Aplikasi SAGIS Kemensos Apk: Download dan Cara Menggunakan

SAGIS Kemensos

Pemerintah Indonesia selalu mengusahakan hal yang terbaik untuk rakyatnya. Salah satu inovasi yang dilakukan oleh pemerintah dalam mengatasi permasalahan sosial adalah dengan membuat aplikasi SAGIS.

Aplikasi ini diluncurkan oleh Kementrian Sosial Republik Indonesia dengan nama lengkap Social Affair Geographic Information System. Dengan aplikasi SAGIS, nantinya data akan mudah diintergrasikan dari jarak jauh.

Sebenarnya, apa itu aplikasi SAGIS dan bagaimana cara menggunakannya? Simak penjelasan selengkapnya terkait informasi aplikasi SAGIS dibawah ini.

Apa Itu Aplikasi SAGIS?

Aplikasi SAGIS atau Social Affair Geographic Information System adalah sebuah aplikasi yang diluncurkan oleh Kemensos atau Kementrian Sosial Indonesia.

Aplikasi ini dirilis untuk mendata target survey dari Kementrian Sosial. Bagi Anda yang memiliki tanggung jawab sebagai petugas lapangan, maka Anda harus memahami cara kerja aplikasi SAGIS.

Fungsi Aplikasi SAGIS

Sebelumnya sudah dikatakan bahwa aplikasi SAGIS berfungsi untuk alat mendata target. Nantinya, survey yang dilakukan oleh petugas lapangan terpilih akan disubmit melalui aplikasi SAGIS. Keberadaan aplikasi SAGIS ini dilakukan agar survey dapat lebih mudah diintergrasikan. Untuk itulah, penting bagi petugas lapangan terpilih untuk menguasai aplikasi SAGIS ini.

Download Aplikasi SAGIS

Aplikasi SAGIS sangat mudah untuk Anda download karena sudah tersedia di Google Play Store. Silahkan ketikkan keyword SAGIS pada kolom pencarian. Anda bisa mengunduh aplikasi bernama SAGIS Kemensos. Bila sudah menemukan aplikasinya, silahkan klik install.

Jika Anda kesulitan menemukan aplikasi SAGIS atau takut mengunduh aplikasi yang salah, Anda bisa mencoba mengunduhnya melalui link berikut ini.

Syarat Mengunduh Aplikasi SAGIS

Untuk bisa mengunduh dan memasang aplikasi SAGIS di ponsel Anda, maka Anda harus memenuhi beberapa syarat terlebih dahulu.

  • Pertama, Anda harus menggunakan perangkat Android dengan sistem operasi 5.0 keatas.
  • Kedua, pastikan Anda memiliki ruang yang cukup untuk menginstall aplikasi.
  • Ukuran file aplikasi SAGIS adalah 16 MB, tidak terlalu besar sehingga tidak akan membuat ponsel Anda mengalami lagging.

Bila sudah memenuhi syarat, Anda bisa langsung mengunduh aplikasinya.

Cara Menggunakan Aplikasi SAGIS

Tampilan user interface aplikasi SAGIS sangatlah sederhana sehingga mudah dimengerti dan dijalankan.

Tetapi bila Anda masih merasa kesulitan untuk menggunakan aplikasi ini, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  1. Buka aplikasi SAGIS lalu buat akun terlebih dahulu. Anda bisa memasukkan username dan password yang sudah diberikan oleh admin ketika login.
  2. Silahkan input Nomor Induk Kependudukan Anda dan klik tombol proses data. Jangan lupa untuk menyalakan lokasi atau GPS ketika menggunakan aplikasi SAGIS.
  3. Anda akan diberikan beberapa pertanyaan survey. Isilah dengan jawaban yang sesuai kondisi di lapangan.
  4. Anda akan melihat hasil rekapitulasi hasil jawaban survey.
  5. Pilih jenis pekerjaan sesuai dengan pekerjaan yang Anda lakukan di lapangan.
  6. Klik menu Ambil Gambar lalu ambil foto sesuai perintah dan keterangan.
  7. Klik tombol clear dan gambar akan disesuaikan dengan koordinat GPS yang Anda miliki.
  8. Apabila semua data sudah dimasukkan, klik tombol simpan data.

Selesai, Anda sudah bisa menggunakan aplikasi SAGIS sesuai dengan kepentingan atau kebutuhan Anda. Pastikan Anda sudah memiliki jawaban dari pertanyaan survey yang ditanyakan.

Itu dia penjelasan dan informasi terkait aplikasi SAGIS dan bagaimana cara menggunakannya. Apabila Anda berkepentingan menggunakan aplikasi ini, maka langsung saja ikuti petunjuk diatas. Selamat mencoba.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.