Tips Facebook Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis

Facebook Marketing

Siapa saja yang berkecimpung dalam marketing online pasti mengenal Facebook marketing, seperti dikutip dari sumber Tedas.id.

Kegiatan pemasaran melalui Facebook ini telah jadi hal penting untuk membangun usaha modern ini. Apakah kamu sudah menggunakannya?

Tujuan dari Facebook marketing tidak melulu soal omset, namun ada yang lebih penting yaitu komunikasi dengan konsumen. Melalui sosial media seperti Facebook, komunikasi yang dibangun dengan konsumen bisa lebih intens dan lebih personal.

Selama menggunakan Facebook marketing ada beberapa tips berikut ini yang bisa dipraktekkan.

5 Tips Cara Menggunakan Facebook Marketing untuk Keperluan Usaha

Ada begitu banyak tools dan strategi untuk diterapkan saat menggunakan Facebook. Kamu bisa membangun halaman atau akun Facebook dan nantinya dioptimasi sebagai alat pemasaran.

Di antara banyaknya tools yang tersedia, para pemula yang menggunakan Facebook marketing tentu akan kebingungan. Nah, supaya tidak salah sasaran, sebaiknya ikuti tips berikut yang dapat membantu meningkatkan penjualan dalam bisnis.

1. Buat Post Terbaik pada Akun Facebook

Tips yang pertama adalah ciptakan postingan terbaik yaitu menarik, lengkap dan terjadwal. Kamu harus membuat postingan yang orisinil dengan tambahan gambar atau video serta link yang mengarah pada penjualan.

Diharapkan postingan yang menarik bisa mendatangkan banyak komen dan like sehingga akan semakin banyak dibagikan oleh semua pengguna Facebook. Untuk mendapatkan like, kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi.

4liker, perfect liker, Kp liker, ini apps buat tambahin like di Facebook kamu yang bisa digunakan. Pastikan juga postingan terjadwal dengan rutin dan postingan harus sesuai tren atau yang disukai oleh audiens. 

2. Belajar Soal Facebook Ads

Pemasaran di Facebook tidak sepenuhnya sempurna jika kamu belum mencoba menggunakan Facebook Ads. Beriklan di Facebook yang bagus juga ada tipsnya tersendiri. Pertama gambar yang digunakan harus relevan dengan postingan.

Kedua berikan call to action pada iklan sehingga audiens dengan mudah menghubungi lini bisnis Anda. Ingat, bahwa audiens yang menghubungi akan meningkatkan penjualan, jadi jangan lupakan hal ini.

Ketiga gunakan teknik copywriting pada iklan yang ingin dipasang. Setelah itu kamu bisa melakukan analisa iklan dan memilih jenis iklan mana yang paling banyak diminati.

3. Kenali Target Pasar dan Terapkan pada Facebook

Setiap bisnis tentu memiliki target pasar yang berbeda-beda. Kamu sebagai pemilik bisnis harus tahu hal ini. Jika target pasar sudah dikunci, selanjutya adalah menerapkanya pada Facebook marketing.

Target pasar ini sangat penting ketika menentukan target audiens saat memasang iklan. Selain itu penting juga untuk membangun gaya bahasa hingga jenis postingan yang menarik sesuai kebutuhan audiens.

Tujuannya adalah agar Facebook marketing yang dilakukan benar-benar tepat sasaran sesuai dengan target tersebut.

4. Selalu Aktif Berkomunikasi di Facebook

Halaman Facebook bahkan akun bukan sekedar untuk pencitraan saja tetapi juga sarana berkomunikasi. Facebook akan membangun komunikasi dan kelancarannya tergantung dari bagaimana kamu menggunakan.

Rajin-rajinlah untuk membalas komentar bahkan DM yang dilakukan oleh konsumen. Jangan tinggalkan audiens menggantung dengan pertanyaan tanpa dijawab. Oleh karena itu pengelolaan ini harus diserahkan pada orang yang bertanggung jawab.

Perlu diingat juga bahwa kepuasan audiens untuk mendapat jawaban cepat dan tepat mempengaruhi probabilitas apakah mereka akan menjadi konsumen. Dampaknya tentu pada penjualan bisnis.

5. Terus Melakukan Monitoring dan Analisis

Setiap iklan dan postingan yang dilakukan bahkan bagaimana cara kamu menjawab komen konsumen harus selalu dimonitoring. Jika ada banyak tim yang menanganinya, akan lebih baik untuk melakukan monitoring setiap hari.

Selain itu lakukan analisa bersama dengan rutin, entah itu setiap minggu atau setiap bulan. Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengetahui tren, menciptakan konten menarik yang diposting terjadwal di masa depan. Sampai dengan bagaimana teknik menjawab komen dengan tepat.

Semua hal tersebut akan berjalan dengan baik dan menghasilkan penjualan tinggi jika dilakukan dengan disiplin. Melalui Facebook marketing, usaha yang dibangun bisa lebih mudah menjangkau konsumen yang lebih banyak lagi.

Tak heran, berbagai jenis usaha kini fokus pada Facebook marketing yang terbukti mampu meningkatkan penjualan dengan baik. Jadi jangan sampai kamu ketinggalan dan tidak menggunakannya.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.