Transaksi Tidak Dapat Diproses ATM BRI? Ini Penyebabnya

Transaksi Tidak Dapat Diproses ATM BRI

Apakah anda pengguna atm BRI? Namun, tiba-tiba anda tidak bisa bertransaksi dengan alasan transaksi tidak dapat diproses ATM BRI? Ternyata ini dia penyebab dan solusinya!

BRI menjadi salah satu bank yang banyak digunakan oleh masyarakat kita. Selain biaya potongan bulanan yang rendah, aman dan banyak tersedia di pelosok bank ini juga termasuk salah satu bank pelopor.

Namun, sebagai nasabah dan pengguna kartu ATM BRI pasti akan ada kendala suatu saat. Misalnya masalah transaksi tidak bisa diproses ATM BRI tersebut.

Lantas, apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya? Jangan panik, kali ini kita akan membahasnya lebih dalam.

Transaksi Tidak Bisa Diproses ATM BRI

Pertama-tama, anda pasti akan panik jika di layar mesin ATM menampilkan notifikasi berikut, bukan? Apalagi jika itu adalah kali pertama anda mengalaminya.

Nah, jangan langsung panik terlebih dahulu ya. Perhatikan lagi tulisan yang ditampilkan pada layar ATM tersebut. Jika tulisannya disable maka artinya tidak bisa digunakan untuk bertransaksi.

Entah itu, kartu atau ATM nya. Berikut ada beberapa kode error ATM BRI, yaitu:

  • Error Host 34 : Jika kode ini yang muncul maka menandakan masa penggunaan kartu anda sudah habis. Atau dengan kata lain kartu anda sudah expired. Hanya ada satu solusi yakni mengganti kartu tersebut dengan yang baru di cabang BRI terdekat.
  • Error Host 70 : Jika kode ini yang muncul maka PIN anda bermasalah sehingga anda harus mengganti kode PIN tersebut dengan yang baru.
  • Error Host 90 : Masalah yang terjadi diakibatkan ATM tersebut yang bermasalah karena tidak bisa digunakan.

Anda harus melihat saldo anda menggunakan Mobile Banking, Internet Banking atau SMS Banking. Takutnya anda mengalami kejadian seperti beberapa nasabah lainnya.

Dimana mereka melakukan transaksi baik itu transfer, melakukan pembayaran ataupun penarikan tunai. Namun, status di layar ATM gagal hanya saja saldonya terpotong.

Jika hal ini terjadi, maka anda bisa menanyakan langsung pada pihak BRI. Bisa langsung bertanya ke Bank atau Cabang BRI terdekat. Atau, anda bisa bertanya melalui sambungan telepon di 14017/1500017 atau melalui Twitter resmi BRI di @contact BRI.

Error Pada ATM BRI

Selain kesalahan pada kartu ATM, terkadang kesalahan terjadi pada Mesin ATM BRI. Beberapa kemungkinan tersebut bisa terjadi, yakni:

  • ATM tidak mendapatkan izin untuk digunakan. Hal ini terjadi jika saldo yang anda miliki di bawah saldo minimum transaksi. Sayangnya, kartu anda akan langsung terblokir secara otomatis dan untuk kembali menggunakannya anda harus datang langsung ke bank BRI.
  • Peringatan yang muncul berupa data tidak ditemukan. Dan, jika peringatan ini yang keluar maka ada 2 kemungkinan yang terjadi. Kemungkinan pertama adalah server ATM mengalami gangguan. Sehingga anda harus menunggu hingga gangguan tersebut teratasi. Kemungkinan kedua adalah saldo anda diblokir dan tentunya anda harus konfirmasi ke pihak BRI agar bisa kembali menggunakannya.
  • Kartu ATM keluar sendiri saat melakukan transaksi. Masalah ini bisa terjadi jika PIN yang anda masukkan salah berturut-turut dan susah terblokir otomatis.
  • Kartu ATM tidak terbaca. Masalah ini bisa terjadi jika chip pada kartu kotor atau rusak. Jadi, coba perhatikan dan pastikan kondisi chip kartu tidak kotor atau tergores hingga terkelupas. Kartu tidak terbaca juga bisa karena batas waktu pemakaian habis atau expired. Atau PIN terblokir.

Demikianlah pembahasan mengenai permasalahan transaksi tidak dapat diproses ATM BRI. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.