7 Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate yang Umum

Interview kerja menjadi kesempatan pertama Anda memperoleh pekerjaan bermodalkan keterampilan berbicara dan menjawab pertanyaan. Di tahap ini Anda akan diajukan beberepa pertanyaan yang mana bila jawabannya disukai oleh HRD, maka besar kemungkinan Anda bisa mendapatkan pekerjaan incaran Anda dengan mudah.

Dari itu sangat penting untuk memberikan jawaban yang benar dan disukai oleh HRD. Apalagi bagi seorang yang baru saja lulus dari kuliah atau isitilahnya “fresh graduate” dimana rata-rata mereka belum memiliki pengalaman apa-apa dalam hal bekerja.

Terutama untuk lulusan SMK, SMA dan yang sederajat pastinya minim akan pengalaman dan belum tau apa-apa tentang dunia kerja. Hal ini penting diketahui sekalipun Anda akan melamar kerja di alfamart atau indomaret.

Penting kiranya Anda mengetahui pertanyaan interview kerja fresh graduate supaya bisa mempersiapkan jawaban terbaik Anda.

Pertanyaan setiap perusahaan tidak selalu sama. Tergantung di mana Anda melamar, tapi beberapa pertanyaan berikut tak pernah lepas dari daftar pertanyaan yang HRD ajukan. Berikut adalah beberapa contoh dan tips menjawab pertanyaannya.

Contoh Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate

Berapa Besar Gaji yang Anda Inginkan?

Pertanyaan ini cukup menjebak. Alangkah baiknya Anda mencoba menghindar dengan mengajukan pernyataan:

“Saya ingin lebih memahami dulu tugas dan tanggung jawab saya di posisi ini sebelum membicarakan mengenai gaji yang ingin saya terima.”

Atau jika memang tidak memungkinkan untuk menghindar, Anda bisa menjawabnya dengan pendirian kuat seperti contoh berikut:

“Saya yakin perusahaan mempunyai standar dan anggaran rentang gaji maksimal untuk posisi Saya ini. Saya juga yakin bahwa Bapak/Ibu ingin mendapatkan kandidat yang mempunyai kompetensi yang telah disyaratkan. Maka dari itu, dengan penuh hormat Saya akan menerima rentang gaji maksimal untuk posisi tersebut.”

Sebagai fresh graduate, jangan mau diberikan gaji di bawah standart yang diberikan. Anda harus tahu patokan gaji dari posisi yang Anda lamar. Karena hal itu akan berpengaruh terhadap tugas atau kerjaan yang akan Anda terima nantinya.

Bagaimana Anda Mendeskripsikan Diri Anda Sendiri?

Pertanyaan ini diberikan untuk menilai karakter Anda. Para fresh graduate harus pintar dalam memilih kata untuk menggambarkan diri Anda.

Beberapa hal yang harus dihindari dari pertanyaan ini, jangan bertele-tele, jangan melebih-lebihkan dan jangan merendahkan diri. Pegang 3 prinsip ini dalam menggambarkan diri Anda sendiri.

Untuk susunan penggambarannya, coba ceritakan apa soft skill Anda, kemampuan akademik, ceritakan sedikit keseharian Anda, cerita tentang cara Anda mengatasi masalah dan cerita hal membanggakan yang pernah Anda capai.

Jangan terlalu panjang supaya HRD tidak bosan atau menganggap Anda berbohong.

Mengapa Anda Melamar di Perusahaan Ini dengan Posisi Ini?

Pertanyaan interview kerja fresh graduate ini sering dijadikan sebagai pertanyaan pembuka saat interview berlangsung. Tips agar jawaban Anda terdengar baik dan mereka suka, Anda bisa lakukan dengan memberikan alasan yang rasional dan logis.

Jangan melebih-lebihkan jawaban, atau melebih-lebihkan perusahaan agar tidak terkesan menjilat recruiter.

Ada 3 cara cerdas menjawab pertanyaan interview ini, yaitu dengan mencoba menunjukkan antusias terhadap pekerjaan yang Anda lamar tersebut, menghubungkan keahlian Anda dengan posisi yang Anda lamar dan yakin bahwa pekerjaan tersebut bisa membawa Anda pada kesuksesan dengan karir yang cemerlang.

Simak juga: 10 Jawaban Saat Ditanya Wawancara Tujuan Karir

Apa Saja Kekurangan dan Kelebihan yang Anda Miliki?

Untuk pertanyaan apa kekurangan Anda, usahakan menghindari jawaban, ‘Saya tidak memiliki kekurangan apa-apa’ atau jawaban memiliki kekurangan tapi tidak punya solusi atas kekurangan tersebut.

Jujurlah pada diri Anda sendiri dan tunjukkan tekad kuat bahwa Anda bisa mengatasi kekurangan itu. Jadi mau tak mau, jawaban yang Anda berikan adalah sebuah kekurangan serta solusinya. Jika Anda sukses menjawab pertanyaan ini, Anda sukses membangun kesan profesionalisme dan sadar diri.

Sementara untuk jawaban kelebihan apa yang Anda miliki, cukup jawab dengan jawaban logis tanpa melebih-lebihkan.

Selain pertanyaan interview kerja fresh graduate di atas, ada beberapa pertanyaan lain seperti:

Bagaimana Anda Melihat Diri Anda di 5 Tahun Mendatang?

Saat HRD menanyakan pertanyaan seperti ini, artinya dia mau tau seberapa serius Anda akan menekuni karir yang akan Anda masuki ini, apakah Anda serius atau hanya ingin mencoba-coba saja.

Jawab dengan penuh keyakinan bahwa Anda bisa membesarkan perusahaan dan Anda akan ada di posisi terbaik perusahaan tersebut saat sudah 5 tahun kedepan.

Mengapa Kami Harus Memperkerjakan Anda?

Jelaskan apa yang Anda miliki dan kenapa mereka harus memperkerjakan Anda di posisi tersebut. Disinilah Anda harus paham betul tentang posisi apa yang akan Anda tempati, kuasai semua sebelum interview dilakukan.

Buat perusahaan yakin bahwa mereka tidak salah memperkerjakan Anda di perusahaannya, yakinkan juga HRD dengan kemampuan yang Anda miliki.

Apa Anda Mempunyai Pertanyaan?

Jika Anda memiliki pertanyaan silahkan Anda ajukan, namun jangan sampai menanyakan tentang apa pekerjaan yang harus dilakukan, karena itu akan menunjukkan bahwa Anda belum paham atas apa yang Anda coba lamar.

Apalagi sampai bertanya besar gaji yang akan diberikan, belum kerja saja sudah lancang menanyakan gaji dalam bentuk nominal. Tanya seperlunya saja, dan jika tidak ada pertanyaan silahkan jawab tidak ada.

Baca juga: 10 Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula

Itulah beberapa pertanyaan interview kerja fresh graduate pertama kali beserta jawabannya. Baik bertanya dalam bahasa inggirs dan indonesia itu sama saja intinya nanti, yang penting kalian harus paham dengan apa maksud dari HRD.

Tinggalkan komentar