4 Cara Masuk Recovery Mode Xiaomi [Semua Tipe] Terbaru

Recovery Mode Xiaomi

Banyak yang belum tau tentang cara masuk recovery mode Xiaomi khususnya untuk ponsel keluaran baru seperti note 9 / pro, note 10, dan seri Xiaomi terbaru lainnya. Anda bisa simak beberapa cara yang dapat dilakukan untuk masuk ke recovery mode Xiaomi dengan mudah.

Mau melakukan flash? Mau melakukan root pada HP Xiaomi Anda? Atau HP Xiaomi bootloop dan tidak mau menyala? Anda bisa mengatasinya dengan masuk ke menu recovery mode Xiaomi.

Cara masuk recovery mode Xiaomi pun tidaklah sulit, hanya menekan beberapa tombol kombinasi beberapa detik, Anda sudah bisa mengakses recovery mode.

Apa itu Recovery Mode Xiaomi?

Tapi, sebelum lanjut lebih dalam mengenai caranya, sebaiknya Anda ketahui terlebih dulu mengenai recovery.

Mode recovery Xiaomi adalah tools atau alat yang bisa diakses oleh pengguna Android untuk melakukan berbagai perintah teknis seperti rooting, pemasangan custom ROM, flashing, backup, wipe data, reboot, dan pengaturan-pengaturan lainnya yang tidak bisa diakses melalui fitur Settings.’

Sebenarnya semua smartphone dengan berbagai merk selain Xiaomi juga bisa masuk ke mode recovery. Nah, mode recovery pada Xiaomi ini disebut dengan Mi Recovery atau TWRP Recovery.

Tidak ada perbedaan yang signifikan di antara kedua ini, bedanya hanya TWRP Recovery tidak resmi bawaan dari Xiaomi, namun lebih sebagai pengganti atau alternatif Mi Recovery (custom recovery).

Penjelasan diatas perlu Anda ketahui agar tidak melakukan recovery xiaomi dengan sembarangan. Karena ini hanya dilakukan pada saat-saat tertentu bila dibutuhkan saja.

Agar data-data penting tidak hilang saat di reset, begini Cara Backup Data Xiaomi ke PC. Backup sangat penting untuk tetap menjaga data agar tidak terhapus terutama file penting.

Cara Masuk Recovery Mode Xiaomi

Untuk masuk ke recovery mode, setiap seri smartphone Xiaomi memiliki kombinasi tombol yang berbeda-beda. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Xiaomi Redmi 1S, Xiaomi Redmi Mi4, Mi 2S

Tekan tombol Volume Up + Power secara bersamaan, tunggu beberapa detik hingga masuk ke recovery mode. Untuk navigasi, Anda bisa menggunakan tombol Volume Up dan Volume Down.

2. Xiaomi Redmi Note Pro, Xiaomi Redmi Note 4G

Untuk kedua seri Xiaomi ini, Anda bisa menekan tombol Volume Down + Power bersama-sama untuk kemudian masuk ke Mi-recovery.

Untuk memilih menu, Anda bisa menggunakan tombol power. Sedangkan untuk navigasi, gunakan tombol Volume Down dan Volume Up.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Berbeda dengan cara pertama dan kedua, cara yang satu ini bisa Anda lakukan ketika HP Xiaomi dalam kondisi menyala. Aplikasi ini sebenarnya sudah terinstal di HP Xiaomi Anda karena termasuk aplikasi bawaan MIUI. Nama aplikasinya adalah Updater. Untuk caranya sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Updater.
  2. Jika tidak ada aplikasi ini di homescreen, Anda bisa masuk ke Settings terlebih dulu.
  3. Masuk ke About Phone.
  4. Masuk ke System Updates.
  5. Perhatikan tombol titik tiga di bagian pojok kanan atas, tekan tombol tersebut.
  6. Setelah itu akan muncul beberapa opsi pilihan, pilih Reboot to Recovery Mode.
  7. Tunggu beberapa detik sampai HP Xiaomi Anda masuk ke Recovery Mode.

4. Cara Masuk Recovery Mode Xiaomi dengan Bantuan ADB

Opsi terakhir ini bisa Anda lakukan jika HP tidak bisa masuk ke mode recovery menggunakan aplikasi dan tombol kombinasi juga tidak berfungsi. Sayangnya, cara ini cukup ‘ribet’ apalagi yang tidak familiar dengan CMD pada Windows. Berikut caranya:

  • Anda bisa menyambungkan HP Xiaomi dengan keadaan menyala ke komputer atau laptop dengan kabel USB.
  • Setelah HP terhubung, masuk ke Local Disc C > adb.
  • Arahkan kursor pada bagian kosong di dalam folder, kemudian tekan Klik Kanan + SHIFT secara bersamaan.
  • Akan muncul pop up, pilihlah Open Command Window Here.
  • Command Prompt akan muncul, ketiklah adb devices, kemudian tekan Enter.
  • Setelah itu, akan muncul serial number pada CMD yang diikuti dengan kata ‘Device’
  • Jika hanya muncul serial number saja, dan kata ‘Device’ berubah menjadi Unauthorized, itu tandanya Anda harus memberi persetujuan akses melalui smartphone. Maka dari itu, cek smartphone Anda, dan pilih OK ketika ada notifikasi Allow USB Debugging.
  • Tunggu beberapa detik hingga HP Xiaomi Anda akan masuk ke mode recovery.

Mau reset ulang Xiaomi tapi takut salah langkah dan berakhir bootloop? Baca ini aja => Cara Reset Hp Xiaomi yang benar dan aman dari kerusakan dan semacamnya.

Dari keempat cara di atas, tentu saja cara yang paling mudah adalah menekan tombol kombinasi. Sedangkan cara keempat sangat berguna jika tombol fisik HP Anda tidak berfungsi dengan baik. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!