5 Cara Agar Hotspot Tidak Bisa Digunakan Oleh Orang Lain

Cara Agar Hotspot Tidak Bisa Digunakan

Ketika ada hotspot gratis, di situlah orang-orang akan berbondong-bondong menggunakan Hotspot tersebut meskipun kalian tidak saling kenal.

Apalagi jika Hotspot tersebut tidak menggunakan sandi. Dijamin, jika Anda berada di tengah keramaian, pasti ada perangkat tak dikenali yang akan menyambung ke Hotspot tersebut.

Lalu masalahnya, kira-kira bagaimana cara agar Hotspot tidak bisa digunakan oleh para pengguna asing itu?

Bukan masalah pelit atau gimana, ya kalau cuma satu atau dua orang kita bisa sih kasih aksesnya, nah kalau sudah lebih dari itu?

Apalagi kita pengguna kuota yang mana terbatas, karena saat ini jarang provider yang memberlakukan kuota unlimited, dan walaupun ada pasti terbatas dengan kecepatan (FUP).

Kadang memang yang “numpang wifi” itu gak tau diri, udah numpang terus download anime, streaming dan update aplikasi lagi.

Meskipun kita bisa memutusnya dengan mudah menggunakan aplikasi pemutus wifi, namun di Android sendiri sebenarnya sudah ada fitur untuk menangkal masalah tersebut.

Kira-kira bagaimana caranya supaya kita tetap aman, nyaman menghidupkan Hotspot tanpa memberikan kesempatan perangkat lain ikut menyambung?

Berikut adalah beberapa caranya:

Cara Agar Hotspot Tidak Bisa digunakan

Yang paling penting dan paling utama adalah dengan memberikan sandi pada Hotspot tersebut.

Jika Hotspot Anda memiliki sandi, orang-orang yang tak tahu sandi itu pun tak akan bisa tersambung.

Tapi bagaimana jika orang-orang itu tahu kata sandi Anda?

1. Batasi Perangkat Terhubung

Di Android sudah ada fitur untuk membatasi jumlah perangkat yang akan terhubung pada saat tethering / hotspot diaktifkan.

Batasi Perangkat Terhubung

Hal ini bisa kita manfaatkan, berikut cara agar hotspot tidak bisa digunakan oleh orang lain:

  1. Masuk ke Setelan.
  2. Pilih menu Koneksi & berbagi.
  3. Lalu pilih Hotspot portabel.
  4. Lanjut ke Perangkat terhubung.
  5. Pilih Batas perangkat terhubung.
  6. Pilih 1 saja.

Gunanya apa? Agara hanya perangkat kita saja yang bisa terhubung dengan hotspot tersebut.

Misalnya saat kita mengkoneksikan laptop kita, maka dengan pengaturan tersebut tidak akan ada lagi perangkat lain yang bisa terhubung.

2. Gunakan Kata Sandi yang Kuat

Kata sandi yang kuat adalah kata sandi yang panjang dan susah ditebak. Jika boleh menyarankan, sandi menggunakan simbol ($!%+%$+^+^!%+) adalah sandi terbaik yang anti dibobol oleh para pengguna lain.

Entah bagaimana caranya, tapi sekarang ini banyak orang bisa membobol sandi dari susunan kata atau angka saja.

Sepertinya mereka menggunakan semacam aplikasi untuk mengetahui sandi Wifi atau sandi Hotspots seseorang. Jadi jangan sampai lengah.

Dan selain memperkuat kata sandi, ubahlah keamanan Hotspot menjadi WPA2.

Ada 3 pilihan keamanan: WPA2, WPA dan WPE. Tapi pilih WPA2 saja.

3. Aktifkan Mode Allowed Device

Putuskan koneksi wifi orang lain

Dengan fitur ini, Anda bisa memilih perangkat mana saja yang boleh menggunakan Hotspot Anda.

Caranya dengan masuk ke menu pengaturan, buka Hotspot lalu opsi ‘Mode Allowed Device’ atau ‘Sambung ke Perangkat yang diizinkan’.

Kemudian masukkan nama perangkat yang diizinkan beserta alamat IP dan hal-hal yang tertera di sana. Setelah mengisi informasi perangkat, klik simpan.

Dengan mengaktifkan mode tersebut, pengguna yang tidak diizinkan 100% tak akan bisa menggunakan Hotspot milik Anda.

Tapi repotnya jika ada pengguna lain yang mau menyambung, Anda harus menambahkan perangkat lagi seperti langkah-langkah di atas.

4. Memblokir Perangkat yang Tidak diinginkan

Cara agar Hotspot tidak bisa digunakan selanjutnya adalah dengan memblokir perangkat yang tidak Anda inginkan untuk tersambung.

Barangkali Anda menemukan perangkat yang sama sampai beberapa kali yang mengganggu Hotspot Anda.

Kalian cukup block/hapus orang itu, secara permanen dia tak akan menggunakan Hotspot lagi.

Caranya dengan: masuk ke menu Hotspot User, lalu layar akan menampilkan perangkat apa saja yang terkoneksi ke Hotspon Anda, setelah itu klik perangkat tersebut dan pilih ‘Hapus/Block’.

Mudah sekali bukan? Tapi cara ini hanya bisa dilakukan jika perangkat itu tersambung ke jaringan Hotspot Anda.

5. Gunakan SSID Unik Pada Hotspot

SSID adalah nama yang digunakan jaringan Hotspot Anda. Pada perangkat HP, secara otomatis mereka akan menamai jaringan tersebut selagi Anda belum menamainya sendiri.

Penamaan yang dilakukan secara default oleh sistem HP kita sendiri ini tidak baik jika dibiarkan. Karena SSID default bisa dijadikan oleh para peretas mengetahui sandi Hotspot.

Sebaiknya Anda segera namai sendiri dengan nama-nama unik seperti: malinghotspot, Gak Punya Malu, Modal Gratisan, Hotspot Kita, Kedai Kopi dan lain-lain.

Memakai SSID yang jahat dan menyindir para pencuri Hotspot juga bisa sedikit membantu mereka berpikir ulang menyambung ke Hotspot Anda.

Ada pun cara lain jika tidak ingin Hotspot Anda digunakan adalah dengan mematikan Hotspot tersebut. Atau cara lain dengan terus mengubah kata sandi setiap hari.

Baca juga: Cara Mengatasi Tethering Hotspot Tidak Berfungsi

Apakah cara agar Hotspot tidak bisa digunakan ini membantu? Seharusnya, iya membantu.

2 Comments

  1. Hi kak, boleh tau kenapa bisa terhubung dg device lain yg tidak saya kenal dan sebelumnya tidak pernah terhubung, tidak pernah bagi hotspot ke org lain? Apakah ada aplikasi tertentu utk bisa login atau memang bisa hack dr sisi hape? Mohon bantuanya, thx

    1. Kemungkinan kena hack itu mba, atau mungkin tau dengan kata sandi yg mba gunakan. Sering2 ganti kata sandi saja mba untuk mencegahnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *