Cara Melihat Game yang Terhubung dengan Akun Google, Sangat Mudah dan Cepat!

Miftah

Cara Melihat Game yang Terhubung dengan Akun Google

Google merupakan salah satu perusahaan teknologi berbasis online yang memberi kemudahan manusia dalam menyelesaikan pekerjaan. Selain bisa mengakses berbagai informasi di luar sana, Google bisa digunakan untuk main game. Bagaimana cara melihat game yang terhubung dengan akun Google?

Ternyata sebagian orang merasa tertarik untuk mengakses kembali game Google, namun bingung cara menemukannya. Sebenarnya akses game Google bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat, apabila pengguna sudah memiliki akun Google untuk mengaksesnya kembali atau menghapusnya.

Google juga sudah mengeluarkan fitur “Google Play Games” yang secara khusus menyediakan berbagai game Google. Game yang pernah dimainkan sebelumnya, nantinya bisa langsung ditemukan dalam fitur tersebut. Ingin tahu informasi selengkapnya cara lihat game akun Google?

Bagaimana Cara Melihat Game yang Terhubung dengan Akun Google?

Walaupun permainan game Google memang terlihat sederhana, namun ternyata banyak orang tertarik untuk memainkannya. Sebagian orang juga ingin menghapus game yang terhubung dengan akun Google pribadi dengan tujuan untuk mengoptimalkan kapasitas penyimpanan smartphone.

Cara Melihat Game yang Terhubung dengan Akun Google
  1. Cara lihat game yang terhubung dengan akun Google dengan membuka akun Gmail terlebih dahulu. Lakukan “Login” akun Google menggunakan username dan password aktif.
  2. Pengguna bisa langsung masuk menu “Keamanan“. Laman menu akan menampilkan berbagai jenis keterangan mengenai akun pribadi mulai aktifitas keamanan yang bisa dilakukan perubahan.
  3. Langkah berikutnya, scroll ke bawah pilih “Aplikasi Pihak Ketiga” untuk melihat berbagai aktivitas yang pernah dilakukan selama menggunakan akun Google.
  4. Cara melihat akun Google yang terhubung di perangkat lain dengan membuka menu “Kelola Akses Pihak Ketiga“. Pengguna bisa melihat berbagai game yang pernah dimainkan.
  5. Jika ingin menghapus akses aktivitas akun Google, klik ikon berbentuk “Aplikasi” dan akan muncul menu “Hapus” bagi pengguna yang tidak tertarik menggunakannya.
  6. Berikutnya pengguna bisa tetap menemukan game yang masih terhubung dengan akun Google. Scroll ke bawah untuk melakukan pencarian otomatis, klik ikon “Game” jika ingin memainkannya.

Cukup mudah cara melihat game yang terhubung dengan akun Google, bukan? Pada laman setting tersebut, pengguna juga bisa menghapus akses game. Tujuan penghapusan akses game biasanya untuk melonggarkan kapasitas memori penyimpanan, sehingga aktivitas browsing bisa lebih cepat.

Mengapa Akses Game Masih Bisa Ditemukan?

Banyak orang merasa penasaran tentang keberadaan game Google yang secara tiba-tiba muncul, lalu kemudian hilang tanpa diketahui lokasi penyimpanannya. Padahal game tersebut selalu tersimpan dalam fitur “Google Play Game” yang memiliki berbagai fungsi sebagai berikut.

1.  Sebagai Penyimpanan Otomatis

Google memiliki fitur sendiri, dimana sangat berguna untuk menyimpan berbagai pilihan game yang terhubung dengan akun pengguna. Fitur Google tersebut dinamakan dengan “Google Play Game” yang bisa menyimpan berbagai progress game pengguna.

Permainan game yang pernah dimainkan oleh pengguna, bisa tetap dilanjutkan sesuai keinginan. Pengguna tidak perlu memulai permainan dari level pertama lagi, karena semua data permainan masih tersimpan dengan baik dalam Google Play Game. Cukup menarik, bukan?

2.  Menyimpan Pencapaian (Achievements)

Cara melihat game yang terkait di akun Google dengan menemukannya pada fitur Google Play Game. Selain sebagai tempat penyimpanan otomatis, Google Play Game juga menyimpan setiap milestone yang dicapai sebagai bukti tingkat kemampuan para pemain game.

Bagi pengguna yang tertarik untuk memainkan kembali game Google, bisa menemukannya sesuai langkah sebelumnya. Tidak perlu khawatir kembali memainkan level awal karena setiap milestone permainan sudah tersimpan otomatis dalam akun Google masing-masing.

3.  Bersifat Multiplayer

Ingin unjuk kebolehan dengan battle game Google bersama pengguna lain? Google Play Game akan membantu pengguna untuk mewujudkannya. Akun Google sudah dibekali dengan fitur multiplayer yang bisa memungkinkan pengguna untuk melakukan kolaborasi dan kompetisi.

Setelah memahami cara melihat game yang terhubung dengan akun Google di atas, pengguna bisa mengelolanya kembali untuk terus memainkan game. Kelola keamanan folder permainan Google agar lebih mudah memainkannya sesuai keinginan. Sangat seru, bukan?

Baca juga:

Bagaimana Mengatasi Game Tidak Terhubung Akun Google?

Tentunya ada berbagai faktor yang menyebabkan game tidak terhubung dengan akun Google pengguna. Tidak perlu khawatir, lakukan beberapa alternatif kali ini untuk memunculkan game dalam daftar akun Google. Penasaran bagaimana solusi mengatasi permasalahan tersebut?

1.  Login Menggunakan Akun Tepat

Tidak dapat dipungkiri, terkadang banyak orang yang memiliki lebih dari satu akun Google. Malah pengguna bingung ingin login menggunakan username dan password yang mana. Nah, inilah kesalahan yang bisa membuat game tidak tampil dalam akun Google pengguna masing-masing.

Bagi pengguna yang ingin melanjutkan game Google, perlu login menggunakan akun Google yang benar. Akun Google akan memuat berbagai informasi sebelumnya, sehingga tidak akan membuat pengguna bingung untuk menemukan data pencarian yang diinginkan.

2.  Refresh Daftar Aplikasi

Jika dirasa sudah login menggunakan akun Google yang benar, namun tetap tidak menemukan data game sebelumnya, pengguna bisa coba melakukan refresh daftar aplikasi. Refresh data memang membutuhkan waktu cukup lama, sehingga pengguna perlu sedikit bersabar.

Bagaimana caranya? Langsung saja tekan tombol “Refresh” atau keluar akun Google lebih dulu. Coba masuk akun Google dengan memasukkan username dan password seperti sebelumnya. Biasanya seluruh data akun Google akan kembali mulai dari berkas pencarian, game, dan lainnya.

Selain melakukan refresh daftar aplikasi, pengguna juga bisa melakukan update aplikasi Google Play Game yang tersimpan dalam perangkat. Daripada harus keluar masuk akun Google, lebih baik download dan install Google Play Game untuk menemukan akses game sebelumnya.

Cara melihat game yang terhubung dengan akun Google sebenarnya sangat mudah, tinggal lakukan login akun Google melalui peramban internet. Jika ingin memperoleh akses game Google lebih mudah, pengguna bisa menggunakan aplikasi Google Play Game yang bisa ditemukan di Google PlayStore.

Baca juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer