau tabulator

Berikut adalah hal-hal yang terjadi saat Anda menyentuh dan menahan bilah tab.

1. Sentuh dan Menahan Bilah Tab Pada Google Chrome

Tab pada Google Chrome berarti jendela baru atau halaman baru. Anda bisa membuat tab berapapun jumlahnya, melebihi 99 atau lebih dari 100. Jika ingin tambah tab terus, klik ikon ‘+’ atau ‘Tambah Tab’. Kemudian Anda dibawa ke halaman Google yang baru.

Untuk melihat tab-tab apa saja yang Anda buka, Anda cukup menekan ikon kotak kecil yang ada di antara ikon bagikan dan titik tiga.

Akan tampak kumpulan tab yang Anda buka. Ini lah yang akan terjadi saat Anda menekan dan menahan salah satu dari tab-tab tersebut:

  • Cobalah untuk klik salah satu tab, maka Anda akan masuk ke dalam tab tersebut
  • Jika Anda menekan dan menahannya, Anda bisa menyeret tab itu ke posisi yang Anda suka. Efeknya, Anda bisa memindahkan tab ke atas, ke bawah, kiri atau kanan. Pokoknya ke posisi yang Anda suka

Tak ada keistimewaan lain. Hanya terjadi perpindahan tab dari yang semua ‘di situ’ menjadi ‘di sini’.

2. Sentuh dan Menahan Bilah Tab Pada Android

Ada 3 tombol navigasi di HP Anda. Yaitu tombol home, tombol back dan tombol untuk melihat history aplikasi yang pernah Anda buka. Di sana akan tampil beberapa tab history aplikasi yang pernah Anda buka.

Apa yang akan terjadi jika tab itu disentuh lalu ditahan?

  • Cobalah menyentuh dan tahan salah satu tab di history aplikasi Anda
  • Kemudian seret, dan Anda dibawa ke halaman utama dengan tampilan penawaran untuk menampilkan aplikasi tersebut secara pop up
  • Jatuhkan tab aplikasi itu di sana
  • Kemudian muncul jendela kecil aplikasi tersebut. Sekarang Anda bisa membuka dua aplikasi sekaligus dalam satu waktu

Misalnya membuka YouTube sambil membaca di aplikasi Wattpad. Jadi fungsi dari menyentuh dan menahan tombol tab pada HP untuk membuka dua aplikasi sekaligus, atau mengecilkan tampilan aplikasi agar bisa muat untuk 2 layar.

3. Sentuh dan Menahan Bilah Tab Pada Tombol Keyboard

Tab pada tombol keyboard hanya bisa ditemui di komputer. Sebenarnya bisa dimunculkan di HP, tapi butuh aplikasi keyboard khusus.

Adapun fungsi dari tombol tab ini adalah:

  • Memindahkan kursor pada jarak tertentu ke kanan pada lembar kerja kalian (Ms. Word)
  • Berpindah di antara elemen yang dapat dipilih pada browser web. Sehingga dapat pindah tab di browser tanpa memakai mouse
  • Menampilkan jendela yang ingin disorot pada Windows. Caranya dengan klik dan tahan tombol ‘Alt’ lalu klik ‘Tab’ sebanyak yang Anda butuhkan untuk membuka jendela yang ingin disorot

Lalu apa yang terjadi saat tombol tab disentuh dan ditahan dalam waktu lama? Jawabannya adalah tidak terjadi apa-apa. Dia hanya bekerja jika diklik secara bergilir.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.