Tak Perlu Panik, Begini Cara Menghapus Data KTP di Pinjaman Online

Dewa Eka

Cara Menghapus Data KTP di Pinjaman Online

Keberadaan aplikasi pinjaman online saat ini memang sangat membantu banyak orang. Namun, keberadaan aplikasi ini juga bisa membuat pencurian data KTP lebih rentan terjadi. Maka dari itu, warga Indonesia harus tahu bagaimana cara menghapus data KTP di pinjaman online yang benar.

Biasanya, orang-orang tidak bertanggung jawab akan menggunakan data KTP milik orang lain untuk meminjam uang secara online di aplikasi pinjaman tersebut. Tentu penggunaan data KTP ini lebih sering dilakukan tanpa izin pemilik aslinya, sehingga pemilik asli KTP dapat mengalami kerugian.

Mulai dari catatan kreditnya menjadi buruk, nama baiknya yang sudah dibangun selama ini menjadi jelek, dan hal-hal seperti ini lainnya bisa terjadi apabila data KTP digunakan oleh orang lain untuk meminjam uang secara online dan mereka tidak bertanggung jawab untuk membayar cicilannya.

Cara Menghapus Data KTP di Pinjaman Online agar Data Tidak Tersebar

Tidak hanya bisa dilakukan saat data KTP milik seseorang dicuri oleh orang tidak bertanggung jawab untuk meminjam dana di sebuah aplikasi pinjaman online tertentu saja, tapi cara ini juga bisa dilakukan apabila seseorang sudah selesai meminjam uang di aplikasi pinjaman online tersebut.

Dalam arti lainnya adalah ketika seseorang sudah melunasi semua pinjamannya di aplikasi pinjaman tersebut, maka mereka dapat menghapus data KTP yang didaftarkannya agar tidak tersebar di kemudian hari. Lantas, bagaimana cara menghapus data KTP dari pinjaman online?

1. Menghubungi Pihak Customer Service Aplikasi Pinjaman Online

Setiap aplikasi pinjaman online yang ada di Indonesia sekarang ini sudah dilengkapi dengan fitur bantuan yang dapat memudahkan pihak peminjam untuk menghubungi customer service. Seperti yang sudah banyak orang tahu, tugas customer service adalah memberikan solusi kepada para konsumen.

Bagi orang-orang yang ingin hapus data pinjaman online agar datanya tersebut tidak tersebar secara luas, mereka bisa menghubungi pihak customer service dari aplikasi pinjaman online yang dipilihnya tersebut. Berikut adalah langkah tepat untuk melakukan cara menghapus data pinjaman online ini:

  1. Pertama-tama, cari tahu terlebih dahulu nomor call center atau akun media sosial customer service dari aplikasi pinjaman online tersebut.
  2. Kemudian, sampaikan permasalahan atau permintaan yang kamu inginkan dan dalam hal ini adalah menghapus data pribadi yang tersimpan di aplikasi tersebut.
  3. Nantinya, pihak customer service akan menanyakan dan mengecek apakah semua tagihan pengguna sudah lunas atau masih ada yang menunggak. Jika masih ada tagihan yang menunggak, maka data KTP belum bisa dihapus untuk sementara waktu.
  4. Jika penghapusan data KTP dilakukan karena telah terjadi pencurian data yang dalam arti lainnya peminjam menggunakan data KTP milik orang lain, maka pihak customer service dapat membantu menyelesaikan permasalahan tersebut. Namun, ini harus diiringi dengan bukti yang kuat.
  5. Setelah itu, customer service pinjaman online akan memberikan petunjuk yang dapat diikuti oleh orang yang hendak menghapus data KTP tersebut.

2. Uninstall Aplikasi Pinjaman Online

Cara menghapus data KTP di pinjaman online tidak hanya bisa dilakukan dengan menghubungi pihak customer service dari aplikasi yang dipilih, tapi aktivitas ini juga bisa dilakukan dengan uninstall aplikasi yang telah digunakan tersebut. Sebagian orang mungkin berpikir bagaimana ini bisa terjadi?

Sebenarnya tidak semua aplikasi pinjaman online menyediakan fitur penghapusan data secara otomatis setelah uninstall aplikasinya, tapi ada beberapa aplikasi yang menawarkan fitur ini seperti EasyCash. Berikut adalah cara untuk menghapus data di pinjaman online dengan uninstall aplikasinya:

  1. Buka menu “Pengaturan” yang ada di perangkat masing-masing dan masuk ke menu selanjutnya yang bertuliskan “Aplikasi”.
  2. Pilih aplikasi pinjaman online yang tagihannya sudah lunas dan data di dalamnya ingin dihapus secara permanen.
  3. Pilih opsi “Kelola Data” atau “Penyimpanan” dan klik tombol “Hapus Cache dan Cookies” untuk menghapus data yang ada di dalamnya.
  4. Kemudian, klik tombol “Uninstall Aplikasi” dan pihak aplikasi pinjaman online sudah tidak bisa mengakses perizinan pada perangkat tersebut.

3. Menghubungi Pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Jika dibandingkan dengan kedua cara yang telah kami sebutkan sebelumnya, maka cara ini lebih jarang dilakukan oleh sebagian orang, karena cenderung lebih rumit dan lama. Selain itu, cara ini juga sering dilakukan oleh orang-orang yang tidak bisa menghapus datanya setelah melakukan kedua cara di atas.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bisa membantu seseorang untuk menghapus data di pinjaman online secara lebih aman. Sebab, OJK merupakan sebuah lembaga yang mengatur dan memantau seluruh kegiatan keuangan yang terjadi di Indonesia. Jadi, OJK dapat menjadi solusi yang paling terbaik.

Namun, orang-orang yang memilih cara ini lebih disarankan untuk melakukannya di hari kerja. Pasalnya, keluhan yang masuk di hari kerja akan lebih cepat mendapat respons.

Berikut ini cara menghapus data KTP di pinjol dengan menghubungi pihak OJK:

  • Cari tahu terlebih dahulu kontak OJK Indonesia yang bisa dihubungi untuk membuat permohonan penghapusan data KTP pinjaman online ini. Alamat email OJK adalah waspadainvestasi@ojk.go.id dan nomornya adalah 157 serta 081157157157.
  • Setelah menghubungi salah satu dari kontak tersebut, sampaikan permintaanmu untuk menghapus data KTP yang tersimpan di aplikasi pinjaman online.
  • Nantinya, pihak OJK akan menerima permintaan tersebut dan segera melakukan pengecekan apakah penghapusan data bisa dilakukan atau pemilik data masih memiliki tagihan yang menunggak.
  • Tunggu konfirmasi dari pihak OJK yang menyebutkan bahwa permohonan ini telah berhasil dilakukan.

Baca juga:

Sesuai dengan apa yang sudah kami katakan di artikel ini, cara menghapus data KTP di pinjaman online memang bisa dilakukan dengan mudah dan tidak membutuhkan waktu yang cukup lama. Jadi, segera lindungi data dirimu agar tidak digunakan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

Baca juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer