4 Cara Mengetahui WA Disadap Pakai WhatsApp Web

Cara Mengetahui WA Disadap Pakai WhatsApp Web

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi perpesanan yang sangat penting di masyarakat Indonesia. Karena hal itulah, banyak orang yang merasa resah dan takut apabila nomor WhatsApp mereka disadap menggunakan fitur WhatsApp Web.

Ada beberapa ciri-ciri akun yang sudah disadap menggunakan WhatsApp Web. Apa saja ciri-cirinya dan bagaimana cara menghindari penyadapan ini? Simak penjelasannya berikut ini.

Mengenal Tentang WhatsApp Web

WhatsApp Web merupakan versi website dari WhatsApp, dimana Anda bisa mengakses isi chat WhatsApp menggunakan browser di perangkat lain.

Banyak orang yang memanfaatkan WhatsApp Web untuk memindahkan data atau berkomunikasi dengan lebih mudah ketika sedang bekerja di depan laptop atau komputer.

Sayangnya, beberapa pihak menggunakan WhatsApp Web ini untuk tindakan tidak baik seperti menyadap akun orang lain.

Cara Mengecek Apakah WhatsApp Disadap dengan WhatsApp Web

Bila Anda merasa curiga apakah akun WhatsApp Anda disadap oleh orang lain atau tidak melalui WhatsApp Web, maka ada 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengeceknya. Ini dia 5 cara yang dimaksud.

Menerima OTP

OTP atau One Time Password adalah sebuah bentuk verifikasi yang biasanya dikirimkan oleh WhatsApp apabila terindikasi melakukan aktivitas aneh.

Bila Anda tidak merasa login ke WhatsApp Web dan Anda menerima kode OTP, maka ini bisa menjadi tanda utama bahwa ada orang yang berusaha menyadap akun WhatsApp Anda.

Baterai Mudah Habis

WhatsApp Web terkoneksi langsung dengan WhatsApp di ponsel, sehingga bila membuka WhatsApp Web terlalu lama maka baterai di ponsel juga mudah habis.

Tidak hanya itu, meski Anda tidak sedang membuka ponsel bila WhatsApp Web menyala maka baterai bisa cepat habis. Hal ini bisa menjadi tanda kedua bahwa akun WhatsApp Anda sedang disadap menggunakan WhatsApp Web.

Pesan Mendadak Terbuka Sendiri

Apabila Anda merasa belum membuka sebuah pesan dari teman Anda, tetapi pesan tersebut terbuka sendiri, maka Anda harus berhati-hati sebab bisa saja ini pertanda WhatsApp Anda sedang disadap.

Hanya Anda yang bisa membuka pesan di room chat tertentu, dan bila ada orang yang mengakses WhatsApp Web Anda maka orang tersebut juga bisa membacanya. Bisa jadi orang yang menyadap WhatsApp Web Anda telah membuka pesan pribadi Anda.

Tidak Bisa Melakukan Panggilan

Cara keempat yang bisa Anda lakukan untuk mengecek apakah WhatsApp Anda sedang disadap dengan WhatsApp Web adalah dengan mengetest melakukan panggilan.

Biasanya, akun yang sedang disadap di WhatsApp Web tidak bisa menelepon kontak WhatsApp di ponsel. Hal ini dikarenakan ada pihak lain atau perangkat lain yang sedang menggunakan akun yang sama.

Baca juga:

Cara Mencegah Agar WhatsApp Tidak Disadap

Setelah tahu apa saja ciri-ciri WhatsApp yang sedang disadap, Anda tentu ingin mencoba melakukan tindakan pencegahan agar WhatsApp tidak lagi disadap.

Anda bisa mencoba mengaktifkan verifikasi dua langkah. Dengan hal ini, setiap perangkat yang akan masuk ke akun tersebut harus memasukkan enam kode password yang sudah ditentukan.

Kedua, Anda bisa mencoba memanfaatkan pemindai sidik jari. Anda bisa memproteksi ponsel Anda agar tidak bisa disalahgunakan. Anda bisa mengaturnya di aplikasi WhatsApp bagian pengaturan lalu pilih menu privasi dan klik opsi kunci sidik jari.

Itu dia beberapa ciri-ciri WhatsApp yang sedang disadap melalui WhatsApp Web. Bila WhatsApp Anda memiliki ciri yang serupa, maka segeralah melakukan tindakan pencegahan diatas. Selamat mencoba.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.