Aplikasi Bawaan Oppo yang Boleh Dihapus dan Tidak

Aplikasi Bawaan Oppo yang Boleh Dihapus

Ketika Anda membeli HP Oppo yang masih baru, nantinya ketika membuka HP tersebut akan ditemui beberapa aplikasi yang sudah terinstall sendiri. Itu namanya aplikasi bawaan, otomatis ada meski HP yang kita gunakan masih baru tidak pernah dipakai orang. Dari beberapa aplikasi bawaan tersebut, ada aplikasi bawaan HP Oppo yang boleh dihapus dan tidak boleh dihapus.

Menghapus aplikasi bawaan sendiri tidak akan membuat HP rusak. Kebanyakan orang memang sengaja menghapus aplikasi bawaan karena aplikasi tersebut membuat penyimpanan penuh atau aplikasi tersebut tidak berguna.

Jika Anda penasaran aplikasi bawaan apa saja yang boleh dihapus, Anda sebenarnya bisa mengeceknya sendiri dengan cara berikut.

  • Masuk ke layar menu HP Anda
  • Tekan lalu tahan aplikasi yang ingin dihapus sampai muncul beberapa pilihan opsi
  • Pilih opsi ‘Info Aplikasi’, setelah itu Anda akan menuju tombol uninstall
  • Ada 2 tombol yang bisa Anda tekan, yaitu ‘Paksa Berhenti’ dan ‘Copot Pemasangan’ atau uninstall
  • Jika tombol ‘Uninstall’ bisa ditekan, itu berarti aplikasinya boleh dihapus
  • Sementara jika tidak bisa ditekan, sebaiknya jangan Anda hapus

Contoh aplikasi bawaan Oppo yang tidak bisa dihapus adalah aplikasi Cuaca. Anda cuma bisa memaksanya berhenti berfungsi, tapi alangkah baiknya tidak Anda lakukan.

Aplikasi yang tidak bisa kita hapus sangat bermanfaat untuk kita. Bila aplikasi yang tidak bisa dihapus Anda paksa hapus, bisa jadi nanti malah merugikan Anda.

Meskipun ruginya tidak membuat HP rusak. Pada akhirnya, ini kembali lagi pada diri anda sendiri, penting atau tidak kah aplikasi tersebut.

Aplikasi Bawaan HP Oppo yang Boleh Dihapus

Dan untuk lebih jelasnya lagi, berikut adalah beberapa aplikasi bawaan HP Oppo yang boleh dihapus.

  1. Oppo App Market
  2. Recorder
  3. Compas
  4. Radio
  5. Kalkulator
  6. Clone Phone
  7. Browser Bawaan Oppo
  8. Maps
  9. Google Music
  10. Google Chrome
  11. Duo
  12. Google Play Movies and TV
  13. Email
  14. Tema
  15. Google Foto

Dan masih banyak lagi. Semakin sedikit aplikasi, semakin ringan HP Anda karena tidak memakan banyak ruang penyimpanan.

Di HP Oppo ada yang namanya folder yang mengelompokkan aplikasi-aplikasi atau game-game apa saja yang sering dipakai. Bila Anda tipe orang minimalis yang tidak membutuhkan banyak aplikasi tersimpan di dalam ponsel, Anda bisa menghapus aplikasi-aplikasi yang jarang Anda gunakan tersebut supaya penyimpanan tidak terbuang.

Aplikasi Bawaan HP Oppo yang Tidak Boleh Dihapus

Selain itu, ada 3 aplikasi yang sebaiknya tidak Anda hapus. Jumlah ini bisa bertambah, tapi yang penting 3 aplikasi Oppo ini tidak boleh dihapus:

  1. Telepon

Aplikasi ini bisa membuat ponsel Anda melakukan panggilan. Meskipun sekarang kita lebih banyak memakai aplikasi WhatsApp, tapi tetap saja aplikasi ini tidak boleh dihapus bagaimanapun keadaannya.

  1. Call Setting

Aplikasi ini memiliki fungsi untuk melakukan pengaturan yang berhubungan dengan panggilan. Seperti: waiting call dan forwarding call. Jika aplikasinya dihapus, fungsi tersebut tidak bisa berjalan.

  1. Layanan Google Play

Google Play dan Layanan Google Play ini terpisah. Aplikasi milik Google tersebut jika diperiksa memang memakan banyak tempat, selain itu membuat baterai panas dan cepat habis (dampak jika spek HP tidak mendukung).

Kegunaannya sendiri adalah memanage semua aplikasi-aplikasi Google, dan kegunaan paling utama adalah mengupdate aplikasi-aplikasi Google yang terpasang di HP kita.

Intinya, jika Layanan Google Play dihapus, kita akan kesusahan membuka aplikasi-aplikasi milik Google karena tidak terupdate tersebut.

Selain ketiga aplikasi itu, masih ada aplikasi yang lain.

Dan itulah beberapa aplikasi bawaan HP Oppo yang boleh dihapus dan tidak boleh dihapus. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *