7 Software Accounting Gratis Cocok untuk Pemula dan Profesional

Miftah

Software Accounting Gratis

Keberadaan software accounting gratis sangat membantu beberapa orang yang hendak mengelola keuangan bisnis secara lebih mudah. Pengelolaan laporan keuangan dalam dunia bisnis memang harus dilakukan dengan sebaik mungkin, karena ini merupakan salah satu aspek penting dalam bisnis.

Berbeda dengan pengelolaan laporan keuangan yang dilakukan secara manual, pengelolaan laporan keuangan yang dilakukan dengan menggunakan software accounting ini dapat lebih akurat. Sebab, pengelolaan laporan keuangan manual lebih rentan mengalami human error.

Setiap jenis aplikasi akuntansi gratis ini memiliki kelebihan dan fitur unggulannya masing-masing yang harus diketahui oleh para pebisnis. Untuk mengetahui apa saja aplikasi akuntansi terbaik yang bisa digunakan secara gratis, simak artikel ini sampai akhir!

7 Software Accounting Gratis dengan Fitur Terbaik

Semua perusahaan wajib mengelola keuangan bisnisnya dengan tepat dan efisien, karena laporan keuangan merupakan hal yang sangat krusial dalam berbisnis. Jika dulu aktivitas ini hanya bisa dilakukan secara manual, sekarang para pelaku usaha bisa menggunakan sebuah aplikasi khusus.

Dari sekian banyak software akuntansi online yang ada sekarang ini, ada beberapa di antaranya yang dapat digunakan secara gratis. Berikut adalah beberapa software akuntansi online gratis beserta kelebihannya masing-masing:

1. ZipBooks

Aplikasi akuntansi online dan gratis pertama yang sering digunakan oleh para pelaku usaha untuk mengelola keuangan bisnisnya secara lebih tepat adalah ZipBooks. Tidak hanya sering digunakan pada perusahaan berskala besar saja, tapi aplikasi ini juga sering digunakan pada perusahaan kecil.

Keunggulan yang paling terlihat jelas dari aplikasi ini terletak pada fitur akuntansi dan penagihannya yang sangat akurat. Fitur akuntansi di sini dapat mendukung aktivitas pengelolaan keuangan dalam sebuah bisnis, sedangkan fitur penagihan dapat mengirimkan tagihan secara otomatis.

2. Paper.id

Ada banyak orang yang menganggap Paper.id sebagai software akuntansi untuk bisnis online gratis yang dapat menguntungkan pihak pembeli maupun pemasok. Sebab, aplikasi ini dapat membantu kedua belah pihak dalam menerima tagihan pembayaran secara tepat waktu.

Tidak hanya itu, Paper.id juga memiliki fitur lainnya yang tidak kalah bermanfaat yakni fitur untuk membuat quotation dan laporan keuangan secara otomatis. Maka dari itu, aplikasi ini dapat mempermudah para pelaku usaha dalam mengelola keuangan bisnisnya secara lebih efisien.

3. GnuCash

Jika dibandingkan dengan beberapa aplikasi sebelumnya, orang-orang mungkin menganggap GnuCash lebih kuno. Sebab, tampilan layar GnuCash memang tidak modern seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya. Namun, jika membahas tentang keunggulan fiturnya, maka aplikasi ini tidak kalah.

Bahkan, GnuCash tidak hanya bisa digunakan pada perangkat berbasis Windows saja, tapi aplikasi ini juga bisa digunakan para perangkat Apple yang memakai sistem operasi IOS. Uniknya, GnuCash lebih berfokus pada pengembangan bisnis UMKM dibanding perusahaan yang sudah berskala besar.

4. SlickPie

SlickPie merupakan software accounting gratis yang cocok untuk para pemula. Sebab, fitur yang ada di dalam aplikasi ini dapat digunakan dengan mudah dan istilah-istilah di dalamnya pun mudah dipahami. Oleh karena itu, aplikasi ini juga cocok untuk perusahaan berskala kecil dan sedang.

Jika beberapa aplikasi akuntansi lainnya menyediakan beberapa fitur berbayar, meski aplikasi tersebut bisa digunakan secara gratis, hal ini berbeda dengan SlickPie yang menyediakan semua fiturnya secara gratis. Jadi, kamu bisa mengelola keuangan bisnismu dengan tepat secara gratis.

5. Wave

Sudah ada banyak orang yang tahu bahwa Wave termasuk salah satu dari kumpulan software akuntansi gratis yang sering digunakan oleh para pebisnis profesional. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat Wave menyediakan fitur scanning kwitansi yang sangat akurat.

Sampai saat ini jumlah pengguna Wave di seluruh dunia mencapai ratusan ribu perangkat, sehingga namanya pun semakin terkenal di kalangan para pelaku usaha dan akuntan. Selain fitur scanning kwitansi, Wave juga memiliki fitur unggulan lainnya seperti payroll dan pembayaran.

6. Akaunting

Kelebihan utama dari aplikasi Akaunting adalah aplikasi ini telah mendukung lebih dari 50 bahasa, tak terkecuali bahasa Indonesia. Jadi, para pelaku usaha di Indonesia tidak perlu bingung saat hendak menggunakan aplikasi akuntansi gratis yang satu ini.

Umumnya, orang-orang menggunakan aplikasi ini untuk mengeluarkan invoice, mengelola laporan keuangan bisnisnya, dan memantau pengeluaran yang telah terjadi sebelumnya. Namun, tak banyak orang yang tahu bahwa sebenarnya Akaunting juga memiliki beberapa fitur menarik lainnya.

Fitur-fitur ini hanya bisa digunakan oleh para pengguna Akaunting dan tersedia secara gratis. Oleh karena itu, seiring berjalannya waktu jumlah pengguna aplikasi Akaunting semakin meningkat, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

7. BukuKas

Hampir sebagian besar pelaku usaha di Indonesia pasti akan langsung mengingat nama aplikasi yang satu ini saat membahas tentang aplikasi pengelolaan keuangan bisnis gratis. Sebab, BukuKas menyediakan berbagai jenis fitur unggulan untuk mencatat transaksi dan menerima uang dari bank.

Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana dan membuat para pemula lebih mudah untuk mengelola keuangan bisnisnya. Sampai saat ini jumlah pengguna BukuKas terhitung mencapai 5 juta lebih dan sebagian besar di antaranya berasal dari pemilik UMKM.

Menariknya, BukuKas tidak hanya bisa digunakan untuk membuat dan mengeluarkan invoice secara akurat saja, tapi aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengirim invoice via aplikasi Whatsapp. Jadi, hubungan antara pemilik usaha, pemasok, dan pelanggan dapat lebih baik lagi.

Dapat dilihat dari penjelasan di atas bahwa masing-masing software accounting gratis ini memiliki keunggulan tersendiri. Ada beberapa aplikasi yang menyediakan fiturnya secara gratis sepenuhnya, tapi ada yang menyediakan fitur berbayar juga. Jadi, pilih salah satu yang paling sesuai kebutuhan.

Baca juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer