Cara Melihat Jadwal Pelatihan Prakerja Dengan Mudah

Cara Melihat Jadwal Pelatihan Prakerja

Cara Melihat Jadwal Pelatihan Prakerja – Pernahkah Anda mendengar tentang nama program Kartu Prakerja? Kartu Prakerja adalah sebuah program yang diberikan oleh pemerintah untuk memfasilitas pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan rakyat Indonesia.

Orang yang bisa mengikuti program ini adalah para job seeker atau pencari kerja, pekerja atau buruh yang terdampak oleh PHK atau pekerja yang masih bekerja tetapi membutuhkan peningkatakn kompetensi diri.

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh penerima kartu prakerja, seperti:

  • Sertifikat

Penerima kartu prakerja bisa mengikuti beberapa pelatihan yang ditawarkan dalam program. Apabila sudah berhasil menyelesaikan pelatihannya, maka peserta bisa mendapatkan sertifikat tanda selesai mengikuti pelatihan.

  • Insentif

Peserta kartu prakerja juga akan mendapatkan insentif berupa uang tunai total 3,5 juta rupiah. Dana ini terbagi atas bantuan pelatihan sebesar 1 juta dan insentif per bulan 600 ribu rupiah.

Cara Melihat Jadwal Pelatihan Prakerja

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mendapatkan pelatihan adalah hak peserta kartu prakerja. Kelas bisa dipilih dengan bebas sesuai dengan kebutuhan dan minat.

Apabila Anda sudah memilih kelas pelatihan, maka Anda bisa segera mengikutinya. Pastikan bahwa Anda bisa menyesuaikan diri dengan jadwal yang ada.

Masuk Dashboard

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke dashboard akun kartu prakerja. Setelah itu, Anda akan melihat pilihan menu ‘Pelatihan Saya’.

Klik menu tersebut. Dalam menu tersebut, akan tertera pelatihan yang Anda ikuti.

Cek email dari Platform Pelatihan

Langkah berikutnya adalah membuka tab baru dan buka email Anda. Setelah itu, carilah email dari Platform pelatihan yang sebelumnya sudah Anda pilih.

Anda bisa menggunakan tab search untuk mempermudah pencarian. Dalam email tersebut akan tersedia link untuk mengantarkan Anda ke website instansi pelatihan.

Ada beberapa instansi pelatihan yang bekerja sama dengan Prakerja, seperti Skill Academy, Kemanker, Pintaria dan banyak lainnya.

Registrasi di Website

Dalam website tersebut, Anda harus mendaftarkan akun baru bila belum pernah membuat. Ikuti saja langkah yang ada dan isi data diri dengan benar. Jika sudah, refresh website dan klik login dengan akun yang baru saja Anda buat.

Tukar Voucher

Sebelumnya Anda pasti sudah tahu cara membeli voucher dari platform pelatihan. Setelah login, Anda bisa menukarkan voucher tersebut. Bila Anda sudah menukarkan voucher, akan muncul tampilan kelas yang bisa Anda ikuti.

Mengikuti Kelas

Jika sudah mantap untuk memilih kelas, klik jadwal kelas tersebut. Tampilan websitenya akan menunjukkan jadwal dan materi pelatihan yang bisa Anda tonton.

Baca juga:

Sangat mudah bukan? Itu dia cara melihat jadwal pelatihan yang disediakan oleh program Prakerja untuk Anda. Ikutilah pelatihan dengan serius agar Anda bisa mendapatkan output yang maksimal dan membanggakan.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!