Berikut Link Surat Pernyataan Gagal 3 Kali Prakerja

Link Surat Pernyataan Gagal 3 Kali Prakerja

Link Surat Pernyataan Gagal 3 Kali Prakerja – Mencari pekerjaan memang tidak mudah. Terlebih lagi di masa pandemi, semua serba sulit. Banyak karyawan yang terpaksa dirumahkan karena situasi perusahaan yang tidak memungkinkan.

Menilai dampak negatif pandemi di sisi pekerjaan bagi warga Indonesia, pemerintah membuat sebuah program yang bernama Kartu PraKerja.

Program Kartu PraKerja bertujuan untuk membantu pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan warga negara dalam usia produktif.

Orang yang boleh mengikuti program ini adalah orang berusia produktif yang terdampak PHK, belum mendapatkan pekerjaan, penggerak UMKM dan pekerja dengan skill yang masih kurang.

Hingga kini, program Kartu PraKerja sudah berjalan hingga gelombang ke 14. Bagi peserta yang lolos seleksi, maka pengumuman akan diberitahukan secara langsung melalui nomor telepon.

Bagi Anda yang tidak lolos, maka Anda bisa mencobanya lagi di gelombang berikutnya. Meski demikian, pemerintah membuat aturan baru dimana peserta yang tidak pernah lolos sebanyak 3 kali percobaan (dalam 3 gelombang yang berbeda), bisa mengajukan surat pada manajemen kartu PraKerja.

Surat Pernyataan Gagal Tiga Kali Prakerja

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat surat pernyataan gagal sebanyak tiga kali. Surat ini memiliki elemen yang kurang lebih sama seperti surat pernyataan pada umumnya.

Anda akan diminta untuk menuliskan Nama lengkap, NIK, Alamat, Nomor Telepon, dan Email. Pastikan saat mengisi data pribadi, Anda mengisikannya dengan benar sesuai dengan e-KTP.

Keterangan berikutnya akan menunjukkan bahwa Anda adalah WNI berusia diatas 18 tahun dan tidak sedang sekolah. Tidak hanya itu, di poin nomor 4 akan tertulis bahwa Anda bukan bagian dari beberapa pekerjaan dibawah naungan pemerintah secara langsung.

Di poin terakhir, Anda akan menulis pernyataan bahwa Anda sudah mengikuti pendaftaran Kartu PraKerja secara daring selama minimal 3 kali berturut-turut, tetapi belum lolos.

Surat pernyataan tersebut harus dilampirkan beserta dengan materai 6000. Untuk template surat, Anda bisa mengunduhnya disini.

Pengiriman Surat Pernyataan

Setelah Anda membuat surat tersebut, silahkan mengirimkannya secara langsung ke alamat email kepesertaan@prakerja.go.id.

Pastikan Anda menggunakan email yang sudah Anda daftarkan melalui website PraKerja ya. Apabila data yang Anda tulis dalam pernyataan cocok, maka petugas akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Pendaftaran Kembali

Jika pendaftaran gelombang baru sudah dibuka, Anda harus tetap mendaftar sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Surat pernyataan tidak menjamin bahwa Anda akan lolos, tetapi surat tersebut bisa membuat peluang Anda untuk lolos semakin besar. Apabila sudah mendaftarkan diri, maka peserta kartu PraKerja hanya perlu menunggu hingga ada kabar berikutnya.

Baca juga:

Jika akun PraKerja Anda sudah lama tidak digunakan, maka Anda akan disarankan untuk melakukan update akun. Anda hanya perlu mengisikan data diri lengkap dan mengikuti petunjuk hingga tampilan dasbor kembali seperti semula. Selamat mencoba dan semoga lolos!

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!