Cara Mematikan HP Otomatis

5 Cara Mematikan HP Otomatis Tanpa Tombol Power

Bagi anda yang mengalami tombol power rusak pada ponsel anda, tidak perlu khawatir karena kami akan membagikan cara mematikan hp otomatis tanpa tombol power yang sangat membantu.

Menggunakan sebuah ponsel bukanlah hal yang sulit, tetapi hal ini akan menjadi sulit bila salah satu bagian dari ponsel Anda tidak berfungsi dengan baik. Salah satu komponen penting dalam ponsel yang cukup sering mengalami kerusakan adalah tombol power.

Tanpa tombol power yang berfungsi dengan baik, Anda tidak akan bisa mematikan ponsel dengan benar. Apa saja penyebab tombol power mengalami kerusakan dan bagaimana cara mematikan ponsel tanpa menggunakan tombol power? Ini dia empat cara mematikan ponsel tanpa tombol power yang perlu Anda ketahui.

Penyebab Tombol Power di HP Cepat Rusak

Ada cukup banyak alasan yang membuat tombol power di ponsel Anda mengalami kerusakan, mulai dari sering terjatuh atau terbanting hingga karena terlalu sering ditekan.

Hal ini tentu tidak mengherankan, sebab tombol power memang menjadi salah satu tombol yang paling sering ditekan. Meski demikian, tidak semua kerusakan tombol power disebabkan oleh faktor eksternal.

Ada beberapa jenis ponsel yang tombol powernya rusak dikarenakan faktor usia pemakaian yang memang sudah terlalu lama.

Cara Mematikan HP Otomatis Tanpa Tombol Power

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, terdapat setidaknya empat cara yang bisa Anda coba untuk mematikan ponsel tanpa tombol power. Berikut ini adalah empat cara yang dimaksud:

1. Melalui Menu Pengaturan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mematikan ponsel tanpa menggunakan tombol power on off adalah dengan melalui pengaturan. Melalui cara ini, Anda bisa mengatur jadwal terkait kapan ponsel akan mati secara otomatis. Untuk mematikan ponsel melalui pengaturan, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka menu pengaturan di ponsel.

Setelah Anda membuka menu pengaturan di ponsel, car menu Addditional Settings. Pada menu tersebut, Anda akan melihat fitur Automatic On/Off, silahkan klik menu tersebut.

Tentukan jadwal yang Anda inginkan untuk mematikan atau menyalakan ponsel secara otomatis. Jangan lupa untuk klik menu centang agar ponsel menyimpan pengaturan tersebut. Selesai, kini ponsel Anda akan mati dan menyala secara otomatis sesuai jadwal yang sudah Anda tentukan sebelumnya.

2. Melalui Aplikasi Shutdown No Root

Cara kedua yang bisa Anda terapkan adalah melalui Shutdown No Root. Shutdown No Root merupakan sebuah aplikasi untuk mematikan ponsel secara otomatis yang bisa Anda manfaatkan. Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan dan dapat Anda pakai secara gratis. Sesuai namanya, untuk bisa menggunakan aplikasi Shutdown No Root ini, Anda tidak perlu melakukan proses root terlebih dahulu.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk bisa menggunakan aplikasi Shutdown No Root ini adalah mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store sehingga Anda dapat langsung mengunduhnya dengan mudah.

Bila aplikasi Shutdown No Root sudah terpasang di ponsel Anda, buka aplikasi tersebut. Aplikasi Shutdown No Root akan secara otomatis mengarahkan Anda untuk menekan fitur daya mati. Terdapat beberapa pilihan lain seperti mulai lagi atau mode darurat. Pilih menu daya mati untuk mematikan ponsel.

3. Melalui Layar Pintar On Off

Sama seperti Shutdown No Root, Layar Pintar On Off juga merupakan sebuah aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mematikan layar ponsel.

Dengan bantuan aplikasi Layar Pintar On Off, Anda bisa mematikan ponsel hanya dengan ketukan jari saja. Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan aplikasi Layar Pintar On Off:

  1. Download dan install aplikasi Layar Pintar On Off terlebih dahulu.
  2. Buka aplikasi Layar Pintar On Off.
  3. Atur bagian pengaturan untuk mematikan dan menyalakan layar dengan cara mengetuk layar sebanyak dua kali.
  4. Anda dapat menyalakan layar dengan cara mengetuk kembali layar sebanyak dua kali.

Aplikasi Layar Pintar On Off ini bisa Anda gunakan sebagai bantuan apabila tombol power Anda mengalami kerusakan.

4. Melalui Gravity Screen Off

Masih belum menemukan pilihan aplikasi yang tepat? Bila ya, maka Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi Gravity Screen Off. Aplikasi Gravity Screen Off ini menyediakan opsi yang kurang lebih sama dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, yakni untuk mematikan ponsel tanpa bantuan tombol power.

Hanya saja, keunikan dari aplikasi Gravity Screen Off ini adalah Anda bisa menggunakannya kapan saja dimana saja, bahkan ketika ponsel ada di dalam saku celana Anda.

Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi yang satu ini, tetapi perlu Anda ketahui bahwa aplikasi Gravity Screen Off ini dapat memakan daya baterai Anda sehingga baterai akan lebih mudah habis.

Anda bisa mengaktifkan menu data mode saver untuk bisa mengatasi habisnya baterai karena penggunaan aplikasi Gravity Screen Off.

5. Melalui Assistive Touch Android

Aplikasi terakhir dalam daftar yang bisa Anda gunakan adalah Assistive Touch Android. Sesuai namanya, aplikasi Assistive Touch Android ini hanya bisa digunakan pada perangkat jenis Android saja.

Melalui Assistive Touch Android, pengguna tidak perlu lagi menggunakan tombol power untuk mematikan ponsel. Selain menyediakan menu untuk mematikan ponsel, Assistive Touch Android juga menyediakan fitur untuk membuka pengaturan dengan cepat.

Berikut ini adalah langkah-langkah mengaktifkan Assistive Touch Android:

  1. Download dan Install aplikasi Assistive Touch Android di Google Play Store terlebih dahulu.
  2. Buka aplikasi Assistive Touch Android untuk mengatur pengaturan cepat mematikan ponsel.
  3. Apabila Anda ingin memasukkan fitur mematikan ponsel di layar utama, silahkan klik menu custom menu.
  4. Klik menu simpan untuk penyimpanan.

Tidak hanya mematikan ponsel dan membuat jalan pintas menuju pengaturan, Assistive Touch Android juga bisa Anda manfaatkan untuk membuat pintasan cepat ke lokasi, WiFi, bluetooth dan banyak lagi yang lainnya.

Simak juga:

Tips Menjaga Agar Tombol Power Tidak Mudah Rusak

Tahukah Anda bahwa ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga agar tombol power tidak mudah rusak? Melalui tips berikut ini, Anda bisa memperpanjang usia tombol power di ponsel Anda. Ini dia beberapa tips yang dimaksud:

Menggunakan Fitur Sidik Jari

Anda tentu sudah sering melihat sebuah ponsel yang dilengkapi dengan fitur untuk scan sidik jari. Fitur sidik jari di sebuah ponsel ternyata bisa Anda manfaatkan untuk menghidupkan layar smartphone.

Bila ponsel Anda memiliki fitur sidik jari ini, Anda bisa menggunakan fitur tersebut untuk menghindari terlalu sering menggunakan tombol power.

Menggunakan Fitur Gerak Pada Smartphone

Apabila ponsel Anda bukan tipe ponsel yang memiliki fitur sidik jari, maka Anda bisa mencoba menggunakan fitur sensor gerak.

Hampir semua ponsel, baik yang modern maupun cukup lama, memiliki fitur yang satu ini. Fitur gerak pada setiap ponsel juga berbeda-beda, bisa saja dengan menggerakkan smartphone secara tegak lurus untuk menyalakan ponsel atau yang lainnya.

Itu dia lima cara yang bisa Anda lakukan untuk mematikan ponsel tanpa bantuan tombol power. Anda bisa memilih cara manapun yang sekiranya mudah untuk Anda terapkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Check Also

apakah hp 4g bisa upgrade ke 5g

Apakah HP 4G Bisa Upgrade ke 5G? Ini Penjelasan Lengkapnya

Dengan berkembangnya Dunia Teknologi, saat ini pengguna Smartphone bisa menikmati layanan internet yang semakin canggih, …