3 Cara Bermain Game Java di Android untuk Bernostalgia

main game java di android

Cara bermain game Java di Android terus dicari oleh banyak pengguna ponsel pintar. Mereka melakukan itu untuk sekadar untuk melakukan nostalgia dengan game di masa lalu. Apalagi saat ponsel Java dan Symbian masih merajalela di awal tahun 2000-an silam.

Game Java secara default tidak akan mungkin bisa dipasang pada ponsel Android yang membutuhkan aplikasi dengan ekstensi APK. Sementara itu, aplikasi game Java memiliki ekstensi JAR atau JAD sehingga Anda butuh yang namanya emulator.

Bagaimana Cara Bermain Game Java di Android?

1. Menggunakan Aplikasi PhoneMe

Hal pertama yang harus dilakukan untuk memainkan game Java adalah mengunduh emulatornya Anda bisa menggunakan PhoneMe. Aplikasi ini tidak membutuhkan akses root. Jadi, ponsel Android jenis apa pun bisa dipakai untuk memainkannya.

Aplikasi ini tidak tersedia di Playstore sehingga Anda harus mengunduhnya di situs resmi. Buka tautan ini: https://davy.preuveneers.be/phoneme/?q=node/10. Masuk ke menu Download dan pilih Android kalau Anda ingin memainkan game melalui HP.

2. Mengunduh File Game Java

Setelah aplikasi PhoneMe terpasang di HP Android, langkah selanjutnya adalah mengunduh game dengan format Java. Umumnya game dengan format itu punya ekstensi JAR atau JAD. Selanjutnya, file itu bisa dipasang di emulator.

Untuk mengunduh game dengan format Java, Anda bisa menggunakan beberapa situs sharing seperti Phoneky atau Waptrick. Pilih semua jenis game yang akan dimainkan. Selanjutnya, simpan ke HP dan masukkan ke folder yang mudah dicari.

3. Membuka File dan Memainkan

Buka aplikasi PhoneMe yang sudah terpasang dengan baik. Selanjutnya, buka dulu lokasi penyimpanan file JAR atau JAD. Setelah terbuka, Anda bisa menekan tombol RUN untuk menjalankan aplikasinya.

Anda bisa main game seperti biasa dan melakukan interaksi dengan baik. Nikmati semua permainan yang sudah diunduh sebelumnya layaknya bermain di ponsel generasi lawas.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Bermain

Sebelum menggunakan aplikasi emulator dan memainkan game Java di sana, ada beberapa hal yang harus benar-benar diperhatikan dengan baik agar HP Android Anda tidak mengalami masalah.

1. Pilih Emulator Non Root

PhoneMe adalah satu dari sedikit aplikasi emulator yang tidak membutuhkan akses root. Jadi, kalau ingin menggunakannya, Anda tidak perlu melakukan root pada HP. Setelah pasang, bisa langsung dipakai untuk memainkan game.

Aplikasi jenis root sebenarnya tidak masalah untuk digunakan. Namun, Anda harus melakukan root pada HP. Cara ini sedikit berisiko kalau Anda tidak bisa melakukannya. Bahkan, ponsel bisa mengalami matot.

2. Unduh Game Java di Tempat Tepercaya

Hanya unduh game Java di tempat yang aman dan sering dipakai oleh banyak orang. Jangan sal mendapatkan game ekstensi JAR atau JAD di tempat yang salah karena masih ada potensi dimasuki virus di dalamnya.

3. Bug dan Masalah Operasional

Masalah operasional pada game seperti tombol tidak bisa dipakai hingga beberapa fungsi tidak merespons bisa saja terjadi. Pada dasarnya emulator tidak sempurna dan bukan ponsel Java. Jadi bug tetap saja ada meski sedikit.

Cara bermain game Java di Android ternyata mudah dilakukan sehingga Anda bisa melakukan nostalgia. Apalagi di masa lalu, aneka jenis game yang bisa dimainkan oleh ponsel banyak menggunakan ekstensi JAR atau JAD dan ukurannya tidak terlalu besar.

Untuk gamenya bisa download disini => 7 Game Java Terbaik yang Masih Seru

Sebelum memutuskan untuk memainkan game Java, ada baiknya untuk memilih tempat download yang tepat. Kalau sampai Anda mengunduh di tempat yang salah, kemungkinan besar file bisa berisi virus dan akhirnya berbahaya untuk ponsel Android yang dipakai bermain.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *