Cara Beralih Dari Akun Bisnis ke Akun Pribadi IG

Cara Beralih Dari Akun Bisnis ke Akun Pribadi IG

Instagram adalah salah satu aplikasi sosial media yang banyak digunakan di Indonesia. Aplikasi berbasis foto dan video ini menawarkan dua jenis akun yang bisa Anda gunakan, yakni akun bisnis dan akun pribadi. Kedua jenis akun ini tentu memiliki keunggulan masing-masing sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Bila Anda sudah terlanjur menggunakan instagram bisnis dan ingin mengubahnya menjadi akun pribadi, maka caranya sangat mudah. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Mengenal Tentang Instagram Bisnis dan Pribadi

Sesuai namanya, instagram bisnis adalah jenis akun instagram yang bisa digunakan untuk berbisnis. Bila Anda akan melakukan bisnis secara online, maka jenis akun ini akan cocok untuk Anda.

Ada beberapa fitur dalam instagram bisnis yang tidak tersedia di instagram pribadi, dimana fitur ini bisa membantu Anda meningkatkan engagement akun Anda.

Sementara itu, instagram pribadi adalah jenis instagram yang hanya digunakan untuk kebutuhan pribadi. Biasanya, orang yang menggunakan instagram pribadi adalah orang yang tidak ingin kehidupannya di sosial media diketahui oleh banyak orang. Pengguna Instagram pribadi memiliki keunggulan di bagian privasi dibandingkan pengguna akun bisnis.

Perbedaan Instagram Bisnis dan Pribadi

Sebelum Anda memutuskan untuk mengubah instagram Anda yang semula berbentuk bisnis menjadi instagram pribadi, ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui terlebih dahulu apa saja perbedaan antara kedua jenis instagram ini.

Berikut adalah beberapa perbedaan yang bisa Anda ketahui antara Instagram Bisnis dan Pribadi:

Profil Akun

Perbedaan pertama yang paling menonjol antara Instagram Bisnis dan Pribadi adalah profil akun. Apabila Anda menggunakan Instagram biasa, maka profil Anda hanya bisa menampilkan beberapa informasi seperti nama, email dan website. Hal ini tentu kurang mencakup beberapa informasi yang ingin Anda tampilkan.

Pada instagram bisnis, Anda bisa menambahkan banyak informasi lain pada profil, mulai dari kategori bisnis hingga alamat perusahaan.

Hal ini akan memudahkan orang yang mengunjungi profil Anda untuk mengetahui lebih dalam tentang bisnis yang Anda jalankan. Tidak hanya itu, informasi seperti alamat perusahaan atau website juga bisa langsung di klik oleh siapa saja yang mengunjungi profil Anda. Mereka akan langsung bisa mendapatkan informasi lebih terkait bisnis Anda.

Menu Kontak

Perbedaan kedua yang ada pada instagram bisnis dan pribadi adalah menu kontak. Kontak adalah sebuah fitur yang memungkinkan para pengguna Instagram melakukan komunikasi satu sama lain. Jika Anda menggunakan Instagram pribadi, Anda hanya bisa mengirim direct message atau DM kepada akun Instagram lainnya melalui menu message.

Hal ini tentu berbeda dengan akun bisnis yang bisa menghubungi pengguna instagram lainnya melalui email atau nomor telepon. Instagram bisnis akan menyertakan kontak atau nomor telepon yang bisa dihubungi pada menu contact di profile, sehingga pengguna lain bisa langsung menghubungi nomor telepon tersebut.

Fitur Insight

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan fitur yang satu ini. Fitur Insight adalah sebuah fitur yang hanya bisa ditemukan pada instagram bisnis. Fitur ini bisa menampilkan berbagai engagement atau interaksi yang terjadi pada sebuah postingan. Terdapat tiga menu pada fitur insight, yakni Account Reach, Account Engaged dan Total Follower.

Account Reach merupakan sebuah menu yang menunjukkan jumlah akun yang melihat konten postingan dari akun Instagram Anda. Sementara Account Engaged adalah fitur yang menampilkan jumlah akun yang melakukan interaksi pada postingan Anda. Semua interaksi dapat dihitung pada fitur ini, mulai dari like, comment, share, hingga save postingan.

