5 Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali dan Jawabannya

Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali dan Jawabannya

Wajar bila Anda bingung mengingat ini adalah pertama kalinya Anda di interview kerja bukan? Pada dasarnya, pertanyaan saat interview sama dengan pertanyaan interview yang lain.

Setiap pemula harusnya mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang interview kerja pertama kali ini, mengingat mereka belum memiliki pengalaman apa-apa di bidang kerja. Paling gampang adalah dengan cara menanyakan langsung kepada orang yang sudah bekerja di sebuah perusahaan.

Tapi supaya lebih paham dan tahu cara jawabannya, berikut adalah pertanyaan interview kerja pertama kali dan jawabannya yang bisa Anda pelajari sebelum resmi diinterview oleh perusahaan.

Baca juga: Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate

Daftar Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali dan Jawabannya Lengkap

Ketika Anda masuk ke dalam ruangan untuk diinterview, pertama-tama recruiter akan memperkenalkan diri mereka dahulu. Setelah mereka berkenalan, barulah recruiter melempari Anda pertanyaan-pertanyaan berikut:

1. Pertanyaan Pertama: Silakan Perkenalkan Diri Anda!

Yang diperkenalkan di sini meliputi: nama, tempat tinggal, usia, anak yang ke berapa dari berapa bersaudara, pekerjaan orang tua Anda, pendidikan terakhir Anda, jurusan, pengalaman PKL, pengalaman organisasi dan hobi.

Untuk contohnya silakan Anda buat jawaban sendiri sesuai dengan identitas diri Anda.

Setelah mengajukan pertanyaan pertama, recruiter akan mengembangkan pertanyaan tersebut bila memungkinkan untuk dikembangkan.

Misalnya:

Adik Anda Kelas Berapa? 1 Tahun Belum Bekerja diisi dengan Aktivitas Apa Saja? Dan lain-lain.

2. Pertanyaan Kedua: Coba Ceritakan Aktivitas Anda dari Bangun Tidur Sampai Tidur Lagi!

Isi aktivitas positif dengan presentase 50-60% untuk kepentingan pribadi, dan sisanya untuk kepentingan umum atau sosial. Misalnya membantu orang tua, mengikuti aktivitas di organisasi atau komunitas sosial.

Contoh:

“Saya bangun jam setengah 5 pagi lalu Shalat Shubuh, kemudian membantu Ibu di dapur, kadang disuruh ke pasar dan membeli beberapa kebutuhan. Agak siangnya, Saya pergi menemui teman-teman, Saya memiliki organisasi pecinta alam di desa tempat Saya tinggal. Kita membahas sesuatu yang berhubungan dengan alam dan berencana untuk keluar kota mendaki gunung-gunung di Indonesia. Lalu malamnya Saya belajar, membaca buku, menulis, mendengarkan video inspirasi di YouTube kemudian tidur.”

3. Pertanyaan Ketiga: Apa Motivasi Anda Mencari Kerja?

Pertanyaan interview kerja pertama kali dan jawabannya berikutnya ini bisa kalian jawab dengan alasan-alasan yang membangkitkan semangat Anda.

Contoh:

Ingin membiayai sekolah adik, menaikkan orang tua pergi Haji, membiayai kuliah, dan masih banyak lagi.

Adapun contoh jawaban salah, jangan sampai Anda tidak memiliki motivasi apapun atau cuma menjawab dengan jawaban seperti ini.

Contoh: ingin memiliki gaji tetap saja, karena Saya tidak ingin menjadi pengangguran, agar Saya memiliki kesibukan.

4. Pertanyaan Keempat: Apa Alasan Anda Memilih Perusahaan Ini daripada Perusahaan yang Lain?

Ada 3 hal penting yang harus Anda utarakan dalam jawaban: jelaskan bahwa Anda tertarik, ceritakan kelebihan perusahaan tersebut, dan jelaskan bahwa skill Anda mampu bekerja di sana.

Jawab dengan jujur tapi jangan melebih-lebihkan agar tidak terlihat membual.

Contoh:

“Saya tertarik bekerja di sini karena perusahaan Bapak/Ibu memiliki budaya kerja yang baik, selalu memiliki ide-ide segar untuk menyajikan produk sesuai dengan keinginan konsumen, dan sebagai konsumen … jujur, pribadi Saya sangat puas dengan pelayanan kalian. Dengan skill Saya yang mampu berkomunikasi dengan baik, Saya harap bisa diterima bekerja di sini dan menjadi bagian dari kalian.”

5. Pertanyaan Kelima: Apa Target Anda untuk 5 Tahun ke Depan?

Ada 3 jawaban yang bisa Anda pilih untuk pertanyaan ini. Yaitu jawaban realistis seperti:

“Saya ingin menikah, memiliki mobil, rumah impian dan selalu mengembangkan skill Saya dan besar di perusahaan ini.”

Atau menggunakan jawaban kedua:

“Saya ingin menjadi manajer, pokoknya terus berkembang sampai Saya bisa mencapai jabatan tertinggi di perusahaan.”

Atau jawaban ketiga dengan menggabungkan kedua jawaban tersebut.

Baca juga: Pertanyaan dan Jawaban Interview Kerja di Alfamart

Masih banyak pertanyaan lainnya yang harus Anda jawab. Cukup persiapkan diri semaksimalkan mungkin, pertanyaan interview kerja pertama kali dan jawabannya selesai sampai di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *