3 Cara Melihat Password yang Pernah Diketik di Komputer

Cara Melihat Password yang Pernah Diketik di Komputer

Pernah kah Anda berpikir tentang cara melihat password yang pernah diketik di komputer (PC) atau Laptop Anda? Mengingat begitu sering kita mengetik kata sandi, tentu dari sekian banyak mendaftar di website kita akan lupa.

Username dan Password biasanya kita gunakan saat ingin mendaftar pada sebuah situs seperti misalnya sosial media. Bahkan di beberapa situs pendidikan juga sekarang begitu, untuk login dibutuhkan email atau username dan juga kata sandi.

Akan tetapi kadang kita lupa dengan kata sandi yang kita ketik sebelumnya, hasilnya saat ingin login kembali tidak bisa dan mengharuskan kita harus membuat akun baru lagi jika tetap tidak ingat.

Sangat merepotkan bukan? Beruntungnya browser yang kita gunakan biasanya sudah menyimpan otomatis email dan password yang pernah kita ketik di komputer. Mau tau caranya? Simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara Melihat Password yang Pernah Diketik di Komputer

Umumnya pengguna komputer di Indonesia menggunakan browser Mozilla Firefox, Operamini dan juga Chrome. Ketiga browser ini paling banyak digunakan. Dari itulah kami akan fokus untuk membagikan cara melihat password yang pernah diketik pada ketiga browser tersebut.

Cara Melihat Password yang Tersimpan di Google Chrome

Google Chrome memiliki fitur untuk menyimpan email/username dan password secara otomatis. Saat mengisi form registrasi pada sebuah website, biasanya akan ada peringatan bahwa apakah password akan disimpan atau tidak pada bagian kanan atas, benar bukan?

Simak juga: Cara Mengaktifkan IDM di Chrome

Jika Anda pilih Ya, maka Anda setuju untuk menyimpan password beserta usernamenya. Nah untuk melihat dimana letak password tersebut disimpan, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

Klik menu yang ada dikanan atas Chrome lalu pilih Settings.

Cara Melihat Password yang Tersimpan di Google Chrome

Setelah itu pilih Passwords. Jika opsi ini tidak ada, Anda bisa mencarinya di Search settings.

Cara Melihat Password yang Tersimpan di Google Chrome

Maka akan muncul semua daftar situs lengkap dengan username dan password yang sudah tersimpan.

Cara Melihat Password yang Tersimpan di Google Chrome

Untuk melihat password, Anda tinggal mengklik ikon mata yang ada disebelah kanan.

Catatan: Jika Anda menggunakan password PIN di komputer, maka saat menekan ikon mata untuk melihat password akan diminta untuk memasukkan PIN.

Jika Anda sudah melakukan sinkronisasi menggunakan akun Google, maka Anda juga bisa mengeceknya di passwords.google.com. Tidak perlu khawatir, sebab data-data kita tersimpan secara aman di server Google.

Bahkan Google Chrome saat ini fiturnya sudah sangat lengkap mulai dari penyimpanan password, penyimpanan informasi pembayaran seperti kartu kredit dan semacamnya, juga otomatis menyimpan alamat rumah yang berguna saat nanti kita mengisi form alamat.

Cara Melihat Password yang Tersimpan di Mozilla Firefox

Firefox juga menjadi salah satu browser terbaik yang banyak digunakan setelah Google Chrome. Meskipun penggunanya tidak sebanyak Chrome, namun browser yang satu ini juga tidak kalah bagus untuk dicoba karena dinilai lebih ringan dan juga praktis.

Di Mozilla Firefox sendiri terdapat fitur yang bernama “Saved Logins” yang berguna untuk menyimpan password pengguna. Nah, untuk melihat password yang pernah diketik di Firefox Anda bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini:

Buka menu Options yang ada disebelah kanan atas Firefox.

Cara Melihat Password yang Tersimpan di Mozilla Firefox

Pilih menu Privacy & Security lalu pilih Saved Logins.

Cara Melihat Password yang Tersimpan di Mozilla Firefox

Disitulah akan muncul daftar situs beserta password yang pernah diketik oleh pengguna dan disimpannya.

Cara Melihat Password yang Tersimpan di Mozilla Firefox

Untuk melihat passwordnya, Anda tinggal ketuk ikon mata.

Maka password akan terlihat.

Cara Melihat Password yang Tersimpan di Opera

Opera Browser adalah salah satu peramban internet yang juga tidak kalah seru untuk dicoba. Browser ini banyak diminati oleh kaula muda karena terdapat fitur VPN yang bisa digunakan untuk membuat aktivitas berselancar di internet dengan aman.

Itu hanya sebagian fitur saja, nah fitur yang juga tidak kalah menarik adalah opera juga dapat menyimpan password penggunanya. Untuk melihat password yang tersimpan di Opera Browser, Bisa ikuti tutorial berikut ini:

Buka Settings pada Opera Browser.

Cara Melihat Password yang Tersimpan di Opera

Pergi ke menu autofill dibagian Passwords.

Cara Melihat Password yang Tersimpan di Opera

Silahkan lihat passwords yang sudah tersimpan didalamnya.

Cara Melihat Password yang Tersimpan di Opera

Sekedar informasi tambahan bahwa jika Anda bisa menggunakan opera di Android dan PC Anda bisa melakukan sinkronisasi agar data seperti password dan bookmark internet bisa saling tersinkron antara perangkat mobile dan komputer.

Dengan fitur save password di browser ini menurut saya sendiri sangat bermanfaat terutama bagi pengguna yang suka berganti-ganti password. Juga untuk meningkatkan keamanan sebaiknya aktifkanlah PIN pada komputer Anda.

Itulah beberapa cara melihat password yang pernah diketik di komputer pada browser Chrome, Opera dan Firefox dengan catatan sebelumnya Anda sudah menekan tombol saat muncul notifikasi penyimpanan di browser tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *