Cara Melihat Akun Google Login Dimana Saja agar Lebih Aman

Abdul Aziz

Cara Melihat Akun Google Login Dimana Saja

Terkadang ada beberapa orang yang lupa akun Googlenya sudah login di perangkat mana saja, sehingga para pengguna harus mengetahui cara melihat akun Google login dimana saja. Cara ini juga dapat membuat akun lebih aman, karena dapat mengantisipasi terjadinya pencurian akun.

Ada sebagian orang yang pernah mengalami akun Googlenya tiba-tiba dipakai oleh orang lain tanpa izin, karena mereka tidak pernah mengecek riwayat loginnya. Jika akun ini dipakai untuk kegiatan positif mungkin tidak masalah, tapi bagaimana jika akun dipakai untuk hal-hal yang merugikan?

Tentu semua orang tidak ingin masalah ini terjadi padanya. Maka dari itu, para pemilik dan pengguna akun Google harus mengetahui langkah tepat untuk melihat akun Google login dimana saja. Dengan begitu, mereka bisa selalu memantau riwayat login akun Google miliknya masing-masing.

Cara Melihat Akun Google Login Dimana Saja yang Wajib Diketahui

Orang-orang yang telah memiliki akun Google dapat mengakses berbagai fitur di dalamnya secara lebih mudah, seperti Youtube, Google Search, Gmail, dan Google Drive. Namun, ada satu masalah yang sering dialami oleh para pengguna Google, yaitu akunnya tiba-tiba login di perangkat lain.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, para pengguna Google dapat selalu memantau riwayat login akunnya. Kendati demikian, tidak semua pengguna Google tahu bagaimana cara untuk melihat riwayat login akunnya tersebut. Oleh karena itu, di sini kami akan membagikan langkah-langkah lengkapnya:

1. Cara Melihat Riwayat Login Akun Google

Cara ini tidak hanya bisa dilakukan saat seseorang merasa takut akunnya digunakan oleh orang lain tanpa sepengetahuannya, tapi cara ini juga bisa dilakukan saat pemilik akun lupa tidak logout setelah mengakses akun Googlenya tersebut dari perangkat lain. Jadi, semua pengguna perlu mengetahuinya.

Apabila akun Google sudah dikeluarkan dengan cara yang tepat, maka keamanan akun bisa lebih terjaga dengan baik. Namun, hal ini belum tentu terjadi apabila akun Google lupa dikeluarkan, terutama pada perangkat yang sering digunakan oleh orang lain juga. Untuk itu, cek riwayatnya dengan cara:

Cara Melihat Akun Google Login Dimana Saja agar Lebih Aman
  1. Buka aplikasi “Gmail” atau “Google Search”, kemudian klik simbol “Foto Profil” yang ada di bagian kanan atas.
  2. Setelah itu, pilih opsi “Kelola Akun Google Anda” untuk melihat riwayat login yang dibutuhkan tersebut.
  3. Pada halaman pengaturan akun, pilih menu “Keamanan” dan gulir layar ke bawah hingga menemukan menu “Perangkat Anda”.
  4. Dengan begitu, layar akan menunjukkan riwayat login dari akun Google tersebut. Bahkan, pada halaman ini juga terdapat informasi lokasi dari perangkat yang telah digunakan login tersebut.

2. Cara Melihat Akun Google Login di Perangkat Lain Lewat Menu Pengaturan

Tidak hanya cara melihat login akun Google sebelumnya saja yang bisa dipilih oleh banyak orang, tapi cara ini juga bisa dilakukan bagi orang-orang yang merasa malas untuk mengaksesnya melalui aplikasi Gmail dan Google Search. Cara yang satu ini juga cenderung lebih mudah dan praktis, yaitu:

  1. Buka menu “Pengaturan” dan gulir layar ke bawah hingga menemukan menu lain yang bertuliskan “Google”.
  2. Kemudian, klik tombol “Kelola Akun Google Anda” dan pilih opsi “Keamanan”.
  3. Pada bagian panel perangkat, klik tombol “Kelola Perangkat” dan layar akan langsung menampilkan riwayat login dari akun tersebut.
  4. Untuk mengetahui informasi lebih jelasnya, pilih salah satu perangkat yang ingin dicek dari hasil riwayat tersebut.

3. Cara Logout Akun Google di Perangkat yang Sudah Tidak Digunakan Lagi

Setelah mengetahui tentang cara melihat akun Google login dimana saja, para pengguna akun ini juga harus mengetahui tentang bagaimana cara logout yang benar. Sebab, cara ini bisa dilakukan oleh orang-orang saat mereka sudah tidak menggunakan perangkat tertentu.

Tidak hanya itu, cara ini juga bisa dilakukan saat terjadi riwayat login mencurigakan yang dapat menjadi kerugian di masa depan. Berikut adalah cara logout akun Google di perangkat yang sudah tidak digunakan lagi:

  1. Pertama-tama, buka akun Google milik masing-masing terlebih dahulu dan masuk ke menu “Navigasi” yang ada di sebelah kiri.
  2. Kemudian, pilih opsi “Keamanan” dan setelah itu akan muncul panel perangkat yang dapat dikelola dengan mudah.
  3. Pilih opsi “Kelola Perangkat” dan pilih salah satu perangkat yang ingin dikeluarkan dari akun Google tersebut.
  4. Selesai. Akun Google tersebut berhasil dikeluarkan dari perangkat yang sudah tidak digunakan lagi.

Ciri-Ciri Akun Google Login di Perangkat Asing

Tak sedikit orang yang tidak tahu bahwa akun Googlenya telah login di perangkat yang tidak dikenal, karena mereka tidak pernah mengecek riwayat loginnya tersebut.

Namun, tak perlu khawatir tentang hal ini, karena para pengguna Google dapat mengetahuinya dengan melihat dari ciri-cirinya.

Ada beberapa ciri yang dapat menandakan bahwa akun Google telah login di perangkat asing yang tidak dikenal, dan berikut adalah beberapa ciri yang dimaksud:

  • Muncul notifikasi dan email dari pihak Google yang menyebutkan tentang aktivitas login terbaru di perangkat lain.
  • Terjadi aktivitas mencurigakan pada aplikasi yang terhubung ke akun Google tersebut, seperti kalender, Gmail, dan lain sebagainya.
  • Muncul email-email mencurigakan yang datang dari oknum-oknum tidak dikenal.

Jika ciri-ciri ini pernah kamu alami, maka kamu harus segera melaporkannya ke pihak Google melalui fitur customer service yang telah disediakan untuk para pengguna Google. Untuk lebih amannya, pemilik akun perlu melakukan cara melihat akun Google yang pernah login di hp kita secara rutin.

Baca juga:

Salah satu informasi yang wajib diketahui oleh para pemilik akun Google adalah cara melihat akun Google login dimana saja. Sebab, cara ini dapat membuat orang-orang lebih mudah untuk menjaga keamanan akunnya. Jadi, pastikan untuk memahami setiap poin yang telah kami sampaikan di sini.

Baca juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer