6 Cara Agar Channel Youtube Banyak yang Nonton, Kreator Harus Paham Nih!

Abdul Aziz

Cara Agar Channel Youtube Banyak yang Nonton

Bagaimana cara agar channel Youtube banyak yang nonton? Jika dirasa channel Youtube memiliki konten keren, namun viewer tetap sedikit memang sangat menyebalkan. Tentunya content creator harus mencari alternatif lain agar konten Youtube kebanjiran viewer dan menghasilkan banyak cuan.

Dengan jumlah penonton yang semakin banyak, channel Youtube bisa berpotensi menjadi ladang cuan yang sangat menjanjikan.

Beberapa content creator sukses telah membuktikan, channel Youtube bisa menjadi penghasilan utama dengan menyumbang pendapatan hingga miliaran rupiah tiap bulannya. 

Cara Agar Channel Youtube Banyak yang Nonton

Opsi terbaik meningkatkan viewer dengan menghasilkan video yang berkualitas, sehingga bisa menarik perhatian semua orang.

Setidaknya content creator pemula perlu menerapkan beberapa trik kali ini untuk meningkatkan jumlah viewer, likes, dan subscribe dari konten menarik yang sudah dibagikan.

1. Ciptakan Konten Menarik

Cara setting channel Youtube agar banyak yang nonton awalnya perlu menciptakan konten video menarik terlebih dahulu. Konten adalah daya tarik utama pengguna Youtube, sehingga bisa mempengaruhi jumlah viewer, like, dan subscribe terus bertambah dari sebelumnya.

Ketika content creator telah berhasil mendapatkan rate engagement yang tinggi, tentu memberi kesempatan video bisa muncul pada laman pencarian paling atas. Konten video yang dibagikan bisa menentukan besar kecilnya keuntungan yang akan didapatkan oleh seorang content creator.

Pastikan untuk selalu konsisten dalam menciptakan konten Youtube agar bisa menarik perhatian penonton. Sejauh ini konten yang bisa menarik perhatian audiens meliputi tutorial masak, podcast, dairy vlog, permainan edukatif, mukbang, dan masih banyak tema lainnya.

2. Optimalkan Judul Konten

Judul konten menarik ternyata bisa menambah viewer Youtube lho. Bukan hanya opini pribadi, namun pihak Youtube juga memberikan konfirmasi mengenai judul konten. Judul konten akan ikut mempengaruhi pengguna Youtube mengklik video yang muncul pada laman berandanya.

Bagaimana cara membuat judul konten yang benar? Intinya buatlah judul sesuai dengan konten yang akan dibagikan pada laman channel Youtube. Usahakan tidak clickbait karena bisa membuat penonton kecewa saat sudah membuka video, kemudian memicu munculnya komentar buruk.

Membuat judul konten menarik bisa memperhatikan 3 aspek diantaranya menambahkan frase tanda kurung di akhir kalimat, menambahkan angka, dan membuat judul 40-50 karakter. Ketiga aspek ternyata bisa mempengaruhi konten mendapatkan peringkat bagus dalam daftar pencarian.

3. Riset Keyword (Kata Kunci)

Cara agar channel Youtube banyak yang nonton dengan melakukan riset keyword. Pengguna Youtube akan mengetik kata pada kolom pencarian. Ketika video kreator memang relevan dengan kata-kata tersebut, secara otomatis akan muncul pada laman pencarian teratas.

Cara riset kata kunci bisa dilakukan dengan menggunakan tools seperti Google Keyword Planner, Google Trends, Keyword Shopee Related Search, dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan tools tersebut, kreator akan menemukan kata atau penggalan kalimat yang banyak dicari orang.

Tidak hanya itu, kata kunci tentu bisa dijadikan inspirasi para kreator untuk membuat konten yang sedang ramai diperbincangkan. Makin tinggi volume kata kunci, akan mendorong konten Youtube bisa menduduki tingkatan teratas dalam daftar pencarian video yang diinginkan pengguna.

4. Menuliskan Deskripsi Video

Menulis deskripsi video dengan jelas ternyata bisa menjadi cara meningkatkan viewer Youtube lebih baik lagi. Deskripsi video bisa membantu memberikan pemahaman kepada penonton akan konten yang sudah dibagikan, kemudian mendorong algoritma Youtube mendeteksinya.

Cara pertama menulis deskripsi video dengan membuat kalimat intro semenarik mungkin. Tidak harus panjang, penting 2-3 kalimat berisi informasi tentang content creator. Kedua, tuliskan singkat mengenai video sekitar 150 kata untuk memudahkan penonton memahami isi konten.

Terakhir, kreator juga perlu memasukkan link dalam deskripsi video untuk memberi kemudahan penonton menuju website, media sosial, tayangan, ataupun blog terkait. Makin lengkap deskripsi video, tentu akan membuat penonton merasa excited untuk mendapatkan informasi lainnya.

 5. Promosikan Video Melalui Media Sosial

Cara agar channel Youtube banyak yang nonton bisa dilakukan dengan melakukan promosi melalui media sosial. Makin banyak orang yang penasaran tentang video tersebut, akan semakin besar peluang klik guna meningkatkan jumlah viewer, like, dan subscribe.

Kini pengguna media sosial sudah mencapai 3,8 miliar orang, sehingga promosi video Youtube berpotensi mendatangkan engagement. Cara tepat membagikan konten Youtube melalui laman media sosial dengan menyiapkan postingan teaser atau semacam video cuplikan serunya.

Video cuplikan yang menarik akan mendorong pengguna media sosial ingin tahu lebih banyak dan membuka link video Youtube. Promosi video bisa dilakukan melalui media sosial Twitter, LinkedIn, Facebook, Instagram, dan Twitter dengan menggunakan pola ads/periklanan atau endorsement.

6. Menggiring Trafik Menggunakan Card & End Screen

Card dan End Screen merupakan fitur Youtube yang bisa memudahkan penggunanya mengklik video. Kreator bisa memanfaatkan fitur untuk meningkatkan jumlah viewer, sehingga bisa terus bertambah seiring berjalannya waktu. Sudah paham dengan fungsi masing-masing fitur?

Fitur Cards bisa menampilkan daftar video lainnya, bentuknya seperti tombol di pojok kanan atas. End Screen atau layar akhir fungsinya untuk menampilkan thumbnail, situs web, video lain, dan saluran di akhir tayangan. Apa dampaknya saat diterapkan dalam tayangan konten?

Ketika fitur Card & End Screen berhasil diaktifkan, para penonton Youtube akan mendapatkan rekomendasi pilihan video lainnya dalam channel yang sama. Kreator bisa membuat konten lain yang sudah dibagikan dalam channelnya juga mengalami peningkatan viewer secara signifikan.

Baca juga:

Cara agar channel Youtube banyak yang nonton sebenarnya memang gampang-gampang sulit. Nah, selain alternatif yang sudah dijelaskan sebelumnya, kreator juga perlu membuat daftar putar. Playlist atau daftar putar bisa meminimalkan potensi penonton beralih ke channel milik kreator lainnya.

Baca juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer