Apakah Telegram Boros Kuota? Ini Faktanya

Apakah Telegram Boros Kuota

Apakah Telegram Boros Kuota – Telegram menjadi aplikasi chatting paling populer saat ini. Bahkan banyak pihak yang menyebutkan bahwa Telegram akan mengalahkan popularitas WhatsApp karena fiturnya lebih lengkap. Namun ada satu pertanyaan yang menarik, apakah Telegram boros kuota?

Pertanyaan tersebut kerap terlontar dari orang-orang yang setiap hari lebih banyak menggunakan kuota internet daripada Wi-Fi.

Mereka harus membeli kuota internet lebih banyak apabila Telegram terbukti boros. Namun, benarkah demikian? Simak jawabannya hanya di sini.

Apakah Telegram Boros Kuota?

Sebelum berbicara tenang penggunaan kuota, perlu Anda pahami sebelumnya bahwa Telegram menggunakan cloud storage atau penyimpanan awan. Hal ini memungkinkan para penggunanya mengirim file berukuran besar, sampai 1,5 GB.

Dengan cloud storage, penyimpanan internal ponsel juga bisa lebih dihemat. Pasalnya, tidak semua data Telegram disimpan di ponsel secara langsung.

Namun penggunaan penyimpanan cloud storage tersebut rupanya lebih boros kuota internet dibandingkan aplikasi sejenis.

Namun hal ini juga tidak bisa dipukul rata karena boros atau tidaknya kuota tetap bergantung pada pemakaian pengguna.

Penyebab Telegram menjadi boros kuota adalah adanya opsi download otomatis yang tidak disadari oleh pengguna.

Pasalnya, media yang didownload otomatis tidak akan tersimpan ke internal storage kecuali pengguna memilih opsi tersebut.

Terlebih ketika pengguna bergabung dengan banyak grup sekaligus, jumlah file atau media yang didownload otomatis pun semakin banyak. Hal ini akan membuat kuota lebih boros.

Cara Agar Telegram Lebih Hemat Kuota

Kalau Anda merasa Telegram lebih boros kuota, hal tersebut bisa diatasi dengan beberapa langkah yang akan dibagikan di bawah ini.

Matikan Opsi Download Otomatis

Seperti yang sudah Anda ketahui, salah satu faktor yang membuat Telegram sangat boros kuota adalah fitur download otomatis. Untuk mematikan opsi tersebut, Anda bisa ikuti tutorial berikut:

  1. Buka Telegram lalu klik burger icon yang ada di kiri atas untuk menampilkan menu.
  2. Klik pada Settings.
  3. Setelah itu, pilih Data and Storage.
  4. Langkah yang terakhir yaitu mengeklik toggle pada opsi Automatic media download, lebih tepatnya di opsi When using mobile data. Pastikan opsi tersebut tidak aktif.

Kurangi Menonton Film di Telegram

Menonton film di Telegram memang lebih menyenangkan karena gratis. Pilihan film yang beragam juga membuat orang betah berlama-lama di Telegram. Namun menonton film juga membuat kuota Anda lebih cepat habis.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya Anda mengurangi frekuensi menonton film di Telegram menggunakan data seluler.

Keluar dari Grup

Langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah keluar dari grup, terutama yang kurang penting. Semakin banyak grup dan channel yang diikuti, kemungkinan akan semakin media yang didownload, termasuk stiker. Untuk lebih hemat kuota, sebaiknya Anda bergabung di grup yang penting saja.

Penjelasan di atas sudah menjawab pertanyaan “apakah Telegram boros kuota?” Jawabannya adalah tergantung pemakaian. Pengguna juga bisa membatasi penggunaan data agar tidak terlalu boros.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!