15 Tugas Staff Administrasi Finance dan Besar Gajinya

Tugas Staff Administrasi Finance

Tugas Staff Administrasi Finance itu banyak. Tapi secara garis besar tugasnya mengurus arus masuk dan keluar uang perusahaan. Lebih tepatnya, fokus kerjanya lebih kepada pencarian, pengelolaan, pengalokasian uang dan melakukan pembayaran-pembayaran yang dilakukan perusahaan.

Finance berbeda dengan Accounting, jika Finance mengurus uang pemasukan dan pengeluaran uang alias langsung bersentuhan dengan uang tersebut, kalau Accounting hanya mencatat, dan melakukan ikhtisar serta mengelompokkan berbagai transaksi yang dilakukan perusahaan. Jadi jangan salah.

Finance berhubungan langsung dengan uang serta segala kegiatan di dalamnya, sementara Accounting hanya bertugas mencatat dan menulis semua transaksi masuk dan keluar.

Tugas Staff Administrasi Finance yang Perlu Diketahui

Segala hal yang berhubungan dengan uang masuk dan keluar itu banyak. Contoh-contoh tugasnya adalah sebagai berikut:

Membuat Perencanaan Keuangan Perusahaan

Mengatur uang masuk dan keluar, bukan berarti membebaskan para Staff Administrasi Finance membelanjakan uang perusahaan seenaknya. Tapi ada rencananya juga. Supaya uang yang dikeluarkan terarah dengan baik dan tidak rugi.

Perencanaan keuangan perusahaan ini bisa berbentuk, rencana peminjaman, rencana uang kas masuk dan uang kas keluar, rencana pembayaran utang yang sudah jatuh tempo, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga akan diminta membuat laporan keuangan.

Mengatur Arus Uang Milik Perusahaan

Anda akan langsung berurusan dengan ‘uang’ milik perusahaan. Segala hal yang ada sangkut pautnya dengan aktivitas keuangan: membuka rekening baru, menentukan jumlah uang yang disetor ke rekening perusahaan tersebut, hingga mencatat seluruh arus uang masuk dan keluar. Semua diatur oleh Staff Adminsitrasi Finance.

Menyusun Kebijakan Uang Anggaran

Menyusun kebijakan uang anggaran, artinya Anda harus berkomunikasi dengan devisi lain kemudian mencari tahu besar kebutuhan anggaran yang akan dihabiskan. Anda juga harus menentukan Return of Investment atau hak bertanya atas hasil yang didapatkan dari pengajuan anggaran tadi.

Masih ada banyak lagi tugas-tugas Staff Administrasi Finance. 3 tugas di atas adalah tugas dasar, masih banyak tugas-tugas kecil lainnya yang akan kami paparkan sebagai berikut:

  1. Menyusun keuangan perusahaan
  2. Menginput semua transaksi yang terjadi ke dalam program
  3. Berhubungan dengan pihak-pihak dalam maupun luar yang memiliki keterkaitan atas arus masuk-keluar keuangan perusahaan
  4. Melakukan transaksi menggunakan uang perusahaan
  5. Melakukan pembayaran pada supplier
  6. Mengontrol kesibukan keuangan
  7. Dan membuat laporan keuangannya
  8. Melakukan penagihan uang pada customer
  9. Menerima dokumen dari vendor internal atau eksternal
  10. Mempelajari budget
  11. Melakukan verifikasi pada keabsahan suatu dokumen
  12. Membuat laporan manajemen pada induk perusahaan
  13. Entry SAP
  14. Melakukan accrue pendapatan serta beban
  15. Mempersiapkan dokumen penagihan invoice

Semua tugas ini tak Anda lakukan sekaligus. Tapi ketahuilah bahwa seorang Finance memiliki tanggung jawab besar pada kesehatan arus masuk keluar uang perusahaan.

Ketahui juga: Tugas Administrasi Umum

Lalu berapakah kira-kira gaji seorang Staff Administrasi Finance dari banyaknya tugas tersebut?

Besar Gaji Staff Administrasi Finance

Besar gaji seorang Finance tak bisa disama ratakan. Besar gaji mereka berbeda tergantung perusahaan yang ditempati dan lokasi.

Umumnya gaji mereka sesuai dengan UMR daerah masing-masing. Tapi bisa menjadi besar dan sangat besar jika perusahaan yang Anda tempati bekerja adalah perusahaan besar.

Sementara untuk rata-rata gaji seorang Staff Administrasi Finance berada di angka: Rp 3.843.018

Data itu kami ambil dari situs Indeed.com yang memperkirakan besar gaji seorang Staff Administrasi Finance dari 233 kiriman anonim para pengguna mengenai besar gaji mereka perbulan.

Ada juga yang besar gajinya bisa mencapai 8 juta ke atas seperti yang diberlakukan pada perusahaan PT Pertamina Persero. Jika berdasarkan lokasi, bisa mencapai 5 juta atau lebih. Itu gaji yang berlaku di Palembang. Dan begitulah tugas Staff Administrasi Finance beserta besar gaji mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *