4 Cara Mengatasi Baterai Tanam Habis Tidak Bisa di Charge

Cara Mengatasi Baterai Tanam Habis Tidak Bisa di Charge

Mengalami masalah seperti baterai tanam habis tapi tidak bisa di charge atau cas? Apa penyebab hal tersebut dan bagaimana cara mengatasinya? Simak artikel yang akan kami bagikan kali ini.

Non removable merupakan jenis baterai tanam yang sering mengalami trouble. Banyak pengguna yang mengeluhkan bahwa jenis baterai ini sulit di charge jika sudah kehabisan daya. Tentunya ini membuat Anda perlu mengetahui cara mengatasi baterai tanam habis tidak bisa di charge.

Terdapat banyak faktor yang menyebabkan baterai HP menjadi rusak. Mulai dari pengisian daya yang tidak sesuai dengan tegangan baterai hingga penggunaan HP yang berlebihan sembari di charge. Jika baterai jenis ini sudah rusak secara keseluruhan, maka pengguna harus segera menggantinya.

Cara Mengatasi Baterai Tanam Habis Tidak Bisa di Charge

HP pintar dengan tipe baterai tanam memang memiliki beberapa kelebihan sehingga menjadi trend terkini bagi produsen HP untuk merilis produk baru. Penggunaan jenis ini juga dianggap lebih fleksibel dan mudah untuk di tata agar bisa mengurangi bobot keseluruhan HP.

Rata-rata bagian luar cell jenis baterai ini dibuat sangat kokoh dan terkesan tebal. Produsen juga menambahkan beberapa penutup atau dudukan agar baterai sulit untuk dilepas. Hal ini tentunya sangat menjengkel jika Anda ingin melepaskan baterai HP.

Di bawah ini cara mengatasi baterai tanam atau non removable yang habis dan tidak bisa di charge.

Baca juga: Cara Menggunakan Aplikasi Seeder

1. Cek Port Mini USB Charge

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah mengecek bagian port mini USB charger. Port atau socket penghubung USB yang rusak tentunya membuat Anda tidak bisa melakukan pengisian daya baterai. Jika terdapat tekukan atau sampah pada bagian port, maka ini bisa membuat port tidak bekerja.

Anda dapat membersihkan bagian port ini dengan bantuan tusuk gigi ataupun benda kecil lainnya. Bersihkan bagian port ini secara menyeluruh agar kotoran bisa terangkat. Anda juga dapat menekuk bagian yang melenceng agar bisa kembali ke bentuk semula.

2. Mengganti Kabel USB Charge

Mengganti kabel USB charge bisa menjadi pilihan berikutnya yang layak untuk Anda coba. Hal ini mengingat kabel yang mudah rusak jika ditekuk secara terus-menerus. Lakukan pergantian kabel USB charger dengan yang baru agar pengisian baterai tidak terhambat akibat kabel yang rusak.

3. Cek Kesehatan Baterai

Jika cara sebelumnya belum bisa mengatasi masalah Anda, maka pengecekan baterai menjadi langkah yang tepat. Pasalnya, setiap jenis baterai memiliki ukuran kapasitas yang berkurang jika digunakan dalam jangka lama.

Tentunya ini juga dapat menjadi penyebab baterai HP tidak bisa di charge. Salah satu indikasi dari baterai yang rusak, yakni penggunaan yang boros sehingga masa pakai HP menjadi berkurang. Jika indikasi baterai boros sudah diketahui, segera lakukan pergantian baterai di tempat service resmi.

4. Mengganti Komponen IC Suplay

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah mengganti komponen IC suplay pada perangkat HP. Perlu diketahui bahwa komponen IC merupakan bagian vital. Jika komponen ini rusak, maka biaya reparasi yang dibutuhkan tergolong cukup tinggi.

Terdapat banyak faktor yang bisa merusak komponen IC suplay. Mulai dari HP yang terkena air hingga tegangan arus listrik yang tinggi ketika melakukan pengisian daya. Adanya kerusakan IC suplay, tentunya membuat HP tidak bisa menerima pengisian daya.

Baca juga: Cara Instal File XAPK di Android

Anda dapat melakukan pengecekan dan pergantian komponen IC suplay ini ke tempat service resmi sesuai dengan merek HP yang dimiliki. Hal ini tentunya bertujuan agar part komponen HP Anda diganti dengan produk asli.

Adanya cara mengatasi baterai tanam habis tidak bisa di charge ini tentunya sangat layak untuk Anda coba. Pasalnya, terdapat banyak penyebab yang menjadikan HP tidak bisa melakukan pengisian daya. Jika baterai sudah menunjukkan indikasi rusak, maka segera lakukan pergantian baterai baru.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!