Apa Penyebab Gagal Unggah Foto KTP di Prakerja?

Penyebab Gagal Unggah Foto KTP di Prakerja

Siapa yang tidak jengkel saat proses upload foto ktp di prakerja selalu gagal? Bahkan walau di ulang-ulang sampai berapa kalipun hasilnya tetap sama, selalu muncul keterangan “Gagal mengunggah file foto KTP, silahkan unggah ulang”.

Buat yang belum tau, prakerja adalah program pemerintah untuk memberikan intensif berupa uang sebesar 600 ribu yang diberikan setiap bulan selama 4 bulan, jadi kalau di total adalah Rp 2.400.000.

Belum lagi kita akan mendapatkan pelatihan gratis yang bisa dipilih dari berbagai program pelatihan yang ada. Setiap orang tentu saja tertarik untuk mengikuti program ini, siapa yang tidak mau dapat pelatihan gratis beserta uang bukan?

Penyebab Gagal Unggah Foto KTP di Prakerja

Penyebab gagal uanggah foto ktp di Prakerja karena server yang tidak bisa memproses banyak permintaan yang dilakukan oleh pendaftar. Pastinya situs tersebut mengalami lonjakan trafik yang tinggi akibat pembukaan pendaftaran gelmobang 11 pada tanggal 2 november lalu.

Saya sendiri sudah beberapa kali mencobanya, bahkan mungkin sudah terhitung berapa kali saya submit foto ktp dengan ukuran yang sudah ditentukan dan memenuhi syarat yaitu format JPEG/PNG dengan size foto tidak lebih dari 2 MB.

Jadi saya tarik kesimpulan kesalahan ini bukan karena laptop atau dari diri saya sendiri, tapi karena memang dari website atau server prakerja yang sedang mengalami gangguan hingga tidak dapat memproses setiap permintaan yang berlangsung.

Solusi Gagal Unggah File KTP Prakerja

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut, tips ini saya dapatkan dari teman yang sudah beberapa kali lolos mendaftar prakerja menggunakan banyak ktp keluarganya.

1. Daftar Tengah Malam

Untuk menghindari proses antrian pendaftaran yang ramai, solusi terbaik adalah memang dengan memanfaatkan waktu yang sepi dimana dalam hal ini biasanya tidak akan ada yang mendaftar atau sedikti sekali karena jam istirahat.

Anda bisa mencoba mendaftar mulai jam 11 malam sampai dini hari atau tepatnya jam 4 pagi. Namun menurut teman saya sendiri, jam 2 adalah waktu terbaik untuk mendaftar.

Kalau Anda punya aktivitas lain di pagi hari, jangan sampai begadang. Cukup aktifkan saja alarm pada jam 1.30 lalu siapkan berkas-berkas yang diperlukan seperti alamat dan foto ktp.

2. Ukuran Foto KTP

Prakerja sendiri memberikan batas maksimal ukuran foto ktp yaitu tidak lebih dari 2 MB. Padahal kalau kita memfoto lewat hp, pasti ukurannya akan lebih dari 2 MB bahkan bisa saja 3 MB.

Solusinya Anda bisa gunakan aplikasi edit foto yang sudah ada di ponsel Anda, silahkan crop bagian yang tidak penting dan pastikan ukurannya sesuai dengan yang ada pada contoh di website prakerja.

Solusi Gagal Unggah File KTP Prakerja

Jika ukuran file masih lebih dari 2 MB, silahkan gunakan aplikasi kompres foto yang ada di hp atau juga bisa dengan menggunakan Photoshop dengan cara buka foto lalu pilih Save for Web.

Dengan begitu ukuran foto ktp Anda akan di optimalkan seperti yang dibutuhkan oleh web. 2 MB itu hanya patokan, kalau bisa lebih kecil lagi misalnya tidak sampai 1 MB malah lebih bagus lagi karena dapat mempercepat proses upload. Namun usahakan foto ktp tetap jelas ya!

3. Pastikan Koneksi Stabil

Koneksi menjadi hal yang penting saat proses unggah foto ktp di Prakerja. Kecepatan serta kestabilan data akan memudahkan dalam upload foto dari penyimpanan ponsel ke website.

Saya sendiri lebih merekomendasikan koneksi wifi, karena lebih cepat dan stabil. Namun jika tidak memungkinkan, Anda tetap dapat menggunakan jaringan data seperti 4G yang stabil dan juga cepat.

Pastikan Anda menggunakan operator seluler yang memang sudah terbukti kualitas jaringannya dan yang paling penting adalah tidak lemot di tempat Anda.

4. Lakukan Setiap Waktu

Jika semua hal diatas sudah dilakukan dengan benar namun masih saja gagal upload foto ktp prakerja, maka solusi terakhir yang bisa dilakukan adalah mencoba upload foto setiap waktu.

Artinya lakukan upload foto secara berulang-ulang sampai berhasil, ini adalah solusi terakhir mengingat memang saat ini pendaftaran prakerja sangalah sulit karena banyak juga orang yang mendaftarnya.

Agar lebih memudahkan Anda dalam melakukan hal ini, silahkan gunakan browser Chrome dan jangan tutup tab, lakukan pengunggahan foto ktp secara berulang-ulang sampai berhasil.

Kesimpulan

Usaha dan berbagai cara sudah dilakukan namun belum memberikan hasil? Berarti memang belum rejeki, Anda bisa mengikuti kembali gelombang 12 selanjutnya jika sudah dibuka kembali.

Seperti yang sudah saya bilang diatas bahwa penyebab gagal unggah foto ktp di prakerja saat ini memang disebabkan oleh websitenya, jadi kita hanya bisa bergantung pada website tersebut sampai pulih dan melakukan beberapa tips diatas.

Namun kita juga tidak bisa menyalahkan website pemerintah yang kinerjanya sangat parah, karena memang untuk menghandle ribuan bahkan jutaan request membutuhkan spesifikasi server dan juga kode program yang baik.

Baca juga: Kenapa Uang Insentif Prakerja Gagal Cair?

Saya sendiri sudah melakukan proses upload foto ktp prakerja sejak pertama dibuka dan sampai saat ini belum juga berhasil, ada yang juga mengalami hal sama?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *