4 Cara Mengatasi Error dns_probe_finished_nxdomain Android

dns_probe_finished_nxdomain Android

Tidak perlu panik saat terjadi error dns_probe_finished_nxdomain Android, lakukan cara mengatasi dan kenali apa penyebab masalah tersebut. Pada artikel ini kami akan membahasnya secara rinci.

Internet adalah salah satu hal yang banyak digunakan di seluruh dunia. Hampir setiap hari kita mengakses internet untuk beberapa hal.

Sayangnya, kerap muncul beberapa error ketika kita menggunakan website untuk mencari informasi. Salah satu error yang bisa muncul adalah DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN.

Error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN tidaklah berbahaya, tetapi harus segera diatasi.

Bagaimana cara mengatasinya dan apakah mungkin error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN hilang dengan sendirinya?

Simak penjelasan selengkapnya terkait error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN dan cara mengatasinya dibawah ini.

Apa Itu DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN?

DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN adalah error yang bisa Anda temukan ketika gagal menemukan IP Adress di DNS.

Apabila Anda mendapatkan pesan error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN, maka itu artinya domain gagal mencari nama server IP Adress.

Pemilik domain tidak bisa terhubung dengan domain dan server atau tidak pointing sehingga muncullah error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN.

Pesan error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN biasanya akan Anda jumpai ketika Anda menggunakan browser Google Chrome melalui perangkat Mac, Windows maupun Android.

Penyebab Error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN

Ada beberapa penyebab yang diduga menjadi alasan Anda mendapatkan pesan error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN.

  • Pertama, Anda menggunakan aplikasi pencarian versi lama. Bug yang ada dalam aplikasi akan membuat Anda kesulitan untuk menghilangkan error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN ini.
  • Penyebab kedua adalah jaringan yang terganggu. Error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN disebabkan karena tidak terhubungnya domain dengan server, sehingga jaringan yang buruk sangat mungkin menjadi alasan terjadinya error ini.
  • Hal terakhir yang mungkin menjadi penyebab error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN adalah website yang sedang maintanance atau perbaikan.

Cara Mengatasi Error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN

Jika Anda menemui error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN ketika sedang berselancar di Internet, maka Anda harus tahu bagaimana cara mengatasinya.

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN. Berikut ini adalah beberapa cara yang dimaksud:

Update Aplikasi Google Chrome

Pilihan pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengupdate aplikasi Google Chrome Anda.

Google Chrome yang tidak diupdate atau versi lama bisa menghambat pencarian Anda hingga akhirnya memunculkan error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN.

Anda bisa membuka Google Play Store untuk mengupdate aplikasi Google Chrome. Tunggu hingga aplikasi Google Chrome terupdate sepenuhnya baru kembali gunakan.

Restart Data Seluler

Hal kedua yang bisa Anda lakukan adalah restart data seluler. Bisa saja error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN terjadi karena sinyal Anda kurang baik.

Tujuan dilakukannya restart data seluler ini adalah untuk menghapus cache di browser yang digunakan dalam browser tersebut.

Ganti Jenis Jaringan Yang Digunakan

Apabila cara diatas tidak berhasil, Anda bisa mengganti jenis jaringan yang digunakan.

Jika Anda sebelumnya menggunakan WiFi, silahkan coba menggantinya menjadi data seluler terlebih dahulu.

Begitu pula sebaliknya, pilih jaringan yang kekuatannya lebih baik untuk mengatasi error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN.

Hubungi Pemilik Aplikasi atau Website

Penyebab error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN tidak hanya karena pengguna website, tetapi bisa juga karena website yang dikunjungi.

Anda bisa mencoba menghubungi pemilik website apabila tersedia email atau kontak tertera.

Anda bisa memberitahukan kepada pemilik website bahwa website yang dikelolanya mengalami error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN. Tujuannya adalah agar error ini bisa segera diatasi.

Itu dia penjelasan tentang error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN yang biasa muncul ketika Anda sedang melakukan pencarian di Google Chrome.

Apabila penyebab munculnya error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN karena website yang dikunjungi, maka Anda tidak bisa melakukan apapun hingga pemilik website memperbaiki server yang digunakannya.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.