Menu terakhir yang ada dalam fitur Insight adalah Total Follower. Menu ini memungkinkan Anda untuk memperoleh data–data yang berkaitan dengan followers Anda.

Sebagai contoh, Anda bisa mengetahui jenis kelamin, usia, dan lokasi geografi mereka melalui menu ini. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengetahui kapan waktu dengan traffic tertinggi followers Anda mengakses akun Instagram. Menu ini tentu sangat bermanfaat untuk menyesuaikan postingan yang Anda buat dengan followers Anda.

Ads Tools

Pernahkah Anda mendengar tentang fitur yang satu ini? Ads Tools merupakan sebuah fitur yang memungkinkan Anda untuk mempromosikan postingan dalam bentuk iklan. Anda bisa mempromosikan postingan instastory maupun feed sesuai dengan kebutuhan. Fitur Ads Tools ini bertujuan agar lebih banyak akun yang melakukan interaksi dengan postingan Anda.

Tidak hanya bisa mempromosikannya dengan lebih luas, Ads Tools juga menyediakan Post Insight sehingga Anda bisa melihat dan menganalisa terkait engagement postingan yang sudah Anda promosikan sebelumnya. Perlu diingat bahwa fitur ini hanya bisa dilakukan pada Instagram Bisnis saja. Hal ini dikarenakan postingan yang diunggah pada Instagram pribadi hanya bisa dilihat oleh followers.

Privasi Akun

Bila Anda adalah tipe orang yang ingin memprivate akun Anda, maka instagram pribadi adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Hal ini dikarenakan akun bisnis tidak bisa melakukan private atau menutup akun mereka terbatas hanya untuk followers saja. Menu privasi ini bertujuan untuk menjaga privasi sehingga tidak semua orang bisa melihat postingan Anda.

Cara Mengubah Instagram Bisnis ke Instagram Pribadi

Apabila Anda terlanjur mengubah Instagram Anda menjadi Instagram Bisnis dan ingin beralih menjadi Instagram Pribadi, Anda bisa melakukannya dengan sangat mudah.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi Instagram di ponsel Anda. Akan lebih baik apabila Anda sudah menggunakan aplikasi versi terbaru.

Setelah Anda membuka aplikasi Instagram, buka profil Anda di pojok kanan bawah. Anda akan melihat tanda tiga garis di pojok kanan atas, klik menu tersebut. Pilih menu pengaturan lalu klik opsi Akun. Klik pada bagian beralih jenis akun. Terakhir, pilih beralih ke akun professional lalu klik bagian beralih ke pribadi. Selesai, kini Instagram Anda yang semua berbentuk bisnis sudah beralih menjadi Instagram Pribadi.

Simak juga:

Keunggulan Menggunakan Instagram Pribadi

Jika Anda masih belum yakin untuk menggunakan instagram pribadi atau tidak, maka Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa keunggulan menggunakan instagram pribadi yang bisa membuat Anda yakin untuk mengubah akun Anda menjadi akun pribadi.

Berikut ini adalah beberapa keunggulannya:

  • Privasi terjamin. Anda tidak perlu takut ada orang selain followers Anda yang melihat postingan atau story Anda. Pada Instagram bisnis, Anda tidak bisa menerapkan mode privasi ini.
  • Tidak terpaku engagement. Banyak orang yang justru merasa terganggu dengan adanya fitur insight yang menampilkan engagement postingan mereka. Bila Anda menggunakan Instagram pribadi, maka hal ini tidak akan terjadi.

Bisa dikatakan bahwa Instagram pribadi memang lebih ditujukan untuk Anda yang mengutamakan privasi diatas insight dan yang lainnya.

Itu dia beberapa hal tentang Instagram bisnis dan pribadi yang perlu Anda ketahui. Anda bisa menggunakan cara mengubah instagram bisnis menjadi pribadi seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya. Selamat mencoba.

Check Also

Cara Mengetahui Isi WA Pacar Chatingan dengan Siapa Saja Tanpa Aplikasi

Cara Mengetahui Isi WA Pacar Chatingan dengan Siapa Saja Tanpa Aplikasi

WhatsApp adalah salah satu aplikasi chatting yang paling populer di Indonesia. Hampir semua orang menggunakan …