6 Pertanyaan dan Jawaban Interview Kerja di Alfamart

Pertanyaan dan Jawaban Interview Kerja di Alfamart

Setelah memenuhi persyaratan yang Alfamart ajukan, sekarang saatnya Anda membawa surat lamaran kerja kemudian siap-siap di interview oleh mereka. Salah satu tips agar wawancara mendapat kesan yang baik oleh Alfamart adalah Anda harus menjawab pertanyaan dengan jelas, percaya diri, tidak bingung dan gemetar.

Hal ini sangat penting bagi pelamar kerja fresh graduate yang pada umumnya belum berpengalaman dalam hal tersebut. Maka dari itu kita harus mencaritahu apa saja kira-kira pertanyaan dalam wawancara nanti dan kita bisa mempersiapkan jawabannya.

Kami memiliki beberapa pertanyaan dan jawaban interview kerja di Alfamart yang bisa Anda pelajari untuk mempersiapkan diri sebelum mendatangi kantor cabang mereka.

Pertanyaan dan Jawaban Interview Kerja di Alfamart

Ceritakan Mengenai Diri Anda

Hal-hal yang harus Anda jawab antara lain:

  • Menyebut tanggal lahir
  • Menyebut nama sekolah atau kampus terakhir Anda
  • Menyebutkan alamat lengkap
  • Menyebutkan sifat Anda (hati-hati dalam memilih kata, jika salah pengucapan Anda bisa dinilai melebih-lebihkan atau terlalu menyanjung diri sendiri)

Ceritakan diri Anda sesingkat mungkin tapi membuat rekruter paham bagaimana diri Anda. Ceritakanlah sercara jujur tentang diri Anda dan buatlah kesan yang menarik.

Apa Kesibukan Anda Sebelum Melemar Pekerjaan di Sini?

Kebanyakan orang yang melamar pekerjaan di Alfamart adalah lulusan-lulusan baru SMA/Perguruan Tinggi. Yang mana belum memiliki cukup pengalaman kerja, jadi pertanyaan ini bisa Anda isi dengan aktivitas sehari-hari ataupun hobi.

“Kesibukan Saya akhir-akhir ini adalah pergi ke warnet dan mencoba mempelajari Ms. Excel dan menghapal rumus-rumus yang paling sering digunakan. Saya juga memiliki beberapa akun blog dan menulis artikel yang sedang ingin Saya bahas.”

Anda pasti tahu pertanyaan dan jawaban interview kerja di alfamart satu ini sendiri. Tinggal sesuaikan dengan aktivitas Anda masing-masing.

Apakah Anda Memiliki Rencana Melanjutkan Pendidikan dalam 1 Tahun ke Depan?

Pihak Alfmart akan mencaritau apakah kira-kira kalian akan melanjutkan jenjang pendidikan atau tidak. Hal ini tentu menjadi pertimbangan mereka mengingat juga banyak yang kadang hanya bekerja setahun untuk digunakan sebagai modal melanjutkan pendidikan.

Jawab saja seperti ini:

“Ya, Saya akan melanjutkan pendidikan jika diperlukan perusahaan untuk jenjang karir Saya.”

Pertanyaan ini cukup mengecoh, jadi hati-hati. Kalau kalian memiliki rencana kuliah, sebaiknya jangan diutarakan. Tapi katakan saja kalau jikapun Anda melanjutkan pendidikan kuliah, itu gunanya untuk perusahaan.

Intinya perlihatkan diri Anda bahwa melamar kerja di Alfamart bukan main-main tapi serius.

Tujuan Kalian Bekerja di Perusahaan Kita untuk Apa?

Mayoritas orang akan menjawab untuk tujuan membantu orang tua. Itu tidak salah, tapi perusahaan pun tahu bahwa Anda bekerja untuk mencari uang. Jadi, coba katakan hal yang lebih perusahaan butuhkan yang bisa membangun loyalitas Anda kepada perusahaan.

“Tujuan Saya bekerja di perusahaan Bapak/Ibu adalah karena Saya tertarik dengan perusahaan ini, dan Saya berharap bisa benar-benar ikut membantu dan berkontribusi untuk menjadi bagian dari perusahaan ini.”

Dengan begitu pihak perusahaan tau bahwa Anda memang serius untuk bekerja disana dan membangun jenjang karir.

Apa Kemampuan Anda?

Jawab dengan jujur, jangan melebih-lebihkan, jangan merendah, pokoknya katakan saja apa adanya. Jika sedang mempelajari sesuatu, katakan saja apa yang sedang Anda pelajari.

“Saya memiliki kemampuan mengangkat barang berat tanpa kesusahan, teliti, pandai menghitung cepat dan memiliki kemampuan bela diri karena saat sekolah dulu Saya mengikuti ekstra pencak silat. Saya mampu mengoperasikan komputer, dan memahami teknologi sekarang.”

Apalagi di era teknologi ini dibutuhkan kemampuan untuk bisa mengoperasikan komputer dan program-program terkiat kantor seperti microsoft excel, word, powerpoint dan lain-lain. Jadi, ada baiknya kamu mengasah kemampuan dalam hal itu.

Apa Anda Siap Saya Tempatkan di Kota Manapun?

Jangan sekali-kali Anda menolak atau mengungkapakan alasan seperti, Saya tidak memiliki kendaraan, Saya tidak bisa jauh dari orang tua, Saya tidak memiliki kost dan lain-lain.

Bekerja di Alfamart berarti Anda harus siap ditempatkan di mana saja. Sekali saja Anda mengeluh, atau menolak, HRD akan ragu menerima Anda karena Anda tidak sesuai dengan pegawai yang mereka cari.

Maka dari itu, jawablah pertanyaan ini dengan:

“Ya, Saya siap ditempatkan di mana saja sesuai dengan keinginan perusahaan.”

Akan tetapi jika memang tidak bisa meninggalkan kedua orang tua atau misalnya mereka sedang sakit dan tidak ada yang merawat, maka jawab sejujurnya bahwa kamu tidak bisa bekerja diluar kota.

Tips sebelum berangkat untuk wawancara, pastikan kalian berpakaian yang rapih dan good looking. Hal ini penting untuk menunjukkan profesionalisme kalian, dan saat wawancara berlangsung tidak perlu takut, kalian harus percaya diri dengan jawaban-jawaban yang sudah dipersiapkan.

Itulah beberapa pertanyaan dan jawaban interview kerja di Alfamart yang paling sering diajukan. Semoga lamaran Anda diterima.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *