Aplikasi Akuntansi Berbasis Web Gratis yang Bisa Anda Coba

Miftah

Aplikasi Akuntansi Berbasis Web

Istilah aplikasi akuntansi berbasis web gratis mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Namun, istilah ini sudah sering dibahas dalam dunia bisnis, karena dapat menjadi solusi terbaik bagi para pelaku usaha yang akan membuat laporan keuangan secara rutin pada perusahaannya.

Pengertian dari aplikasi akuntansi itu sendiri adalah sebuah sistem yang dapat mencatat transaksi keuangan pada komputer dan bisa disesuaikan dengan jenis usaha masing-masing. Jadi, aplikasi ini juga bisa menganalisis laporan keuangan yang digunakan untuk mengontrol keuangan bisnis.

Seperti yang sudah banyak orang tahu, laporan keuangan merupakan salah satu aspek terpenting dalam dunia bisnis yang harus dibuat dan dianalisis dengan sebaik mungkin. Maka dari itu, orang-orang perlu mengetahui juga tentang apa yang dimaksud dengan aplikasi akuntansi php (berbasis web) ini.

Apa Itu Aplikasi Akuntansi Berbasis Web Gratis?

Aplikasi akuntansi berbasis web merupakan sebuah aplikasi yang menggunakan bahasa pemrograman framework codeigniter dan database mysql. Biasanya, para pelaku usaha menggunakan aplikasi ini untuk mengelola akuntansi keuangan perusahaannya secara lebih mudah.

Maka dari itu, aplikasi akuntansi berbasis web biasanya dilengkapi dengan fitur-fitur seperti login admin, buku besar, jurnal pembelian, jurnal penjualan, jurnal penerimaan kas, jurnal pengeluaran kas, dan fitur-fitur penting seperti ini lainnya. Berbagai fitur penting ini dapat digunakan secara gratis.

Sebab, sekarang sudah ada banyak aplikasi akuntansi berbasis web gratis yang bisa digunakan oleh para pelaku usaha di Indonesia. Selain gratis, masih ada beberapa kelebihan lainnya yang dimiliki oleh aplikasi ini seperti mudah, bisa digunakan kapan saja, dan tidak memiliki batas waktu tertentu.

Cara kerja aplikasi akuntansi online gratis berbasis web ini adalah server akan mengenkripsi dan melindungi semua data yang tersimpan di dalamnya dengan lapisan keamanan yang lebih kuat. Dengan begitu, sistem dapat melakukan backup data secara otomatis dan lebih teratur.

Panduan Instalasi Source Code Aplikasi Akuntansi Berbasis Web Gratis

Saat ini sudah ada banyak source code aplikasi akuntansi berbasis web yang dapat digunakan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia. Source Code aplikasi ini akan berjalan dengan lancar jika dipasang dengan cara yang tepat, yaitu:

  • Download dan install terlebih dahulu aplikasi Xampp di komputer, kemudian ekstrak file-nya menggunakan aplikasi yang sudah terpasang di perangkat yang sama.
  • Salin folder “Akuntansi” dan tempelkan pada bagian folder “htdocs”.
  • Aktifkan fitur “Apache” dan “MySQL” pada aplikasi Xampp, lalu buka aplikasi browser untuk masuk ke alamat localhost/phpMyAdmin.
  • Buat database dengan nama “Akuntansi” dan impor database yang ada ke folder tersebut.
  • Masukkan alamat “localhost/akuntansi” untuk menjalankan projek tersebut.
  • Kemudian, masuk dengan username Admin” dan kata sandi “Admin” juga.

3 Rekomendasi Software Akuntansi Online Gratis

Beberapa aplikasi yang akan kami sebutkan di sini dapat digunakan oleh para pelaku usaha, baik yang berskala kecil maupun besar, untuk membuat dan menganalisis laporan keuangan secara gratis. Jadi, pelaku usaha dapat lebih menghemat pengeluaran bisnisnya.

Setiap aplikasi akuntansi berbasis web ini akan menggunakan teknologi seperti JavaScript, PHP, mysql, dan AJAX untuk menghasilkan data yang lebih akurat. Meski sudah ada banyak perusahaan yang menggunakan aplikasi ini, tapi tidak semua orang tahu beberapa rekomendasi aplikasinya, yaitu:

1. Bokio

Rekomendasi aplikasi akuntansi berbasis web gratis yang pertama adalah Bokio. Bokio merupakan aplikasi akuntansi berbasis web yang berasal dari Swedia, tapi sudah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari jumlah penggunanya yang selalu meningkat.

Salah satu alasan kenapa Bokio sering direkomendasikan oleh banyak orang adalah karena aplikasi ini menyediakan fitur seperti pembuatan laporan keuangan otomatis, manajemen pengeluaran yang akurat, dan pembuatan invoice secara teratur. Semua fitur di dalamnya bisa dipakai secara gratis.

2. Zoho Books

Hal yang menarik dari aplikasi akuntansi satu ini adalah Zoho Books tidak hanya sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar dan kecil saja, tapi aplikasi ini juga sering digunakan oleh pekerja lepas yang harus membuat laporan keuangan secara rutin. Tentu itu bisa menjadi daya tarik aplikasi tersebut.

Meski aplikasi ini juga bisa digunakan oleh suatu perusahaan besar, tapi Zoho Books akan lebih cocok dipakai oleh perusahaan menengah dan mikro (UMKM), karena perusahaan ini tidak membutuhkan software akuntansi yang terlalu rumit. Jadi, Zoho Books bisa cocok untuk perusahaan tersebut.

Beberapa fitur yang ada di dalam aplikasi ini adalah otomatisasi, faktur, alat pelacak, dan lain sebagainya. Dengan kelengkapan fitur yang ada di dalamnya, Zoho Books sering dijadikan sebagai solusi terbaik oleh beberapa perusahaan di Indonesia untuk membuat laporan keuangan yang akurat.

3. Mind Your Own Business (MYOB)

Aplikasi akuntansi terakhir yang sudah banyak digunakan di Indonesia adalah Mind Your Own Business atau biasa disingkat MYOB. Aplikasi komputer akuntansi ini menyediakan fitur gratis selama 14 hari untuk para penggunanya, sehingga para pelaku usaha bisa memanfaatkannya dengan baik.

Sudah ada banyak orang yang menggunakan aplikasi ini untuk mencatat transaksi dan membuat pembukuan akuntansi secara lebih cepat dan akurat. Namun, ada banyak orang yang mengatakan bahwa MYOB lebih cocok dipakai oleh perusahaan-perusahaan menengah ke bawah.

Hal ini terjadi karena aplikasi MYOB dapat membuat data-data keuangan secara lebih lengkap dan otomatis yang tentunya dapat memberikan manfaat tersendiri kepada perusahaan yang memakainya.

Maka dari itu, tak perlu heran jika ada banyak pelaku usaha yang merekomendasikan aplikasi ini. Aplikasi akuntansi berbasis web gratis memang memiliki banyak fitur yang dapat membantu para pelaku usaha dalam membuat laporan keuangan yang lebih akurat. Untuk itu, para pelaku usaha harus memahami tentang hal ini dengan sebaik mungkin.

Baca juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer